Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista di Kelas Prakerja Skill Academy

Sudah ikutan Program kartu Prakerja? Ini adalah program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja, sekaligus bantuan ekonomi, khususnya bagi korban PHK atau terimbas pandemi. Kartu Prakerja ini tidak hanya bisa diikuti untuk fresh graduate atau yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga bisa untuk para buruh, karyawan, atau pegawai. Jadi semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah berhak untuk mendaftar dan berkesempatan mendapat pelatihan.

Skill Academy yang memberikan pelatihan soft skill berbagai bidang yang sedang trend pun menjadi mitra pelatihannya, dan menyediakan kelas khusus bagi pemegang Kartu Prakerja, namanya Kelas Prakerja. Ada berbagai macam pelatihan softskill, seperti pelatihan bahasa asing, bedah CV, selling, presentasi, dan materi lainnya. Namun ada pula pelatihan yang mungkin 6 tahun lalu belum terpikir ada kursusnya, karena belum jadi trend, contohnya pelatihan membuat dan menjual masker, pelatihan menjadi youtuber, bahkan ada pula kelas barista! Ya, buat kamu yang mau jadi barista atau usaha warung kopi yang sekarang lagi nge-trend, kamu bisa manfaatkan Kartu Prakerja dan ikutan pelatihannya di Skill Academy.

Penasaran bagaimana caranya? Simak yuuk!

Kopi kekinian memang jadi trend di kalangan muda, bahkan jadi lifestyle masyarakat urban. Kalau dulu kopi seakan minuman berat, sekarang kopi dibuat kekinian, disajikan secara menarik dengan berbagai varian. Alhasil coffee shop, kafe, atau warung kopi kekinian menjadi tempat favorit anak muda atau pertemuan kolega kerja. Salah satu alasannya, selain spotnya dibuat menarik untuk tempat nongkrong dan pertemuan, juga karena rata-rata coffee shop-nya menyediakan koneksi wifi yang kencang. Belakangan, fokus anak muda bukan hanya pada bisnis tempat nongkrongnya, tetapi mereka juga tertarik akan profesi dan keahlian barista.

Dari kacamata bisnis, lifestyle ini membuat usaha coffee shop sangat menjanjikan. Bukan berarti menekuninya mudah ya, tentunya karena persaingannya. Perencanaan yang asal-asalan hanya karena ikut-ikutan trend bisa berdampak buruk ke proses bisnis hingga merugi. Mulai dari cara meraciknya, rasa yang otentik, pengemasan yang eye catching, dan penyajian menjadi faktor yang perlu diperhatikan supaya dapat bersaing dengan kompetitor. Barista menjadi ujung tombak dalam bisnis coffee shop.

Pemerintah pun menyadari pentingnya potensi lapangan kerja ini, sehingga sejak tahun 2016 Bekraf menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi profesi barista.

Nah, Skill Academy pun paham akan trend ini. Ternyata di platform pembelajaran online yang diluncurkan RuangGuru ini ada kelas Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista, loh. Namanya kelas ‘Siap Kerja di Kedai Kopi: Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista (Peracik Kopi)’, dengan Djoko Pamungkas, professional barista dan Head Barista Cliq Coffee & Kitchen, sebagai pembimbing. Mulai dari tahap persiapan, cara menyeduhkan kopi, pengelolaan alat, dan area kerja, akan diajarkan di sana secara online.

Buat kamu yang tertarik dengan profesi barista, tentunya wajib mengikuti pelatihannya terlebih dahulu, hingga sertifikasinya kalau bisa. Jangan ragu karena biaya pelatihan barista yang mahal, di Skill Academy biaya pelatihannya terjangkau, bahkan mungkin jauh dibandingkan pelatihan semacam, tetapi tetap mendapatkan fasilitas pelatihan barista seperti pelatihan lainnya. Masih ragu? Kelebihan-kelebihan dan kemudahan lainnya tentang platform belajar online ini bisa dibaca juga di artikel tentang Skill Academy.

So, kapan lagi jadikan impianmu sebagai barista menjadi kenyataan?  Segera daftarkan dirimu di Kursus Online Menjadi Barista Professional di Skill Academy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *