9 Fakta Keren & Nyelenehnya Generasi Y, Generasi Facebook!

written by : Leonita Julian

Pernahkah kamu berselisih paham dengan orang tua karena dianggap berpikir atau bertindak aneh atau nyeleneh? Hehe..of course, I’ve been there!

Jangan heran kalau ini biasa terjadi antara orang tua dengan anaknya, karena mereka berkembang dari generasi berbeda yang memiliki pola pikir jauh berbeda. Kita mungkin besar di generasi Y, sementara ortu kita adalah generasi X atau baby boomers.

Generasi Y atau millennium adalah generasi yang tumbuh seiring dengan berkembangnya komunikasi massa dan internet. Mereka terlahir akhir ‘70 atau sekitar tahun 1980 hingga 1995. Generasi ini disebut cenderung tidak sabaran, menuntut, serta buruk dalam berkomunikasi dengan sesama, namun jangan ditanya soal energi dan semangatnya, luar biasa!

Inilah 9 fakta yang membedakan Generasi Y dengan generasi sebelumnya, generasi X (1965-akhir ’70) atau baby boomers (1946-1964):

1. Tidak sabaran, tak mau rugi, banyak menuntut

Generasi ini terbiasa dengan yang instan-instan, cenderung tidak sabaran. Bila memiliki keinginan harus segera terlaksana. Karakter ini tidak akan menjadi masalah, asalkan bisa memastikan bahwa apa yang dilakukannya bermakna positif.

2. Percaya diri dan optimis

Gen Y cenderung lebih mudah menerima perubahan, karena lebih open minded dan berkeinginan tinggi untuk belajar segala hal baru. Mereka juga lebih percaya diri untuk tampil di depan forum dan mengemukakan pendapatnya.

3. Family centric

Remaja gen-y lebih dekat pada keluarganya, dibanding remaja generasi baby boomers. Remaja generasi baby boomers lebih memilih untuk menjauh dari orang tua dan mandiri. Sementara Gen-Y meskipun mandiri, tetapi cenderung dekat, bahkan masih manja dengan orang tua.

4. Suka inovasi/memunculkan ide baru

Terkadang tanpa dicoba pun akan keluar ide-ide baru dari gen-Y untuk perusahaan tempatnya bekerja, karena cara berpikirnya saja sudah berbeda dengan generasi baby boomers. “Give me the latest!’ . Gen-Y selalu mengikuti trend terbaru, dan tak sabar untuk menciptakan trendnya sendiri.

5. Memiliki semangat yang luar biasa

Generasi Y mengerjakan tugas dengan lebih bersemangat dan cepat karena kebanyakan lebih melek tekhnologi. Mereka cenderung mudah beradaptasi dengan tekhnologi baru.

6. Tidak menyukai jadwal yang detail

Generasi lama adalah perencana dan schedulers, sementara gen-Y adalah koordinator.

Bertemu dengan klien atau teman, misalnya, tanpa perlu perjanjian yang rumit dan direncanakan, bertemu di tempat yang disetujui secara mendadak pun dilakukan, seperti kapal mengikuti radar. Sementara perusahaan umumnya beroperasi berdasarkan rencana jangka panjang terperinci.

7. Anytime-anywhere

Generasi baby boomers memandang waktu dan tempat sebagai norma, sementara gen-Y kurang memperdulikan aturan baku. Bagi mereka, bekerja dari café atau local starbucks merupakan hal lumrah.

8. Bagaimana mereka berkomunikasi

Gen-Y jauh lebih nyaman menggunakan teks dan jaringan sosial, sementara generasi lama mungkin bukan hanya tidak nyaman dengan komunikasi digital, mereka bahkan merasa terganggu dengan kurangnya interaksi bertatap muka.

9. Bagaimana mencari informasi atau belajar

Generasi Y ingin belajar ‘on demand’, to the point, hanya untuk hal-hal sesuai cita-cita/passion/impian mereka, sesuai kebutuhan mereka. Gen-Y cenderung bosan dengan pelatihan yang bertele-tele dan bertahap yang dianjurkan perusahaan.

Itulah mengapa pendidikan berdasarkan kompetensi lebih cocok untuk Gen-Y.

Fakta di atas memang tidak mutlak untuk semua khalayak, bisa saja kita merasa terlahir sebagai generasi Y tetapi hanya memiliki satu atau dua ciri di antaranya. Alasannya, karena banyak aspek yang mempengaruhi perkembangan karakter atau sifat seseorang, seperti kondisi sosial, ekonomi, dan informasi, serta..faktor keluarga tentunya.

Apakah kamu memiliki sebagian ciri-ciri seperti yang telah disebutkan? Atau ada yang berpendapat lain? Atau bahkan ada yang mantap mengatakan “Wah gue banget tuh!”

Atau..justru bukan hanya memiliki energy, semangat, dan ide yang cemerlang, tetapi lebih dari itu, memiliki otak produsen, kreator, dan inisiator?

Wah, bisa jadi kamu bukan lagi generasi millennium, tetapi generasi terbaru, yaitu generasi Platinum!

15 thoughts on “9 Fakta Keren & Nyelenehnya Generasi Y, Generasi Facebook!

  1. Pingback: 9 Fakta Keren & Nyelenehnya Generasi Y, Generasi facebook, The Millennium One! | Leonisecret

  2. Pingback: Krisis, Turning Point Membranding Ulang Diri Kita | Leonisecret

  3. Pingback: New Wave Marketing Power Lunch | Ollie's Blog :: Read. Write. Blog.

  4. generasi X (1965-akhir ’70) atau baby boomers (1946-1964):Generasi Y atau millennium adalah generasi yang tumbuh seiring dengan berkembangnya komunikasi massa dan internet. Mereka terlahir akhir ‘70 atau sekitar tahun 1980 hingga 1995.
    Trus kalo yang lahir setelah tahun 1995 namanya generasi apa kak?=)

  5. Cool info! Pas banget di kondisi gw saat ini. Thanks telah menjawab secara tidak langsung pertanyaan gw ini. Ngak heran gw selalu bentrok sudut pandang dengan ortu gw, dari kecil hingga gw gede pun kagak ada perubahan, komunikasi kami selalu bersitegang.

  6. menurut kalian cara2 apa yang harus d buat, untuk menangani generasi Y, apa perlu buat seminar atau apa gt ? hha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *