Copen, Sport Car Imut yang Jadi Perhatian Wisatawan

Siapa yang mimpi punya sport car semacam Ferrari? Saya sih yess! Pengen banget punya mobil sport atap terbuka gitu. Kayaknya keren  abiss! Nggak disangka-sangka, minggu kemarin angan-angan itu terwujud. Ya, walaupun belum memiliki, paling nggak sudah mencoba kendarai mobil sedan sport keren yang atapnya terbuka. Di Ubud pula! Gimana nggak impian banget, tuh :)

Jadi ceritanya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia gelar test drive Copen pada Kamis-Jumat, 28-29 Mei 2015 di Ubud, Bali. Kegiatan tes drive Copen ini diikuti oleh 17 jurnalis dan blogger, salah satunya saya :) ADM sengaja memilih Ubud karena dikenal dengan wilayah yang kaya akan karya seni, sama seperti Copen yang dibangun dengan hasrat seni yang tinggi.

“Produk ini berbeda, ini seperti karya seni, bentuknya lucu, imut dan fun styling. Ini sangat seperti karya seni. Kenapa Ubud, seperti kita tahu Ubud suatu desa dengan karya seni, ini adalah perpaduan antara produk kita yang memiliki karya seni di tempat yang juga memiliki ciri khas sebagai daerah seni, jadi keduanya merupakan perpaduan yang indah sekali,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Service Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Ada beberapa keistimewaan sedan sport coupe COPEN yang tidak dimiliki oleh kendaraan sejenis. Di antaranya:

  •  Konsep Fun Styling-nya yang paling saya suka!

Seperti yang disebutkan di awal tadi, adanya fitur convertible roof, juga 2-tone exterior color-nya (body color dan black color). Desain interiornya pun fun & sporty! Fitur Electric Convertible Roof yang  memungkinkan membuka atau menutup atap mobil dalam waktu sekitar 20 detik saat mobil sedang berhenti ini mewakili nama COPEN dengan maknanya “Community of OPEN life”. Fitur ini cerminan karakter  “fun and friendly” yang cocok dikendarai dan dikoleksi oleh eksekutif muda, seperti saya, kamu, kamu. Aheum :)

“Kalau punya impian memiliki sport car dan mau beli Ferrari itu harganya mahal sekali bisa miliaran, tapi Daihatsu menjual Copen tidak sampai segitu mahalnya, jadi ini adalah salah satu jawaban untuk orang yang mempunyai impian mengendarai sport car tapi tidak mau membayar seharga Ferrari.” ucap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM disela acara tes drive daihatsu Copen di Bali.

Fyi, harga Copen berkisar pada Rp 416.550.000,- untuk mobil pertama, hingga Rp 431.550.000,- (untuk CVT/Continous Variable Transmision). Menurut saya, sih, harganya cukup mahal untuk mobil sekelas sedan, dan murah untuk mobil sport semacamnya, tetapi cukup reasonable jika dilihat dari sudut lifestyle.

  • Fun to drive.

Struktur body D-Frame-nya punya keunggulan mampu jaga performa laju kendaraan dengan stabilitas tinggi, sekalipun rooftop dalam keadaan terbuka. Copen memiliki mesin berkapasitas 660 cc dilengkapi turbo intercooler dengan tenaga hingga 64 horse power. Fitur Electrical Throttle System-nya bikin hemat bahan bakar, loh, akselerasi mobil lebih halus. O ya, ada fitur keamanan modern berupa immobilizer juga.

  •  Advance Safety dengan fitur Active and Passive Safety, melindungi pengendara dari berbagai kemungkinan yang tak diharapkan.

Di antaranya: Brake Override System. Sistem yang otomatis akan mengabaikan signal pedal gas, apabila pedal rem & pedal gas terinjak secara bersamaan, sehingga pengereman kendaraan dapat dilakukan.

Emergency Stop Signal. Sistem yang otomatis memberikan tanda bahaya (lampu hazard) kepada pengemudi di belakang apabila terjadi pengereman keras saat kecepatan >60 km/jam. O ya, ada mikrofon kecil di depan meter cluster. Ini berfungsi untuk melakukan atau menerima telepon yang terintegrasi dengan sistem infotainment pada mobil, sehingga pengemudi atau penumpang bisa menelpon tanpa harus memegang ponsel. Untuk ponsel Samsung dan Sony, sudah bisa data exchange, jadi bisa dengarkan musik yang tersimpan di ponsel melalui speaker mobil via NFC.

Fyi, kabinnya cukup lega. O ya, Copen CVT didesain untuk kondisi jalan Jepang, loh..jadi jangan digunakan pada jalan berlobang atau berdebu. Bisa rusak nanti :)

Selama  2 hari di Ubud ini, kami diajak menjelajah berbagai destinasi kawasan Ubud dengan segala keunikannya. Menikmati berbagai aktifitas sosialita dan gaya hidup eksekutif muda yang penuh semangat, kreatif, dan tetap selalu menjaga gaya hidup sehat. Karakter Copen banget deh. Atau karakter saya banget? Hehe.

Copen Goes to Bali Day 1

Sebelum ke Ubud, kami memulai aktifitas di Kopi Bali House di kawasan jalan by pass untuk bersantai  merasakan nikmatnya berbagai jenis kopi khas Bali, sambil mendengarkan paparan lengkap mengenai feature dan performa sport coupe sedan Daihatsu Copen.

Konvoi Copen dimulai setelah makan siang di Laka Leke Hideaway Restaurant. Ada 12 unit Copen warna-warni yang diikutkan dalam konvoi test drive di Ubud ini. Warnanya antara lain: Yellow Metallic, Crystal Blue Metallic, Black Mica Metallic, Matador Red Pearl, Orange Metallic, Liquid Silver Metallic, Glittering Silver, dan Searl White.

Tiap mobil diisi dua penumpang berpasangan. Saya sendiri bersama rekan media dari Okezone. Konvoi Copen yang berwarna-warni dengan atap terbuka ini sukses jadi pusat perhatian wisatawan Ubud yang berada sepanjang Nyuh Kuning Ubud, Blanco Renaissance Museum, Maya Resort, Banjar Teges, Gua Gajah, dan berbagai sudut kota Ubud.

Banyak wisatawan yang memotret konvoi kami sambil mengagumi copen. B eberapa wisatawan asing saya dengar meneriakkan ‘Ferrari’ sambil melambaikan tangannya kepada kami. Haha. Kapan lagi jadi perhatian wisatawan asing gitu ya.

Lokasi pertama yang dituju konvoi adalah Blanco Renaissance Museum untuk menikmati puluhan lukisan maestro seni lukis legendaries Bali, Antonio Blanco. Di sana kami disambut para penari Bali. Di museum tepi sungai Campuhan ini, ratusan karya Antonio Blanco membasuh pengalaman spiritual kita tentang eksotisme perempuan Bali yang menjadi minat utama Antonio Blanco.

Aktifitas berikutnya menuju suatu lokasi eksotik di Ubud lainnya, yaitu Sang Spa. Di sini kami  dilayani dengan satu paket istimewa spa untuk melepas kepenatan sambil memanjakan diri dan melakukan perawatan tubuh. Menikmati suasana rileks bersama terapis berpengalaman. Masing-masing bebas memilih paket yang diinginkan. Saya  memilih paket pijat kombinasi+cuci rambut. Hasil dari spa ini bikin pikiran, tubuh, dan mood jadi kembali segar :)

Selesai spa, kami mengendarai Copen ke Maya Resort untuk beristirahat. Sampai kamar ternyata sudah disediakan tas besar berisi oleh-oleh khas Bali! Senangnya :3

O ya, saya suka kamarnya, classy! Hari pertama ini ditutup dengan jamuan makan fine dinning di Maya Hotel ditemani sinar bintang romantisme Ubud. Di sini ada dresscode-nya, loh. Jas untuk cowok, dan gaun malam warna hitam untuk yang cewek. Bikin penampilan kita semua jadi classy juga sesuai hotelnya.

Copen Goes to Bali Day 2 Hari ke-2 dimulai dengan mengikuti kelas yoga di Maya hotel. Gerakan yoga yang ringan sengaja dihadirkan untuk membawa perasaan serta pikiran terasa lebih santai dan relaks.

Copen pun menjadi perhatian wisatawan tamu hotel Maya saat diparkir berjejer di luar lobby. Beberapa turis asing berfoto bersama Copen atau bahkan mencoba masuk ke kabin, maju mundurkan jok, sambil selfie :)

Copen goes to Bali ini diakhiri dengan penjelajahan lifestyle Ubud lainnya yang juga ikon Bali, yaitu Restaurant Bebek Tepi Sawah. Di sini, selain closing acara, juga ada penyerahan hadiah lomba foto.

Ya, jadi selama test drive berlangsung, peserta bisa mengikutsertakan hasil bidikannya atau selfie bersama sport coupe sedan ini untuk dinilai panitia. Kategorinya ada Copen (product), aktivitas test drive, dan lifestyle.

Dan Alhamdulillah, hasil bidikan saya dipilih sebagai juara 3! Sementara foto hasil bidikan rekan dari Kompas media, dengan saya sebagai modelnya, yang diambil dengan kamera saya, haha, terpilih sebagai juara 1!

My lucky day :)

Terima kasih Daihatsu, saya dan teman-teman media benar-benar mendapat pengalaman lifestyle seru ala Ubud bersama Copen yang artistik, lucu, imut, fun, dan stylish..seperti saya.  Ehem  :) Dan tentunya, Copen sudah saya rekomendasikan  ke teman-teman  eksekutif muda yang berkarakter  “fun and friendly”..seperti saya. Hahaay! Dan mereka tertarik! :) Saya mau yang yellow metallic! Stand out kalau di keramaian :)

Kalau pembaca gimana? Tertarik juga?  

2 thoughts on “Copen, Sport Car Imut yang Jadi Perhatian Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *