8 Tips Awet Muda

IMG_20170821_171944_834

Dulu di-bully, sekarang dipuji. Itulah yang saya alami. Dulu diejek karena wajahnya dianggap terlalu kekanak-kanakan untuk usianya, sekarang dianggap awet muda dan dipuji karena bisa jaga badan. Wajah imut bisa jadi anugerah, tetapi jaga badan…bukan hal mudah. Mau tahu tips-nya?


Ini dia 8 tips untuk jaga badan ala Leoni😉:

IMG_20171008_063029_413
1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
Beruntunglah ibu saya penyuka sayur-sayuran, sehingga di rumah terbiasa makan sayuran. Akhirnya kebiasaan ini berlanjut hingga saya dewasa. Jadi jarang makan daging, dan lebih banyak sayuran, lengkap dengan kacang-kacangan serta unggas, untuk makanan pokoknya.
Sementara, buah-buahan dengan kandungan banyak air bagai kudapan kami. Karena gemar makan buah-buahan, jadi ya selalu tersedia sebagai pengganti snack.
Saya tidak pernah sengaja diet, tetapi sudah membudayakan makanan sehat bernutrisi sejak dini. Tidak pernah atur jam makan juga. I eat at 1 am too! Tidak perlu puasa untuk kurus. Puasa untuk niat beribadah saja.😉
Tidak terlalu menghindari lemak atau karbohidrat juga. Saya penggemar ice cream, french fries, dan chocolate! Yang penting diseimbangkan dengan asupan nutrisi, tidak berlebihan. Intinya, tidak menyiksa tubuh.

IMG_20171019_063818_680

2. Olahraga
A fit, healthy body, is my fashion statement. Exercise to be fit, not skinny!💪
Saya menyediakan waktu minimal satu jam setiap harinya untuk berolahraga, baik itu jogging, gym, atau sekedar exercise kecil (plank, crunches, bycicle crunches). Semalas-malasnya, simple exercise di atas tempat tidur atau bangku! 😆
Tak pernah bertujuan six pack, bahkan olahraganya pun bukan untuk perut, hanya olahraga untuk fit & fun, tapi begitulah hasilnya, abs! Mungkin karena enjoy jalaninnya. 😉
Prinsipnya, don’t forget to have fun!

Kenali tubuh sendiri. Pilih latihan yang sesuai dengan kebutuhan fisik kita. Yang cocok untuk orang lain, belum tentu pas untuk tubuh kita. Misalnya, orang lain ikut lari marathon, dan badannya makin bagus, sementara kita begitu ikut marathon, kaki mudah bengkak, jadi kaki gajah. Ya jangan memaksakan diri juga. Cukup ikut jogging, yang penting tidak malas dan tetap bisa fit. Kecuali memang tujuannya ingin menguji kekuatan lari dan menjadi finisher. Lain cerita.

IMG_20171030_170140_637

3. Minum vitamin
Your body deserves the best. Selain jaga asupan makanan & olahraga, juga harus rajin minum vitamin biar tubuhnya lebih sehat, lebih kebal terhadap penyakit, dan wajah lebih segar.
Ngomongin soal kebal penyakit, paling pas, nih, di saat pancaroba seperti sekarang, di mana antara musim kemarau dan hujan sudah tak jelas, musimnya batuk, flu, demam, dan penyakit lainnya yang meski tak parah, tetapi sangat mengganggu aktivitas. Cara mencegahnya..ya minum vitamin C.

20171030_082232 Saya, sih, pilih Holisticare #EsterC. Paling suka tablet effervescent-nya yang rasa blackcurrant. 👍
Harus kritis juga saat memilih vitamin C. Saya ini punya penyakit maag, jadi tak sembarang pilih vitamin C juga. Biasanya vitamin C, kan, tergolong asam (pH 2-4), ya..nah, Holisticare EsterC ini pH-nya mendekati air (6-7), sehingga aman bagi lambung.
Ester C ini lebih cepat diserap tubuh dibanding vitamin C biasa, dan aman di ginjal. Juga memberikan kadar askorbat yang tetap tinggi dalam sel darah putih hingga 24 jam, halal pula! Coba, deh.😉

4. Minum air putih

Saya sangat jarang minum air berwarna, kecuali vitamin, dan menghindari minum minuman ber-alkohol. Prinsipnya…sayang aja kalau perutnya gendut. 😂😂

20170604_133841

5. Menggunakan Produk Perawatan Kulit
Saya memilih produk perawatan kulit yang melembabkan kulit, bukan yang memutihkan, yang formulanya tidak berlebihan. Menjaga kelembaban kulit itu penting untuk peremajaan kulit. Nah, musuhnya adalah AC, sinar UV, dan asap rokok! Jadi perlu dikurangi atau sebisa mungkin menghindari sepanjang hari di dalam ruangan ber-AC, menggunakan sunblock saat di bawah sinar matahari, dan tidak merokok!

IMG_20170923_073954_358

6. Jauhi Stress
Stress bisa bikin gagal awet muda. Walaupun mungkin susah dihindari kalau sudah berhubungan dengan pekerjaan dan klien😅, tetapi bisa dikurangi.
Cara saya, sih, paling mudah ya dengan mendengarkan musik, bertemu teman-teman, dan tentunya…traveling!
Karena traveling juga bagian dari pekerjaan saya, kadang untuk membedakan, ada kalanya saya traveling sendiri, bertemu orang-orang baru, mengenal daerah baru. Itu cara terbaik untuk self healing.😊

7. Jangan Lupa Bahagia
Bahagia itu kita yang pilih, bukan ditentukan atau tergantung orang lain. Hindari mereka atau hal yang kiranya bikin kita makin buruk. Pertahankan positive thinking. Don’t forget to have fun!

IMG_20170820_204534_975

8. Ubah mindset, ubah lifestyle
Ini juga salah satu trik untuk awet muda, yaitu mempertahankan lifestyle muda.😆
Usia boleh bertambah, tetapi kalau jiwanya muda, yakin masih bisa melakukan aktivitas fisik ala remaja, dan tidak mengeluhkan fisik sebelum berusaha, otomatis kitanya jadi kelihatan lebih semangat, lebih muda, dan lebih happy. Trust me. It works! 😂😂

4 thoughts on “8 Tips Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *