Gaul Dengan Batik dan sarung, Indonesia Banget!

Siapa bilang batik cuma buat kondangan? Siapa takut pake sarungbuat gaul?

Kalau ngaku cinta Indonesia, kalo ngaku pendukung IndonesiaUnite, tunjukkan donk jati diri kamu sebagai anak muda Indonesia. Pakailah batik! Kenakan sarung! Hah, sarung?!

Sudah sinting apa ya, anak gaul kok pake sarung? Batik pula? emang mau kondangan?

Hmmm..itu dulu! Sekarang saatnya anak muda cinta budaya! Saatnya anak muda berkreasi secara positif untuk menunjukkan jati diri bangsanya!

Nah, dalam Jakarta Fashion Week 09/10, hari ke-2, tepatnya 15 Nopember 2009, ada satu perancang muda yang sangat kreatif dalam memadupadankan bahan-bahan khas Indonesia, menjadi busana-busana keren yang bergaya remaja banget, dia lah Lenny Agustin. Dengan brand ‘Lennor’, Lenny mengambil tema Playful life, yang terinspirasi oleh gaya hidup anak muda yang ceria, dinamis, dan ekspresif.

Koleksi Lennor meleburkan unsur-unsur yang khas Indonesia, yaitu motif wayang, boneka tradisional, dan flora fauna, ke dalam bentuk baru melalui tekhnik batik cap dan print, dipadukan dengan bahan-bahan jumputan, lurik, tenun,  dan sarung berwarna mencolok. Total koleksi yang ditampilkan Lenny di event JFW 09/10, yang diselenggarakan oleh Femina Group dan bertempat di Mall Pacific Place ini, sebanyak 30 busana. Koleksi Lennor memang keren, gaul, dan berjiwa muda banget!

Salut buat Lenny! Benar-benar pemikiran yang kreatif dan out of the box !

Pada hari ke-2 ini, ditampilkan koleksi lebih dari 20 perancang Indonesia yang tergabung dalam APPMI. Selain Lenny, rancangan Hengki Kawilarang juga menarik perhatian saya, karena koleksinya juga sangat Indonesia banget! Koleksi yang bertema Unlimited Paradise ini memadukan unsur modern dan tradisional, terinspirasi akan indahnya kain-kain tradisional di tengah modernitas kehidupan masa kini.  Bahan-bahan yang digunakan, antara lain, sarung Majalaya, tenun Jepara, batik dari bahan organdi, serta katun bermotif tenun ikat.

Guys, bener-bener deh, melihat koleksi-koleksi para desainer Indonesia di JFW 09/10 ini membuat saya berkesimpulan ‘jangan pernah memandang sebelah mata budaya dan karya kreasi anak bangsasendiri’.  Yakinlah, suatu saat kita bisa mewujudkan impian sebagai pusat mode di Asia! #IndonesiaUnite!

28 thoughts on “Gaul Dengan Batik dan sarung, Indonesia Banget!

  1. ah, menyenangkan sekali dapet informasi macem gini. sejak dulu benernya aku udah nunggu2 desainer bikin baju2 batik yg kreatif dan out of the box. cuman mungkin dulu orang2 pd belum berani nabrak pakem batik yg formal dan baju kondangan. hehe.

    tapi sayang, kapan itu pas lagi rame2nya tonijack’s dan hari batik, aku nggak dikasih burger gratisan karena cuman pake kaos dg motif batik. tetep harus pake kemeja batik… hihihi :D

  2. Setuju banget! Batik adalah bagian simbol jatidiri bangsa Indonesia begitu pula sarung. Lagipula sarung adalah salah satu busana bawah yg “memerdekakan” kita hehehe…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *