8 Attitude ‘facebook’ers, Adakah Aturannya?

written by : Leonita Julian

Ada ga sih aturan berteman di situs jejaring sosial semacam Facebook?

Secara resmi..aku rasa tidak ada. Tetapi secara hukum rimba..hehe..ada attitude yang bisa diterapkan agar kita mudah diterima teman-teman kita di jejaring sosial.

Pada saat tulisan ini dibuat, aku baru bergabung selama 3,5 bulan di komunitas Facebook, namun sudah banyak yang kudapat dari situs ini, baik teman-teman dekat yang melimpah yang selalu menghibur hari-hariku, hingga tawaran-tawaran pekerjaan.

So, ini list yang mungkin bisa menjawab uneg-uneg beberapa pembaca yang pernah menanyakan kepadaku tentang cara untuk diterima oleh teman di dunia maya atau situs pertemanan :

1. Tidak mengharapkan apapun selain pertemanan

Jangan mengharapkan hubungan yang lebih dari sekedar teman di awal perkenalan. Tentunya untuk menghindari rasa risih bila salah satu tidak berkenan. Temenan dulu niatannya. Kalau sudah akrab..terserah anda..

2. Asyik diajak bicara

Mungkin ini paling banyak disebut bila ditanya tentang alasan bisa akrab dengan teman di dunia maya. Baik yang memanfaatkan fasilitas webcam ataupun sekedar chatting tanpa melihat gesture dan mimik, yang kita lakukan ‘just talk..talk..and talk’.

So, kalau tidak enak diajak ngobrol, gimana teman maya tahan berlama-lama ngobrol dengan kita?

Kecuali, kita memang sengaja memilah-milah teman, atau kita memilih teman dari tampangnya..hehe..pasti lain lagi ceritanya.

3. Be nice – Ramah

Berbicaralah lewat tulisan, seakan-akan sedang tersenyum kepada teman-teman kita. Be nice!

Kalau ada waktu, balas komentar dan sapaan mereka, karena balasan dari kita akan mengikat secara emosional. Kalaupun ada komentar dan sapaan yang tidak berkenan pun kita tetap bisa membalasnya dengan sopan kok. Si pengirim pasti akan ngerasa ‘sungkan’ sendiri dibuatnya.

4. Tidak banyak menuntut

Tidak mengikat, tidak pula menuntut dan memaksakan diri bertemu di ruang chat atau off line.

Kita tidak pernah tahu karakter dan kesibukan teman kita. Bisa jadi dia orang yang sangat sibuk, entah dalam studi, pekerjaan, atau keluarga.

So, kalau kita temukan teman yang tidak menjawab sapaan kita di chat room, jangan langsung menuduhnya sombong, sebelum tahu betul bagaimana dia. Mungkin bisa dicoba lagi untuk menyapanya lain waktu, oke!

5. Berbicara dengan bahasanya

Perhatikan dengan siapa kita berbicara. Jangan sampai karena ingin mengakrabkan diri kemudian kita hantam rata, berbincang kepada setiap teman dengan bahasa slank yang biasa kita gunakan ke sobat akrab kita. Wah, bisa-bisa kita dianggap tidak sopan kalo salah orang!

Makanya, lebih baik bertindak santai tetapi tetap sopan kepada siapapun, apalagi yang baru kita kenal.

6. Tidak mudah tersinggung atau dibawa serius

Kadang becandaan di facebook via wall atau koment satus cenderung kasar dan menjatuhkan satu sama lain. Tetapi inilah yang membuat akrab. Asyiknya, kita masih bisa tertawa di atas “penderitaan” orang lain, tanpa ada yang sakit hati..’no heart feelling’..istilahnya. Just for fun. Asal jangan keterlaluan saja.

Kalo kita terlalu serius ngadepin, pasti tersinggung dehh..

So, silakan pilih..kalo cocok, silahkan masuk komunitas teman kita itu, tetapi kalo tidak cocok..silahkan menjauh. Tidak perlu memprotes atau nge-judge, karena akan percuma. Tidak ada kita..masih banyak jutaan teman lainnya. Toh kita juga masih bisa memilih teman yang lebih sopan.

7. You’ll get what You give – Mendapatkan apa yang kita beri

Kita respect mereka, maka mereka akan merespect kita. Don’t ask what they can do for you, but ask what you can do for them.

Jangan menunggu mereka yang menyapa kita. Ikutlah dalam forum teman kita. Komentar pada status atau menyapa di wall, maka suatu saat mereka akan melakukan yang sama kepada kita.

Kalau ada teman yang butuh pertolongan, maka bantulah. Suatu saat kita akan mendapatkan situasi yang sama.

8. Belajar menerima pendapat dan saran

Bila kita ingin tetap berhubungan baik dengan teman maya kita, maka belajarlah menerima pendapatnya. Jangan egois dan keras kepala mempertahankan pendapat kita, coz bisa-bisa mereka akan malas berhubungan lagi.


Dear stranger,
You only need a sentence
..to make me listen

How can I resist?!
a part of you be what I miss..
you’re so care..
and seem so fair
and when I need you..I know you’ll be there

*taken from Dear Stranger*

Senang melihat ribuan sahabat-sahabat sejatiku para facebookers berkembang dari waktu ke waktu. Sahabat yang selalu memberikan pujian dan teguran.

Memang..sahabat sejati, maya atau nyata.. seiring waktu akan hadir tanpa dicari dan dipaksa

So, bagaimana sobat? Ada yang mau menambahkan daftar attitude di atas?

16 thoughts on “8 Attitude ‘facebook’ers, Adakah Aturannya?

    • hahaha…what can I say Kha..blom lama kenal yah
      selama kamu ramah, ga ngarepin apa2 selain temenan, ga mudah tersinggung, n mau terima saran n pendapat…I think fine2 aja
      tq Kha

  1. Hmm,…nice post sista,..koa aku g penah ditawarin pekerjaan yea di Fb…?? Hehe (*ngarep mode on*). Ijin artikelnya di post ke Facebook yea buu,..biar tmnquw juga ikutan baca..:-)

  2. Tulisan yg ringan dibaca, easy understood, & “why didn’t I think of that” :)
    Keep writing sista.. jgn lupa janji mu singgah di site q, ninggalin 1-2 coret2an mu jg ;)

  3. Salam kenal.
    Blognya bagus. tampilan juga asyik.
    Mantap
    Banyakin tulisan ttg Indonesia.
    Kalo bisa bhs Inggris supaya orang luar juga tahu.
    Regards

  4. Pingback: Social Media-ku, Personal Branding-ku | Leonisecret

  5. salam kenal mba…btul skali bnyk manfaat yng didapat apabila fb dimaintain dngn baik,but we can’t deny that it still hv lots of dangerous aspect…how to maximize the benefits and minimize the danger of using that mba??trkadang kita beramah2 dngn orng yang asing tp sbnrny dia pny mksud trtntu..very2 worried about this thing..aq puny adek masih remaja juga..thanks yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *