Campaign Social Media Untuk Naikkan Sales?

Campaign di social media bisakah men-drive sales? Kalau saya bilang, bisa, tetapi bukan hal mudah. Harus ada integrasi antara online dengan offline marketing communicationnya. Kesuksesannya tetap bergantung pada strategi (online dan offline), target audience, media yang dimanfaatkan, dan content. Faktor ‘X’ nya adalah moment.

Sebelumnya kita sudah melihat keberhasilan Magnum dan pocari sweat dengan ionopolis. Pada kasus magnum, berhasil karena scenario kosongnya produk magnum di pasaran yang membuat banyak penggemar magnum penasaran sehingga terjadi wom begitu beberapa orang bercerita bahwa mereka berhasil mendapat magnum. Sementara pada pocari sweat keberhasilannya terletak pada content games edukasi yang menarik dan out of the box, bahkan diintegrasikan dengan offline, yaitu kode yang terjual dibundle dengan penjualan produk, lengkap dengan hadiah yang menarik, serta integrasi marcomm online dan offlinenya, sehingga campaign ini bisa dibilang sukses.

Cara jitu drive sales melalui campaign social media yang terbaru adalah yang dilakukan Freshlook Indonesia. Brand ini mengusung campaign Natural Points. Program Natural Points ini mengajak pelanggan untuk mengumpulkan poin melalui social media dan sales. Kerennya adalah campaign Natural Points ini mengintegrasikan facebook, twitter, aplikasi check in foursquare, dan kode sales.

Di facebook kita bisa kumpulin poin dengan cara gabung fanpage, invite friend, status updates dan mention Freshlook Indonesia , serta jawab kuis di waktu-waktu tertentu. Di twitter, kita kumpulin poin dengan cara follow @freshlookID dan mention akunnya di status updates dengan hashtag #naturalpoints. Di foursquare, tentu saja check in di venue Freshlook Indonesia via Melawai dan Seis plus mention @freshlookID. Hampir semua yang bisa dilakukan di social media. Bahkan berbagai ‘badge’ yang bisa diraih bila mencapai point-point tertentu.

Nah, kalau ga mau lama-lama kumpulin poin, ya langsung aja beli produknya! Poin kita nambah banyak kalo masukin kode pembelian Freshlook Colorblend dan Vibrant Colors. Langsung bisa ribuan deh.

Poin-poin ini bisa direedeem berbagai hadiah menarik seperti iPad, iPod Touch, Blackberry, Voucher Zara, TamanSari, Starbucks, dan Domino Pizza. Tentu saja hadiah yang menarik banget buat cewek-cewek, sesuai dengan target audience Freshlook! So, jangan heran kalo tiap hari wall fanpage dan twitter Freshlook Indonesia dipenuhi cewek-cewek yang ‘nyepik’ ke Freshlook supaya dapat poin. hehe

Kalau saya pilih beli produknya supaya cepet dapet poin gede, plus ya emang softlense berwarnanya Freshlook keren-keren, tipis banget, jadi bikin nyaman, ga berat saat pakai.

Jadi, brand mana lagi yang bakal manfaatin social media untuk drive sales? Saya rasa brand-brand tertentu, terutama dengan target audience pengguna aktif social media akan mampu mengangkat penjualan, asal strateginya tepat, bukan hanya online, tetapi juga diintegrasikan dengan offlinenya. Pertanyaannya, mampukah brand tersebut mempertahankan salesnya melalui social media? Tentunya branding atau penanaman persepsi, dan engagement campaign lah yang bermain di area ini. Kuncinya, di social media tersebut customer mendapatkan keistimewaan yang tidak didapatnya pada penjualan offline. Kalau di Freshlook Indonesia, ya bakal dapetin poin untuk ditukar hadiah seru!

4 thoughts on “Campaign Social Media Untuk Naikkan Sales?

  1. wuih mantap mbak… saya suka artikel ini.. :D

    kampanye magnum kemarin netizen bener-bener ikut turun dan gembar-gembor sana sini.. kampanye hebat.. klo dulu kampanye cuma lewat media Televisi dan radio atau spanduk-spanduk bisa di bilang kampanye 1.0 ya..klo sekarang netizen ikut peran serta kampanye bisa jadi kampaenye 2.0 *halah nguasal pol*

  2. Mungkin karena ini tahun 2011 kali ya… segala sesuatunya udah jauh lebih cepat, modern dan keren! Termasuk juga cara beriklan.
    Setuju banget kalo pemanfaatan social media ga cuma sekedar ‘nyepik’ alias ‘cet-cit-cut’ ato maen games… buang waktu aja itu mah.

    Salam kenal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *