Cari Tiket Pesawat Murah dengan Tips dan Trik Ini!

 

Cari tiket pesawat murah

Tiket pesawat murah adalah salah satu tiket memperpanjang usia. Gimana enggak? Kalau bisa hemat biaya tiket, otomatis bisa nambah libur, karena budget-nya bisa dimanfaatkan untuk kamar hotel atau shopping! Bahagia nambah, panjang usia, deh!
Tapi gimana dapetin tiket pesawat murah? Nah, di artikel ini saya bagi tips dan triknya buat kamu!

Cara mendapat Tiket Pesawat Murah

Perhatikan beberapa hal yang mempengaruhi naik turun atau mahal murahnya harga tiket pesawat berikut ini:

* Rute tujuan pengaruhi harga tiket pesawat

Untuk rute umum yang banyak dilayani maskapai (misalnya: Jakarta, Bali, Surabaya, Singapore, Kualalumpur), biasanya harga tiket pesawatnya lebih murah dan cenderung fluktuatif, bisa tiba-tiba sangat murah. Kalau hendak traveling, saya bakal rajin cek update harga tiket pesawat online tiap jam tiap menit.😂

Kalau telaten, pasti bisa mendapat tiket pesawat murah, bahkan di saat mendadak mendekati hari H. Saya pernah dapat yang murah banget, cuman 400ribu-an Jakarta-Bali, padahal belinya H-1! Jadi sebenarnya tidak harus beli jauh-jauh hari, meski membeli tiket jauh-jauh hari tetap salah satu trik cari tiket pesawat murah yang paling aman.

Sementara untuk rute yang bukan rute ramai wisatawan, biasanya harganya tidak banyak perbedaan kapan pun beli tiketnya, baik jauh-jauh hari ataupun dadakan. Maskapai untuk rute ini menerapkan sistem year-round fare di mana harga tiket pesawat kurang lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season.

* Cari tiket pesawat murah untuk hari & periode perjalanan yang tepat

Tiket pesawat akan mahal saat high season, yaitu saat weekend, long weekend, holiday season, hari-hari sibuk untuk business trip, dan jam-jam sibuk. Jadi, berlibur lah di periode low-season, misalnya bulan September-November dan Februari-April, atau terbang berangkat dan pulang di hari yang tak ramai.

Misalnya mau terbang Jakarta-Bali, kombinasi hari yang disarankan untuk sukses dapat tiket pesawat murah adalah Selasa-Kamis, Minggu-Rabu, atau Rabu-Jumat.

Sementara kombinasi yang tidak disarankan, karena harga tiket cenderung mahal, adalah Jumat-Senin, Jumat-Minggu,  Sabtu-Minggu, Sabtu-Senin.

Logikanya, orang Jakarta atau kota lainnya pengen habiskan weekend di Bali, dan balik hari Minggu atau Senin-nya, makanya harga tiket pesawat pulang jadi mahal karena ramai, vice versa.

Harga tiket pesawat juga cenderung lebih mahal pada hari Senin, karena alasan banyaknya orang melakukan business trip pada awal pekan. Begitu pun saat jam-jam sibuk di mana harga tiket jadi mahal. Sementara itu harga tiket pesawat penerbangan paling malam atau paling pagi cenderung lebih murah, mungkin karena sedikit peminat.

* Cari tiket pesawat keberangkatan untuk tanggal tua

Biasanya harga tiket pesawat di tanggal 20-an cenderung lebih murah, mungkin karena pada tanggal tua orang menahan diri untuk berlibur, dan maskapai pun menentukan harga tiket pesawat murah supaya kursi terisi.

Cari tiket pesawat murah

* Setting notifikasi promo tiket pesawat murah

Download aplikasi mobile pegipegi di Google playstore atau app store, dan setting show notification untuk aplikasi ini di smartphone kamu Alasannya? Karena di pegipegi, selain bisa pesan tiket pesawat online, gampang cari tiket pesawat murah, juga banyak diskon atau promo tiket pesawat, kadang di-bundling dengan voucher hotel.

Cari tiket pesawat murah

Kalau ada notifikasi, kan bisa cepetan buka aplikasinya biar nggak ketinggalan promo atau diskon terbaru, apalagi promo tiket pesawat murah yang terbatas hanya untuk beberapa orang pertama!

Oya, pegipegi sekarang punya desain baruuu, lebih bersih tampilannya!

Cari tiket pesawat murah

Pegipegi versi lama

Cari tiket pesawat murah

Pegipegi versi baru

* Rajin pantau harga tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) yang mudah berubah

Kalau mau cari tiket pesawat murah, sih, syarat pertamanya..tidak anti Low Cost Carrier (LCC) 😅 dan sering-sering lah memantau harga tiket murah di pegipegi.

Berdasarkan pantauan, dulu Lion air adalah airline yang paling sering berubah harganya, bahkan sehari bisa 3 kali perubahan, sekarang sepertinya Citilink, Sriwijaya, dan Air Asia. Antara pagi, siang, dan tengah malam, harganya bisa berbeda. Kadang bisa tiba-tiba turun drastis atau sebaliknya.

Tips, kalau penerbangan yang kamu incar tahu-tahu meningkat drastis harga tiket pesawatnya, jangan panik, jangan buru-buru beli saat itu juga, ya, karena bukan berarti harganya bakal naik terus. Bisa jadi sebaliknya.
Tunggu, cek lagi beberapa hari ke depan atau beberapa jam kemudian, tahu-tahu muncul tiket murah.
Kecuali kalau kamu lihat range harga tiket pesawat antara satu penerbangan dan penerbangan lain sama-sama meningkat, itu berarti mungkin harga dasarnya memang sudah naik. Bisa, tuh, beli tiket saat itu juga.

Jadi rajin-rajin lah memantau Pegipegi, bahkan saat midnight! Kalau sudah terbiasa pantau pergerakan harganya, sih, tren harga tiket pesawat murahnya sudah terbaca.

Cari tiket pesawat murah

* Cari tiket one way supaya dapat tiket pesawat murah

Kalau kesulitan mendapatkan tiket pesawat murah untuk perjalanan pp pulang-pergi, sebaiknya beli tiket one way  saja. Cari tiket murah untuk keberangkatan dahulu, lalu nanti pantau harga di pegipegi lagi untuk tiket pulangnya.

* Cari tiket pesawat murah jauh-jauh hari

Ini adalah cara mencari tiket murah yang paling klasik dan paling aman, terutama untuk LCC, karena memang umumnya maskapai akan menjual harga tiket pesawat lebih murah jauh-jauh hari, dibandingkan harga tiket pesawat saat mendekati hari H, meski kalau telaten, ada kemungkinan juga mendadak muncul harga tiket pesawat murah mendekati hari H.

Cari tiket pesawat murah

Harga tiket pesawat ke Banda Aceh mendekati hari H

Cari tiket pesawat murah

Harga tiket pesawat ke Banda Aceh 2 bulan sebelum hari H

* Beli tiket pesawat terpisah saat pergi dengan rombongan

Mahal murahnya harga tiket pesawat juga dipengaruhi oleh lokasi bangku. Harga tiket murah untuk bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin, misalnya. Kalau kita pesan secara grup, biasanya akan dipilihkan bangku nyaman yang berdekatan, artinya..dipilihkan harganya. Sementara kalau pesannya sendiri-sendiri, maka kita bisa memilih harga, meski berhemat dengan mendapat bangku yang tidak lebih nyaman dibanding bangku lain.

Cari tiket pesawat murah

* Bawa barang seperlunya

Membawa barang secara berlebihan saat terbang akan menambahkan biaya tambahan untuk bagasi, apalagi kalau di bandaranya yang ketat seperti Singapore, di mana koper bisa ditimbang 2x bersama tas tenteng kalau kelihatan berat. Bisa lolos di counter check in, belum tentu lolos di pintu masuk ruang tunggu.

Kalau dianggap berlebihan ya harus bayar denda cash! Pernah mengalami kena denda sekitar Rp500ribu.😅 Jadi bawa yang penting-penting saja supaya lebih berhemat. Kecuali siap membayar biaya excess baggage per kilogram dari kelebihan bagasi.

Cek tips traveling lainnya di sini.

So..selamat berlomba mencari tiket pesawat murah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *