5 Tips Atasi Susah BAB dan Sembelit Saat Puasa Ramadan Bersama Dulcolax

Dulcolax atasi susah BAB

Sembelit, buat saya ini penyakit menahun yang problematis banget. Bisa ngerusak mood karena bikin ga enak beraktivitas. Sayangnya, sering terjadi. Apalagi pas Ramadan! Apa hubungannya sembelit dan Ramadan? Dekat banget! Di artikel ini saya bakal review alasannya, dan bagi tips atasi susah BAB, juga kekhilafan kita yang jadi pemicunya, dari hasil Blogger Gathering bersama Fimeladotcom dan Dulcolax.

Hubungan Puasa Ramadan, Sembelit, Dan Dulcolax

Siapa yang kalo Ramadan makannya makin banyak dan makin sembarangan? Biasanya mentang-mentang habis puasa seharian, lalu waktu buka puasa balas dendam makannya jadi ngawur, yang penting kenyang! Hayo ngaku!

Pernah ga, sih, ngerasain begah dan susah BAB saat ibadah puasa? Mungkin sebagian besar pernah merasakan, hanya saja tidak menyadari kalau itu sembelit, yang jika diselepekan akibatnya bisa berbahaya.

Ngomongin soal sembelit, bertempat di Kedai Kopi 89, Kemang, 3 Mei 2019 lalu, saya diundang ke acara “Puasa Lancar, Perut Nyaman” bersama  Dulcolax & Fimeladotcom.
Acara ini menghadirkan pembicara: dr Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert), Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax), dan dr Nycta Gina (artis).
Ngobrolin apa di sana? Tentunya tentang sembelit dan pencegahannya supaya perut nyaman, puasa lancar.

Dulcolax atasi susah BAB

Sembelit terjadi ketika saluran pencernaan tidak dapat berfungsi dengan normal. Buang air besar itu minimal 3x seminggu, jadi kalau kurang dari tiga kali dalam seminggu, itu tanda-tanda sembelit. Itu adalah peringatan untuk minum obat sembelit dan mengubah pola hidup.
Tetapi ada pola hidup yang terpaksa berubah dalam kondisi tertentu dan dalam waktu panjang, saat puasa Ramadan, salah satunya.

Puasa lebih dari 2 minggu itu meningkatkan risiko sembelit, loh. Tapi kadang alasannya karena kekhilafan kita sendiri. Saat berpuasa, biasanya jadi pada malas gerak, minim olahraga.
Inilah penjelasan hubungan Ramadan dan sembelit. Menurut Dr Riana, orang yang berpuasa itu wajar mengalami sembelit, karena metabolismenya pasti berubah. Asupan makanan dan aktifitas gerak tubuh berkurang, sehingga meningkatkan risiko sembelit.

Nah, kata dr Riana, sayangnya 70% yang mengalami sembelit di bulan puasa, enggan minum obat sembelit, karena khawatir perut kosong, takut lemes. Bener, ga?

Faktanya, obat pencahar atau obat sembelit itu fungsinya untuk melancarkan BAB, karena mengosongkan usus saat puasa itu juga perlu, biar nggak begah, justru supaya seharian tidak lemas.

Please, jangan disepelekan, jangan biarin numpuk! Sembelit bisa sangat mengganggu dan berbahaya, membuat racun dan cairan dari feses yang terlalu lama menumpuk di usus terserap kembali dan masuk ke aliran darah. Kondisi sembelit yang dibiarkan bisa mengakibatkan pendarahan pada anus juga, bahkan bisa menyebabkan sumbatan usus!

Itulah kenapa di bulan Ramadan ini dan sekaligus dalam rangka menyambut World Digestive Health Day, Dulcolax ikut berperan aktif membantu mengurangi sulit BAB, mengkampanyekan pencegahan sembelit. Karena ternyata kasus sembelit banyak terjadi pada bulan Ramadan.

Dulcolax atasi susah BAB

Tips Atasi Susah BAB dan Sembelit Saat Berpuasa

Jadi kira-kira apa saja, sih, penyebab masalah susah BAB?
Ini beberapa pemicu sembelit yang kadang karena kekhilafan kita sendiri:
1. Asupan makanan yang kurang tepat atau kurang serat

2. Tubuh kurang aktivitas gerak.Hal ini membuat otot usus menjadi lemah, sehingga tidak bisa mendorong pembuangan.

3. Kekurangan cairan. Jika cairan kurang, bahan makanan yang masuk ke usus menjadi terlalu padat dan sukar dikeluarkan.

4. Faktor hormonal & hamil
Dari talkshow ini saya baru tahu kalau ibu hamil memiliki risiko sembelit lebih besar. Pengakuan dari teman-teman yang mengalami, biasanya sering keluar keringat dingin kalau harus BAB. Saat hamil tua akan makin parah sembelitnya. Jadi derita in hamil, selain perut yang membesar, susah jongkok, ditambah pula rasa kembung yang bikin tidak nyaman.
dr. Nycta Gina sempat bercerita pengalamannya sembelit saat hamil yang bikin para undangan tergelak. Waktu ia hamil mau ‘ngeden’ takut anaknya yang keluar.😂

5. Masalah psikis atau stress. Karena sistem pencernaan kita sangat terkait dengan otak.
Ternyata perempuan memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami sembelit atau kontipasi (sulit buang air besar lebih dari tiga hari) dibanding para pria, loh! Ini karena dipengaruhi faktor hormonal. Perempuan cenderung lebih mudah mengalami depresi dan gangguan psikis lainnya. Kenapa begitu? Karena perempuan lebih banyak menggunakan perasaan dalam menilai sesuatu, jadi lebih rentan terhadap gangguan psikis. Waaa 😅

Dulcolax atasi susah BAB

Tips cegah sembelit, di antaranya:

1. Minum air secukupnya, minimal banget 2 liter/hari.

2. Perbanyak makanan berserat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum, saat sahur atau berberbuka.
Tips dari Nycta Gina, untuk memudahkan anak atau siapapun yang tidak begitu suka buah atau sayur, sebaiknya disajikan dalam bentuk juice atau smoothie.

3. Olahraga yang cukup 150 jam seminggu/30 menit per hari
Alasan lain kenapa perempuan lebih mudah alami sembelit adalah karena kurang beraktivitas fisik dibandingkan pria, loh.

Sembelit juga berpotensi ambeyen, loh, jika terlalu keras mengejan. Jadi jangan terlalu banya duduk dan kurang gerak, apalagi kurang minum air putih.

Yuk, mumpung sekarang banyak gym atau tempat olahraga khusus perempuan serta lifestyle sudah berubah lebih ke healthy lifestyle, manfaatkan memperbanyak olahraga, senam, minimal naik turun tangga di tempat kerja dan jalan-jalan setelah Subuhan atau saat ngabuburit cari takjil.😄

4. Kurangi stress
“Mau digimanain juga pola hidupnya, sesehat apapun, tapi kalo ga bisa ngendaliin stress, ya sama saja,” kata Nycta gina.
Jadi..jaga jangan sampe stress! Kenali diri, berbaik sangka, cari stress release, pelajari anger management, dan lakukan aktivitas yang bikin happy! Dan Ramadan adalah saat paling tepat untuk belajar sabar dan ikhlas, bukan?

5. Minum obat pencahar atau obat sembelit
Kalau sudah melakukan semua tips di atas tetapi masih sembelit, artinya harus mengonsumsi obat pencahar atau obat sembelit. Untuk itulah ada Dulcolax.

Dulcolax atasi susah BAB dan sembelit

Solusi Atasi Susah BAB Saat Puasa Bersama Dulcolax

Obat pencahar yang baik bukan sekadar merangsang terjadinya proses buang air besar (BAB), tetapi juga memperbaiki frekuensi konstipasi tanpa menyebabkan ketergantungan.

Minum Dulcolax sebagai obat pencahar atau sembelit adalah solusi yang paling aman karena sudah terpercaya lebih dari 60 tahun, diproduksi oleh perusahaan farmasi Boehringer Ingelheim.

Dulcolax atasi susah BAB dan sembelit

 Cara kerja dari Dulcolax

Dulcolax mengandung zat bisacodyl yang berfungsi untuk meningkatkan mobilitas dinding usus besar, serta memiliki efek meningkatkan kadar air dan elektrolit dalam lumen usus besar. Atau meningkatkan kadar air pada feses.

Kandungan Dulcolax
Bisacodyl 5mg, dengan zat tambahan: laktosa, pati jagung, gliserol, magnesium stearat, sukrosa, talk, akasia, titanium dioksida, eudragit L100 dan S100, dibutilftalat, polietilen glikol, Fe-oksida kuning, beeswax white, carnauba wax, shellac.

Menurut Debi Widianti, Dulcolax aman diminum di segala usia, sekalipun untuk usia kurang dari 1 tahun, lho, ada Dulcolax sirup! Iya, Dulcolax sudah teruji klinis untuk orang dewasa, ibu hamil, ibu menyusui, dan untuk anak-anak.

Dulcolax atasi susah BAB dan sembelit

Ducolax memiliki beberapa varian yang berbeda dan ditujukan untuk kondisi yang berbeda pula, yaitu:
✔ Sirup, yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia kurang dari 1 tahun.
Dulcolax sirup bisa dicampur jus, susu, atau minuman lain, untuk anak-anak yang susah minum obat.
✔ Tablet, lebih praktis, friendly,
dan waktu kerja obat kurang lebih satu malam
✔Suppositoria, untuk digunakan dalam keadaan darurat atau solusi cepat, karena bisa membantu BAB 30 menit setelah dikonsumsi.

Dulcolax atasi susah BAB dan sembelit

Berdasar pengalaman, Dulcolax tablet cukup cepat bereaksi, sih. 3 jam setelahnya biasanya sudah bisa langsung BAB. Tapi paling sering minumnya setelah makan (sesaat setelah berbuka bila puasa) atau sebelum tidur, jadi pagi harinya bisa lancar BAB sampai usus kosong, dan itu bikin mood kerja jadi enak.

Jadi perlu diingat, sembelit harus disembuhin, #Janganbiarinnumpuk !
Biar puasa lancar, perut nyaman.❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *