Gue Made In Social Media!

written by : Leonita Julian

Gue bahagia dengan diri gue, di saat apa yang gue lakukan bisa membantu banyak orang, di saat apa yang gue tulis bisa menginspirasi banyak pembaca, di saat apa yang gue kerjakan bisa menginspirasi generasi gue untuk melakukan hal yang sama atau bahkan lebih. Gue bahagia dengan diri gue, di saat gue membuat bangga orang-orang yang gue sayangi. Gue akan sangat bahagia dengan diri gue, di saat gue bisa beraksi untuk bangsa gue. Gue #Happy saat bisa membuat banyak orang #happy !

Mungkin saat ini semua impian itu belum tercapai 100%, tetapi cukuplah dengan bangga  saya bisa mengatakan “I’m happy being myself!”

I’m happy being myself, which I’ve never been before.

Dulu saya ingin menjadi orang lain, memiliki karakter orang lain, hanya mengiri dengan apa yang dimiliki orang lain, ingin hidup di dunia orang lain. Tidak bangga dengan diri saya.

Mungkin teman-teman juga pernah mengalami. Atau masih? Saya rasa hal itu wajar saat kita sedang mencari jati diri. Tapi..sampai kapan mau cari jati dirinya?

Tuhan menciptakan umatnya, pasti dengan segala kekurangan dan kelebihan. Jangan hanya terpaku pada kekurangan kita, semakin meratapi kekurangan, semakin bertambahlah kekurangan itu.

Kreatiflah! Cari kelebihan kita.. Bahkan terkadang dari hal yang disepelekan! Let me tell you something about myself…

“Gue made in Social Media!”

Yaa..mungkin itu istilah yang tepat untuk gambarkan bagaimana perjalanan hidup seorang Leonita Julian. Rasanya 1 April 2009 saya kembali dilahirkan, tepat saat saya launching blog leonisecret.com. Sebelumnya seorang leoni hanya dikenal di komunitasnya saja dan tidak berkembang, bekerja berdasarkan job yang ada, bukan bekerja berdasarkan passion.

Sejak hari itu, saya ikuti passion saya, menulis berdasarkan passion, memilih pekerjaan berdasarkan passion, dan menerima tawaran-tawaran pekerjaan yang ..Alhamdulillah..juga sesuai passion.  Happy!

Saya manfaatkan social media, twitter, facebook, blog, untuk memberikan semangat kepada teman-teman yang memerlukannya, baik tentang pengetahuan di seputar dunia digital maupun aksi sosial. Tentunya tidak hanya online tetapi juga offline. Tagline dari leonisecret.com sendiri adalah “Inspiring secret to brand your self”, di blog itu saya membagikan semua rahasia yang mungkin bisa menginspirasi teman-teman untuk membranding diri sendiri, supaya lebih memiliki ‘nilai’ positif.

Melalui aksi sosial #IndonesiaUnite, saya gunakan social media untuk broadcast pengumpulan bantuan bagi korban bencana atau mereka yang membutuhkan, atau hanya sekedar membagikan semangat. Saya bukan nasionalis sejati, saya hanya #happy melakukannya, saya #happy menolong sesama. Itu saja..Itu kepuasan sejati saya. Aksi sosial itu hanyalah ‘give back’ atas apa yang diberikan Tuhan kepada saya. Masih banyak orang yang jauh lebih tidak beruntung dari kita.

Saya manfaaatkan blog leonisecret.com untuk memberikan inspirasi bagi teman-teman muda, terutama ‘personal Branding’ untuk Y Generation. Thanks God, banyak pembaca yang mengaku mendapat inspirasi dari sana. Yang paling membuat saya #Happy adalah saat ada teman yang tiba-tiba bercerita bahwa ia berani memperkenalkan diri kepada banyak orang, bahkan jadi paham personal branding karena advice saya. Dan benar-benar, saya lihat ia semakin sukses saja sejak lebih percaya diri. Atau saat ada teman-teman di twitter atau facebook yang mengatakan bahwa ia mendapat banyak inspirasi setelah membaca blog saya. I’m happy in love with my acer, so tiap hari berkutat dan ber-kreatif ria dengannya!

WOW! Rasanya itu lah alasan saya hidup, membuat banyak orang #happy !

I’m #happy of being myself, karena semua tawaran pekerjaan dan job yang saya dapatkan juga dihasilkan dari social media! Bahkan kini pun teman-teman socmed juga berusaha membentuk ‘destiny’ aka jodoh saya dari twitter. haha. My name is started from my social media …and also my destiny? maybe?

Jadi kalau teman-teman menyepelekan social media dan semaunya di social media, hmmm…berarti termasuk orang-orang yang merugi..karena banyak mata yang memperhatikan akun socmed kita loh! Manfaatkan sebaik-baiknya untuk masa depan, siapa tahu…

Gue Made in Social Media! Yup, itu kalimat ‘nakal yang tepat untuk judul buku yang sedang saya tulis. Isinya? Tentunya tentang perjalanan hidup survive di social media hingga dikenal dalam waktu singkat. Tidak hanya dikenal, tetapi memanfaatkan secara positif, bahkan mendatangkan berbagai job. Tunggu updatenya ya.. follow aja @leonisecret di twitter.

Saya masih ingat saat blog saya dikritik oleh dosen saya karena saya katakan saya menjual nama melalui blog dan social media, beliau mengatakan ketidakyakinannya karena tidak ada brand yang tampak terang-terangan  dijual di situ. Dan saya bertahan dengan apa yang saya jalani.

Social media, bukan tentang sekedar ‘nama’ tapi tentang ‘karakter’. Bukan tentang ‘menjual keahlian’ tetapi lebih kepada ‘menjual story’! Itu kuncinya..

I’m happy of being myself, which I’ve never been before…karena saya tidak perlu lagi menjadi orang lain, hidup di dunia orang lain. Saya hanya perlu menjadi diri saya yang lebih baik. Be yourself, in positive way!

Kalau saya bisa, teman-teman pasti juga bisa!

8 thoughts on “Gue Made In Social Media!

  1. Pasar Indonesia memang unik sekaligus sadis!.Tentu saja saya punya beberapa account social media. Hanya sebagian kecil yang belum pernah saya bertemu muka secara nyata karena setiap ada request selalu saya perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *