Buka-bukaan Rahasia Kualitas Wacoal Indonesia

20180301_142804

Tahukah kamu? Ternyata untuk membuat 1 bra Wacoal, dibutuhkan proses panjang dan banyak quality control. Kalau membuat baju hanya butuh 1 lembar kain, komponen bra membutuhkan hingga 30 potongan material berbeda! Tapi dijamin, kualitas dan layanannya tidak bikin kita salah pilih bra lagi, karena ternyata 90% wanita memilih bra yang salah dan bahkan memilih bra yang mengandung formalin! Whaaatt?! Mau tahu pengetahuan tentang bra lainnya? Ikuti cerita perjalanan factory visit saya ke PT Wacoal Indonesia di artikel ini.


Dulu saya agak cuek dengan pilihan bra. Asal pas dan enak dipakai saja. Bahkan sehari-hari lebih pilih sport bra daripada cup bra, apalagi push up bra. Biasanya persoalannya hanya seputar bra yang terlalu kencang yang bikin sesak saat mengenakannya atau sebaliknya, tidak ada ukuran yang pas, kebesaran, nggak pas di payudara. Tetapi ternyata memilih bra tidak sesimpel itu. Kalau salah pilih, efeknya bisa bikin fatal.

IMG_-phcqpi

Berikut ini beberapa fakta seputar bra dan payudara, yang saya pelajari di awal factory visit, 22 Pebruari 2018 lalu, ke Pabrik Wacoal di Citereup, Bogor, bersama Blogger Perempuan Network:

1. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata, 90% wanita memilih bra yang salah!
Saya yakin, saya salah satunya, karena ukuran saja kurang yakin.

2. Memakai bra saat tidur tidak berbahaya dan bukan penyebab kanker payudara. Yang berbahaya adalah pemakaian bra yang tidak tepat, seperti bra yang terlalu kencang atau memakai bra dengan kawat saat tidur. Bagaimanapun, saat kita tidur, payudara butuh ber’nafas’. Wireless bra (tanpa kawat) dianggap aman karena memberikan support bagian samping payudara, supaya posisi payudara tetap berada di tengah.
Fungsi bra berkawat hanya untuk memberi support menopang payudara, sementara bra tanpa kawat berfungsi me-maintain payudara.

3. Sebuah kewajaran jika pada usia 20-an, posisi payudara masih di center dan kencang, dan pada saat usia 30-an, payudara mulai turun/kendor. Memang siklus perubahannya seperti itu. Yang luar biasa adalah bagaimana menjaganya tetap kencang dan indah di atas 30-an.

4. Pilih bra yang sesuai size dan kebutuhan payudara, cocok tidak dengan typical payudara kita. Misalnya, bra 1/2 cup untuk menambah volume jika payudara kita kecil, dan kenakan full cup bra, jika payudara besar, supaya tidak tampak ‘tumpah’. Pada saat memakai payudara, cup harus menempel pada payudara, tidak boleh kopong, jadi harus sesuai ukurannya.
Kalau ukurannya kebesaran, bisa menyebabkan payudara mengendur. Kalau kekecilan, menyebabkan lecet.
Cara menentukan size cup bra adalah lingkar under bust dikurangi dengan lingkar top bust.

5. Sport bra memang paling nyaman, tetapi ternyata tidak boleh dikenakan setiap hari, karena mengenakannya dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan penurunan bentuk payudara! 

6. Size fitting tiap bulan.
Ternyata ukuran payudara itu bisa berubah-ubah, lho! Jadi disarankan pengukuran lingkar payudara setiap bulan. Penyebab perubahannya, antara lain, karena pemakaian bra yang salah dan perubahan berat badan. Itulah mengapa di toko/butik Wacoal, ada beauty adviser yang siap membantu mengukur payudara kita sebelum memilih bra, supaya tidak salah pilih.
Supaya payudara tetap tertopang dengan baik dan terjaga bentuknya, sebaiknya bra diganti setiap 4 bulan.

IMG_36pofd

Selama ini saya agak cuek dengan bra, karena beranggapan barang ini “tak terlihat”. Tetapi setelah mendapat edukasi tentang bra dari tim Wacoal, saya jadi sadar, pakaian dalam memang hanya berada di dalam, tetapi justru paling penting karena paling bersentuhan langsung dengan kulit di area paling sensitif! So, untuk pakaian dalam, sedikit mahal tak apa, yang penting kualitasnya dijamin bisa menjaga tubuh kita!

Kegiatan factory visit ini cukup seru. Sebelum kami diajak berkeliling pabrik, kami diajak berlomba mendekorasi bra. Karena tidak banyak waktu mencari bahan sehingga tidak membawa hiasan bra, hanya renda, akhirnya hanya membuat seadanya saja, yang penting ikutan rame berpartisipasi. 

20180222113534

Rahasia Kualitas Wacoal

Selanjutnya kami diajak berjalan-jalan mengelilingi pabrik, khususnya area produksi untuk melihat rahasia dapur Wacoal. Pabrik ini sudah berdiri sejak 1981 di Citeureup, Bogor. Di pabrik ini, Wacoal Indonesia tidak hanya memproduksi pakaian dalam untuk pasar Indonesia saja, tetapi juga beberapa negara Asia seperti Jepang, Singapura, Korea, dan lainnya, bahkan juga diekspor hingga ke Amerika.

2018-03-04-09-26-57-800

Area produksi pabrik Wacoal Indonesia sangat higienis, tidak boleh kotor. Kalau berjalan-jalan ke pabrik, harus menggunakan sandal khusus yang sudah disediakan, supaya tidak ada debu.  Begitupun kami.

Jadi, apa rahasia Wacoal?

1. Melakukan Penelitian Ilmiah
Wacoal Jepang melakukan penelitian terhadap ribuan perempuan, terkait dengan karakteristik tubuh perempuan dengan variasi umur dan bentuk tubuh, untuk menghasilkan produk pakaian dalam yang sesuai dengan kebutuhan perempuan.  Kebutuhan yang dimaksud, baik dari segi fitting maupun fungsi.

Ternyata ya, untuk membuat satu bra Wacoal itu dibutuhkan 25 hingga 40 jenis bahan dan material yang berbeda. Komponennya mulai dari renda, hook & eye, bone, wire, cup, dan lainnya. Proses produksinya panjang dan dibutuhkan ketelitian tinggi, juga banyak quality control! Pabrik yang memiliki sekitar 1500 karyawan ini, mayoritas pekerjanya adalah perempuan.

2018-03-01-14-28-50-418

2. Diproduksi dengan standar Wacoal

Prosesnya dimulai dari ruang penyimpanan bahan. Di sini sudah dimulai proses quality control, untuk menjamin kualitas dan kenyamanan. Brand yang sudah hadir selama 50 tahun dalam industri pakaian dalam ini, memang terfokus pada trusted materials, perfect function, dan good fitting.

20180222113115

Wacoal sangat memperhatikan pemilihan bahan baku untuk menjaga kenyamanan konsumen, misalnya, jenis bahan dan kualitas warna. Bahan baku Wacoal ini 70% berasal dari impor dan 30% dari lokal. Bahan baku diperiksa di laboratorium menggunakan standar pemeriksaan Jepang, negara asal Wacoal. Kalau ada cacat, kotor, atau sedikit garis, bisa kembalikan ke pabriknya. Jadi kualitasnya adalah kualitas dunia.
Termasuk harus bebas dari formalin! Ada, loh, bra yang diproduksi memakai formalin dengan alasan supaya tahan lama. Tetapi di Wacoal tidak boleh memakai bahan kimia atau formalin, karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Bahkan bukan hanya bahan materual, ruangan di gedungnya pun diperiksa kandungan formalinnya, karena kasang bagan cat dinding pun mengandung formalin.

IMG_iavxi8

Proses selanjutnya adalah pemotongan, yang masih dilakukan secara manual dibantu mesin potong, sehingga dibutuhkan ketelitian.

20180222112501

Setelah proses ini, masih dilakukan pemeriksaan hasil potongan supaya tidak ada cacat potong atau material yang tidak sesuai saat masuk ke proses penjahitan perca-perca untuk disatukan.

20180222112545

Di dalam ruangan jahit khusus bra, ada yang menjahit bagian cup, ada yang mengerjakan bagian belakang bra, ada pula yang menyambungkan antara keduanya.

IMG_qw0uty

Setelah basic bra selesai dibuat, kembali dilakukan pengecekan, supaya tidak ada cacat, seperti misalnya, jahitan kurang rapi, strap kurang elastis, atau warna yang tidak sama.

IMG_-no8i3l

Sebelum dilakukan proses pemasangan tag harga dan brand Wacoal, terdapat pemeriksaan jahitan, kemungkinan sobek dan kerapiannya, terdapat alat deteksi logamnya juga. Dalam laboratorium, dilakukan quality control juga berupa pencucian dan pengeringan berkali-kali, untuk mengecek ketebalan, elastisitas, kelunturan, kekuatan jahitan, ketahanan terhadap gesekan dan pencucian, untuk mengetahui apakah dia akan menyusut setelah dicuci.

20180222112400

Bahkan untuk yang akan diekspor ke Amerika, diterapkan standard amerika yang harus dites dengan cara dicuci dikeringkan hingga 20 kali!

20180222113214

Setelah pemasangan tag, dilanjutkan dengan pemeriksaan secara acak pada produk yang sudah dibungkus rapi sebelum sampai ke pasaran.

Wacoal memang sangat menjaga kualitas produk yang dijualnya di pasaran, serta kepercayaan dan kepuasan pelanggannya. Bahkan, berani memberikan jaminan 7 hari penukaran produk yang telah dibeli, apabila produk tersebut tidak memenuhi standar kualitas, tentu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

2018-03-01-14-34-42-756

3. Beauty Advisor yang terlatih

Buka-bukaan rahasia Wacoal ini diakhiri dengan mengunjungi Store Wacoal di Plaza Indonesia lantai 3. Waktunya Wacoal under wear shoping!!💕

Di store Wacoal, sudah siap beberapa beauty advisor handal dengan meteran yang akan membantu mengukur bra yang cocok untuk kita. Mereka mengukur under bust (bagian paling bawah dari payudara) dan top bust (bagian puncak payudara). Size cup bra dihitung dari lingkar under bust dikurangi dengan lingkar top bust.

Begitupun bila customer ingin membeli panty atau celana dalam, Beauty Advisor akan mengukur bagian waist (pinggang) dan hip (pinggul). Sama seperti bra, celana dalam pun bisa berubah ukurannya bergantung pada perubahan bentuk tubuh.

20180222_174743

Wacoal mempersiapkan beauty advisor di store, karena mereka tahu kebutuhan setiap perempuan yang berbeda-beda, bahkan hanya dalam hitungan waktu, kebutuhan satu perempuan bisa berubah karena perubahan bentuk tubuh, lifestyle, dan usia.

Cek Instagram @wacoal_id atau browse webstorewww.wacoal.co.id untuk mengetahui lebih lengkap tentang update produk Wacoal.

Jadi gimana? Masih mau cuek sama kebutuhan payudara sendiri? Hmm..jangan ambil risiko lagi. Wacoal memang lil bit pricey, tapi worth to buy. Ada harga ada kualitas!Selamat mencoba, girls! Selamat shopping! 

7 thoughts on “Buka-bukaan Rahasia Kualitas Wacoal Indonesia

  1. Wacoal ini memang punya standar yang tinggi buat kulitas bra-nya ya. Selain memberikan produk yang berkualitas juga memberikan edukasi pada konsumennya buat memilih bra sesuai ukuran.

  2. Buat aset mah kudu yang terbaik donk, salah pilih bahaya. Dan iyak, pas kunjungan baru tau repotnya bikin 1 Bra aja padahal kita yang beli mah seenaknya komplen dan pakai.

    Kadang nyimpen sama nyuci juga seenaknya, yang rusak ga cuma bra dan fungsinya tapi bisa jadi aset kita ikutan rusak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *