Alasan Mengapa Kepulauan Derawan Wajib Masuk Travel Bucket List

Heaven on earth!

Itu yang terpikir saat saya tiba di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, Agustus 2015 lalu. Air laut yang sangat jernih hingga kadang tak perlu menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya, pasir putih halus yang membentang mendasari air lautnya, membentuk warna turquoise, dan langit biru cerah, berpadu membentuk warna surga.

Sayang, pemandangannya jadi tak seindah itu saat September 2015 lalu teman saya berkunjung ke sana. Biru cerahnya tertutup kabut asap akibat penebangan hutan :(

Ya, saya dukung #melawanasap, namun pada artikel ini tidak membahas tentang pemandangan dengan background kabut asap tadi, tetapi keindahan yang sayang banget bakal dilewatkan bila kabut asap tidak ditangani dengan segera.

Kepulauan Derawan memiliki empat gugusan pulau utama, yaitu Derawan, Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Saya akan menjelaskan alasan kenapa pembaca wajib mengunjungi keempat pulau tadi saat traveling ke kepulauan terdepan Indonesia ini, karena masing-masing memiliki kelebihan.

Perjalanan ini adalah perjalanan privilege bersama Telkomsel, karena rombongan yang ikut di dalamnya adalah orang-orang yang beruntung! :)

Kami memulai perjalanan dengan rute Jakarta-Tarakan, lalu lanjut menggunakan fastboat menuju pulau Derawan, karena di sanalah kami menginap. Awal rencana menginap di Maratua beach, tetapi karena resort di sana dipenuhi petugas pemerintahan yang hendak mengadakan upacara 17 Agustus bersama ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, jadilah kita menginap di Derawan.

 

Derawan

Derawan dikenal dengan keindahan bawah lautnya, jadi bagi yang suka snorkeling atau diving, di sini salah satu surganya.

photo by Jowvy

Kelebihan menginap di pulau ini adalah dekat dengan perkampungan penduduk, sehingga mudah mencari makanan dan toko keperluan sehari-hari. Penginapan di sini berdiri di atas air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, jutaan ikan kecil yang berenang ke sana kemari dan penyu-penyu besar adalah pemandangan sehari-hari begitu kita membuka kamar! Ya, tepat di bawah kamar.

Kami menginap di VIP Mirolez Pelangi, yang memang dikenal paling bagus untuk ukuran penginapan murah di Derawan. Lokasinya paling depan, sehingga paling pas untuk posisi mengejar sunset.

Fasilitas untuk kamarnya cukup memadai, dengan king bed, sofa, kamar mandi dalam, TV, AC, serta beranda depan dan belakang. Pemilik resort ini memiliki peralatan karaoke lengkap yang bisa disewa hingga jam1 malam, loh.

Tapi saya anjurkan, sebaiknya jangan menginap di sini kalau tidak mendapat kamar VIP, kecuali kuat mendengar suara orang ramai karaokean tiap malam. Haha

Banyak pemandangan yang instagramable di pulau ini kalau mau berkeliling,  jadi bukan hanya kekayaan bawah laut saja. O ya, banyak penyewaan sepeda juga untuk keliling pulau. Kelebihannya lagi, kalau kita mau mencari lokasi photoshoot, masih banyak tempat sepi.

 

Maratua

photo by om Babab

Hari ke-2 kami menuju pulau Maratua. Sekitar 1 jam dari Derawan menggunakan speedboat. Inilah surga di bumi yang saya maksud. Pemandangan di pulau ini bikin takjub banget! Meski tak melihat ikan dan penyu besar seperti di Derawan, tetapi pemandangannya tak kalah dengan Maldives.

Bisa dibilang, pantai pasir putih di Maratua adalah yang terindah dari semua yang pernah saya kunjungi. Pasir putihnya yang benar-benar putih, membentang luas, panjang, dan butirannya halus banget seperti kapur. Paduan pasir putih, coral, air laut, dan langitnya membentuk gradasi warna yang sangat indah. Memang air laut di sini ada tiga warna, gradasi warna ini cukup terlihat jelas dari resort tempat kami berdiri. Ada warna turqoise, biru kehijauan, dan biru pekat, yang dipengaruhi oleh kedalaman lautnya. Cukup sekitar 60 meter dari resort, kedalaman air lautnya sudah beda.

photo by Ardin

Bukan hanya alamnya, desain dari resort Maratua beach ini pun memberi paduan yang keren untuk difoto. O ya, untuk harga penginapan di sini juga masih terbilang murah. Dengan kocek sekitar Rp 660.000,- kita sudah mendapat fasilitas yang sangat nyaman. Yang pasti, pemandangannya ngangenin!

 

Sangalaki

photo by Ardin

Pulau kecil ini juga membentang pasir putih. Meski tidak sehalus dan seluas pasir putih di Maratua, tetapi tak kalah indahnya dengan pasir putih di Gili.

photo by Diana

Keistimewaan di pulau ini adalah penangkaran tukik atau penyu kecil yang dijaga oleh BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Kalimantan Timur.

Jadi jangan heran kalau tiba-tiba menemukan tukik yang berjalan sendirian mencari rumahnya menuju air laut. Tapi tolong jangan diambil ya, cukup diambil fotonya saja. Sudah terlalu banyak penyu kepulauan Derawan yang dicuri oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab, itulah kenapa penangkaran di sini sangat diperlukan.

 

Kakaban

Ada dua tempat menarik di Kakaban. Dan dua-duanya tersembunyi, tak tampak dari pantai, karena dua lokasi seru ini seperti terperangkap di dalam pulau.

Yang pertama adalah Danau Kakaban, danau purba berisi air asin.

https://www.facebook.com/leonitajulian1/videos/10206388162396509/

Untuk mencapai danau ini, dari pantai kita harus menyusuri dermaga kayu dan masuk hutan melalui tangga bersambung-sambung yang panjang menaiki bukit, kadang sangat licin. Danau seluas lima kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 50 meter di balik bukit ini seakan danau yang terperangkap dalam pulau.

Keistimewaan danau ini punya banyak ubur-ubur yang tak menyengat. Kerennya lagi, ubur-ubur ini bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa harus snorkeling! Kalau beruntung, kita bisa melihat ubur-ubur yang muncul ke permukaan air danau. Tetapi kalau mau lebih seru ya tentu saja perlu snorkeling jadi bisa mendapat banyak foto makhluk danau ini dengan lebih jelas dan indah, tapi jangan disentuh ya, karena bisa menggangu kelangsungan hidup ubur-uburnya.

photo by Morro

Lokasi misterius yang ke-2, hmmm…baca di artikel berikutnya ya, khusus untuk rute yang jarang dilewati wisatawan dan mengejutkan. Penasaran?

Anw, Thanks to teman-teman Telkomsel yang udah kasih pengalaman tak terlupakan ini :)

6 thoughts on “Alasan Mengapa Kepulauan Derawan Wajib Masuk Travel Bucket List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *