Beasiswa Sharing The Dream, dari SCG untuk Indonesia

IMG_nrn329

Salah satu masalah besar di Indonesia adalah masalah pemerataan pendidikan dan kualitasnya. Masih banyak daerah di Indonesia yang tertinggal kualitas pendidikannya. Salah satunya disebabkan oleh fasilitas yang tidak memadai dan kendala biaya. Untunglah saat ini mulai banyak ditemui organisasi atau institusi yang membantu permasalahan pemerataan pendidikan ini melalui program beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa sharing the dream dari SCG. Jadi buat kamu yang ingin sekolah, tetapi terkendala biaya, ini info yang bagus banget untuk tidak dilewatkan.

Jadi ceritanya, 26 Juli 2018 lalu, saya diundang menghadiri SCG Sharing The Dreams Blogger Gathering yang bertempat di The Hook, Jakarta Selatan.

SCG adalah singkatan dari Siam Cement Group, salah satu konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun di Thailand. Pada tahun 2016, SCG disebut sebagai perusahaan terbesar ke-2 di Thailand dan perusahaan publik terbesar ke-604 di dunia oleh Forbes.
SCG sendiri memiliki 3 bisnis utama, yaitu semen building material, packaging, dan chemical, dengan proses yang ramah lingkungan.

Perusahaan ini berkomitmen untuk menyejahterakan sumber daya manusia, ekonomi, sosial, dan lingkungan, dengan fokus pada sustainable development, di daerah di mana pabriknya berdiri, salah satunya di Indonesia, melalui program pendidikan.

IMG_20180726_140857

Dalam sambutannya, Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, mengatakan bahwa pendidikan sangat penting untuk pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik bisa menciptakaan anak-anak dengan karakter yang lebih baik. Itulah mengapa SCG memilih dunia pendidikan untuk program CSR-nya di Indonesia.

Komitmen SCG untuk memeratakan pendidikan di Indonesia dilakukan melalui beasiswa Sharing The Dream. Beasiswa ini adalah salah satu program CSR dari SCG di bidang pendidikan, bagi mereka yang berprestasi namun memiliki keterbatasan secara financial. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2012 untuk tingkat SMA, dan baru tahun 2018 dibuka kesempatan untuk tingkat perguruan tinggi.

Acara gathering ini juga menghadirkan 3 narasumber, yaitu:
• Novia Kardiyanti, Brand and Communication of SCG Indonesia
• Setiawan Novaldi, alumni Sharing The Dreams
• Tasya Kamila, artis dan penggiat edukasi.

Menurut Novia, beasiswa Sharing The Dream ini memberi kesempatan yang luas bagi anak-anak berprestasi dengan status keluarga ekonomi menengah ke bawah untuk bisa meraih mimpinya. Hingga sekarang SCG sudah memberikan 2310 beasiswa.

Istimewanya, beasiswa SCG tidak hanya mengharapkan prestasi akademik saja, tetapi penerimanya juga harus memiliki karakter yang baik. Jadi selain nilai akademi, penulisan essay, tulisan tangan para pelamar beasiswa ini juga akan diperiksa oleh psikolog untuk melihat karakter, minat, dan bakat mereka.

Jadi, syarat yang harus dipenuhi untuk bisa lolos kriteria beasiswa SGC adalah prestasi, attitude, dan kondisi keluarga.

IMG_20180726_133200

Menurut Novi, syarat mendapatkan beasiswa SCG, antara lain:
* Nilai akademik minimum 75 atau direkemondesikan oleh pihak sekolah.
* Aktif di organisasi sekolah dan ekskul.
* Kondisi financial (terbukti tidak mampu)
* Penulisan essai sesuai dengan tema yang ditentukan tiap tahunnya.
Essay ini harus ditulis dengan tulisan tangan, karena akan diperiksa oleh psikolog, seperti yang sudah dijelasin tadi, yaitu untuk memeriksa karakternya.

Sementara itu Tasya Kamila yang berpengalaman mendapatkan beasiswa S2 di Columbia University, USA, untuk gelar Master of Public Administration-nya, memberikan beberapa tips cara lolos apply beasiswa.
* Rajin mencari info mengenai beasiswa, online offline
* Sebelum menulis essay, harus mengenal dan memahami diri sendiri. Harus tahu apa tujuannya mendapatkan beasiswa dan apa kontribusi yang akan diberikan kepada masyarakat. Harus siap timeline!
* Percaya diri!

Bagi Tasya Kamila, yang paling menantang dari penulisan essai adalah justru bagaimana mengetahui dan mengenal diri sendiri, passionnya, karakternya, cita-cita, dan bagaimana cara kita bakal mencapai mimpi kita itu.

IMG_6hkm7w

Menurutnya, program beasiswa SCG ini bisa menjadi ajang pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi anak-anak berprestasi, tapi memiliki kekurangan dalam finansial.

Mulai tahun 2018, beasiswa SCG dibuka untuk mahasiswa. Salah satu syarat untuk tingkat perguruan tinggi adalah harus sudah diterima di kampus yang dituju, baru bisa mengajukan permohonan beasiswanya.  Esai yang dibuat pun harus dalam bahasa Inggris. Nah, yang salah satu yang berhasil lolos dan sudah menikmati beasiswa ini adalah Setiawan Novaldi.

Seti yang merupakan alumni penerima beasiswa  SCG tingkat SMA ini memiliki cita-cita mulia yaitu berperan dalam pembangunan, itulah sebabnya dia masuk teknik sipil, ITB Bandung, dan mulai tahun ini biaya kuliahnya ditanggung dengan beasiwa SCG.

IMG_20180726_132932

Dalam menyeleksi apakah calon penerima berhak lolos atau tidak,  pihak SCG melakukan kunjungan langsung ke rumah masing-masing. Kunjunganan ini untuk mengetahui langsung kondisi keluarga, sekaligus mempererat kebersamaan dengan penerima beasiswa.

O ya, saya sempat ngobrol dengan Okta, salah satu penerima beasiswa tingkat perguruan tinggi yang juga alumni beasiswa SCG saat SMA. Menurut mahasiswi Komunikasi UIN Bandung ini, selain mendapat beasiswa, ia juga dibekali oleh SCG dengan kursus bahasa Inggris. Jadi memang benar-benar dipersiapkan kualitasnya.

Pendaftaran untuk tahun ini memang sudah ditutup pada bulan Mei 2018, tetapi untuk persyaratan dan form registrasi tahun berikutnya, bisa dilihat di website http://ancorafoundation.com Selain dengan Ancora, SCG juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang berada di sekitar wilayah operasi pabrik SCG untuk informasi dan penyeleksian awalnya.

2018-07-26-14-45-18-315

Selain acara sharing tentang beasiswa SCG, acara gathering ini juga diisi dengan focus group discussion (FGD), di mana kami dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta mendiskusikan satu tema yang yang berbeda-beda, lalu dipresentasikan masalah, fakta di lapangan, dan solusinya. Kebetulan saya masuk Kelompok 1 yang membuatku tema “Passion For Better, in Education in Indonesia”, dan saya salah satu yang maju mempresentasikan mewakili kelompok 1. Sering juga ternyata!

2018-07-26-15-12-55-455 Yang pasti, saya suka tema acaranya, aktivitasnya, apalagi niat baik SCG, yang ikut memikirkan solusi pemerataan pendidikan di Indonesia.

Yuk, adik-adik yang mau raih cita-cita dan lanjutkan passion, jangan ragu meski terkendala biaya. Yang penting berusaha tingkatkan nilai akademik, pertahankan good attitude, aktif organisasi, dan pantang menyerah. Tenang, ada beasiswa SCG yang siap membantumu. 😉

2 thoughts on “Beasiswa Sharing The Dream, dari SCG untuk Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *