Coca-Cola & Musik: Selalu Bikin Happy, Selalu Bikin Fun!

In my opinion, Coca-cola bisa dibilang brand yang paling konsisten engage target marketnya dengan pendekatan happiness dan fun lewat music! Buktinya, sejak abad ke 19 (!) hingga detik ini, coca-cola selalu dukung event music.

Yess, tahun 1899 coca-cola sudah sponsori artist Hilda Clark di event Music Hall, dan kalender Coca-Cola dari 1899 hingga 1903.

photo : inventorsabout.com

Foto ini adalah kalender vintage tahun 1901, di mana coca-cola menampilkan Hilda Clark, orang pertama yang menjadi official Coca Cola spokesperson. Dan foto di bawah ini adalah botol Coca-cola yang pertama di tahun 1899!

photo : inventorsabout.com

Istimewanya, jingle-jingle coca-cola selain berciri-ciri muda, memberi semangat, juga sangat catchy sehingga mudah banget diingat dan digemari.

Engagement jitu dari Coca-cola yang mengambil target market anak muda yang memang dunianya dekat dengan music. Hebatnya, selalu ada experience yang dibagi bersama penggemarnya!

Masih ingat jingle ini?

The stars will always shine, the birds will always sing

As long as there is thirst, there’s always the real thing

Coca-cola is always the one

Whenever there is fun, there’s always coca-cola

Ini adalah jingle coca-cola yang dibawakan Joey Diggs tahun 1993 dan menjadi hits! Musiknya catchy dan fun! Masih inget banget sampai sekarang. Sebetulnya sudah banyak jingle coca-cola yang menjadi hits di tahun 1960-an, tetapi karena saya dibesarkan di jaman 90-an, so jingle ‘Always Coca-cola’ yang saya tahu.

photo: at40.com

Tapi seingat saya bukan cuman jingle itu saja yang hits. Tahu ‘Shake Up Christmas’yang dibawakan group band ‘Train’? I do love this song, bikin happy dan semangat padahal saya tidak merayakan Natal. But I love the spirit of happiness on this song!

Sementara ‘Open Happiness’ yang dibawakan musisi internasional, seperti Cee Lo Green dan Travis McCoy, dan di Indonesia diadaptasi menjadi “Buka Semangat Baru” pun berhasil menjadi hits. Lagu ini dibawakan oleh Ipank, Ello dan Berry dari Saint Loco.

photo : thesocietypages.org

Belum lagi, sejak 2002 Coca-cola mensponsori ajang pencarian bakat di US yang super keren, American Idol! Acara music favorit gue banget tuh.

Bulan Desember tahun lalu,Coca-cola juga bikin program seru ‘Coca-Cola Soundburst’. Event music yang menghadirkan pengalaman bermusik dan nikmati musik untuk pencinta Coca-Cola, setelah tahun sebelumnya sukses menghadirkan program musik Buka Semangat Baru. Event music ini menampilkan Gigi, The Changcuters, Nidji, Naif, J-Rocks, Andra & The Backbone, RAN, dan Alexa. Bahkan di Surabaya, Coca-cola kasih surprise Happiness Machine, di mana salah satu mahasiswa dari kampus yang dikunjungi mesin kegembiraan ini beruntung mendapat tiket Coca-cola Soundburst di Australia!

photo: youtube

Eh, minggu lalu,23 maret 2011, Coca-cola kembali kasih surprise ke blogger dan jurnalis! Acara seru dari Coca-Cola, namanya 24 Hour Session. Ceritanya Selasa, 22 Maret 2011 waktu London, Maroon 5 tampil dari Studio Rekaman mereka di London.

Kita di Indonesia diajak ikut seru-seruan lewat live streaming di salah satu café di FX. Kita ngeliatin proses rekaman Maroon 5 bareng jurnalis dan blogger dari Asia dan Australia, salah satunya Soleh Solihun dari Rolling Stones, dan Endah dari Endah n Resa, sambil seru-seruan ngetweet pake hashtag #24maroon5. Serunya lagi, ternyata ada doorprize nonton konser Maroon Five di Bangkok tanggal 23 April nanti! Ngiri deh sama Dimas Novriandi yang dapet doorprizenya -_-‘

photo : wearepopslags.com

Itu Maroon 5! my favorite band! aarrgghh..pengen dapet tiketnya jugaaaa…

Tapi tetep ikut happy deh..

photo: youtube

Apalagi setelah jejingkrakan bareng temen-temen Kopdar Jakarta pas JRocks tampil! Musik JRocks emang bikin semangat banget, sampai-sampai kita, anak-anak Kopdar Jakarta pun meng-alay dan menggila di depan panggung. Itu beneran deh, pengalaman pertama jejingkrakan depan panggung! Ga kerasa kaki saya membiru gara-gara jatuh jejingkrakan. haha lucu..tapi senang!

Musik Coca-Cola emang selalu bikin seruu! happy! Selalu bikin semangat!

24 thoughts on “Coca-Cola & Musik: Selalu Bikin Happy, Selalu Bikin Fun!

  1. Jadi inget jaman SMA dl, sering dapet CocaCola gretongan pas ada mobil promo penuh dg berkrat-krat CC dateng ke sekolah demi menggaet pelanggan dr kalangan anak SMA

  2. Salam damai n sejahtera Leonisecret, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

  3. coca cola emang juara! sudah pioneer, juga selalu konsisten untuk agresif ya :)
    personally, i prefer coca cola compare to the other one, honsetly :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *