3 Rekomendasi Pulau & Pantai Indah di Lampung

Kiluan dan gajahnya. Sebelumnya hanya itu yang saya tahu tentang wisata Lampung. Haha. Ya, saya buta pengetahuan soal Lampung. Sekarang saya bisa bilang…pulau dan pantai di Lampung cakep-cakep, deh, recommended!


Dari hasil perjalanan ke Lampung atas undangan Kemenpar & Indonesia Travel , 9-11 November 2015 lalu, ada 3 pulau lengkap dengan pantainya yang bisa saya rekomendasikan untuk island hopping dalam sehari, atau stay saat berlibur.

Pulau Pahawang menjadi salah satu primadona wisata pantai di Provinsi Lampung. Untuk mencapai Pulau ini bisa ditempuh menggunakan perahu motor selama kurang lebih satu jam perjalanan dari Dermaga Ketapang. Dermaga ini sendiri berjarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat dari pusat kota Bandar Lampung.

Sayangnya belum ada trayek angkutan umum yang melayani rute Bandar Lampung-Pelabuhan Ketapang. Jadi kalau mau jalan-jalan di sekitar Lampung, mungkin harus sewa kendaraan atau menumpang.

Embedded image permalink

Kelagian Kecil

Persinggahan pertama kami adalah pulau Kelagian Kecil yang tidak terlihat di peta karena ukurannya yang kecil. Sebenarnya Kelagian terdiri dari Kelagian Besar dan Kecil. Tetapi kami hanya sempat melewati Kelagian Besar, tidak singgah. Pulau ini biasa digunakan untuk latihan militer TNI Angkatan Laut. Meskipun demikian, wisatawan tetap boleh menikmati. Yang mau stay, ada pondok yang disewakan, atau bisa juga camping.

Tidak ada dermaga di Pulau Kelagian Kecil sehingga kami turun beberapa meter sebelum bibir pantai.

Pulau Kelagian Kecil ini surprising banget, deh, kecil, murni, sunyi, dan baguus. Gradasi warna pantainya cantik. Perpaduan indah antara putihnya pasir, hijau tosca air tepi pantai, dan birunya air laut. Pepohonan yang melengkung dan dedaunannya yang kering seperti layaknya daun musim gugur, juga menambah keartistikan pantai ini. Selain bisa snorkeling, kamu juga bisa sekedar bersantai duduk-duduk di balai-balai, atau main ayunan. Atau nongkrong di pohon besarnya, seperti yang saya lakukan. Haha.

Walaupun seperti tak berpenghuni, ternyata di sini ada satu warung yang menjual makanan dan minuman, loh. Coba datang saat weekday supaya bisa merasakan pulau ini ala private island! :)

 

Pahawang

Pahawang masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar Pulau dan Pahawang kecil.

Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar memiliki luas mencapai 1.000 hektar dan dihuni lebih dari 300 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan.
Begitu sampai di dermaganya, kalau beruntung, kita bakal disambut banyaknya anak kecil yang bermain di situ dengan serunya. Pahawang besar ini pulau yang teduh. Banyak pepohonan di pinggiran pantainya.


Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar Pulau Pahawang besar ini, mulai dari memancing, diving, snorkeling di Teluk Punduk, atau sekedar bersantai hammocking dan bercanda di bawah pepohonan, sambil menyantap sayur asam, ikan bakar dengan sambal dabu-dabu, lengkap kelapa mudanya, seperti yang kami lakukan saat itu.

Embedded image permalink
O ya, di pulau ini sudah banyak homestay. Biasanya pulau ini padat saat weekend atau tahun baru. Jadi kalau mau menikmati pulau ini dalam keadaan yang lebih nyaman, lebih baik datang saat weekday, seperti kami saat itu, sehingga bisa menikmati waktu santai tanpa wisatawan lain yang berlalu lalang, atau intens bercengkerama dengan warga.

Embedded image permalink

Bocah-bocah di sini mudah diajak interaksi, loh! Coba saja ajak mereka bernyanyi bersama atau bikin video, pasti suka :)

 

Pahawang Kecil

Untuk yang ingin menikmati liburan di pulau tak berpenghuni, pulau Pahawang Kecil cocok buat kamu. Pulau berukuran 13 hektar ini tidak memiliki dermaga umum, jadi kapal kami bersandar langsung di pantai pasir putih dengan air jernihnya.

Ada satu resort pribadi di Pulau Pahawang Kecil yang tak lain adalah milik pria berkebangsaan Perancis bernama Mr. Jo. Di situlah satu-satunya dermaga.

Embedded image permalink

Satu lagi keistimewaan di pulau ini adalah pasir timbul (gosongan). Pasir landai ini saat surut akan menjadi jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan pulau kecil lainnya yang ada di sebelahnya.

Kalau kesorean, air laut sudah mulai pasang, pasir timbul itu akan tenggelam. Tapi jangan kecewa, kita masih bisa bermain di pantai pasir putih dengan air jernihnya yang dangkal.

Coba kunjungi 3 pulau tadi saat berkesempatan ke Lampung. Seperti saya, nantinya jadi makin paham bahwa keragaman alam dan budaya merupakan salah satu Pesona Indonesia.

Gimana? Bisa jadi pilihan baru kami saat liburan?

2 thoughts on “3 Rekomendasi Pulau & Pantai Indah di Lampung

  1. Pantai di lampung emang semua indah banget semua masih asli alami dan cihui banget. Gw pernah tinggal di lampung sekarang mencoba cari penghidupan di tanah kelahiran jogja tapi tetap kangen wisata di lampung yg nggak kalah dari jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *