Hadiah Semangat Positif Di Ultah Coca-Cola!

Story telling bisa jadi alat komunikasi yang paling kuat. Brand atau personal brand yang memiliki story menarik, baik dalam pendirian, perjalanan, atau kesuksesan, cenderung lebih mudah melakukan engagement, karena konsumen terikat secara emosional dengan kisahnya. Indeed, marketing is story telling.


Contoh menarik adalah Coca-cola. Brand ini konsisten dengan positioningnya membawa semangat yang positif. Setiap promo atau iklannya pastilah tidak jauh dari musik yang fun atau pesan yang inspiring. Konsistensi fun promo inilah yang membangun kedekatan antara brand dengan konsumen. Termasuk saya. Meski tidak kenal secara pribadi dengan orang-orang di belakang layar Coca-cola, saya merasa dekat dengan brand ini hanya gara-gara jingle iklannya yang bikin semangat. Apalagi setelah sempat beberapa kali hadiri event brand ini dan jalan-jalan bareng tim Coca-Cola di Bangkok bulan lalu, weeww..jadi berasa memiliki brand ini deh. Gimana ya…event Coca-Cola meskipun dalam bentuk sederhana, selalu aja fun!

1

Inget kalimat di salah satu jingle Coca-Cola ini…‘Whenever there is fun there’s always Coca-cola’ ?

Jingle ini sempet booming banget di Indonesia tahun 90-an dan bikin nancep di otak karena lirik dan melodinya yang catchy. Lirik ini sepertinya tepat mewakili aksi Donor Darah yang diselenggarakan Coca-Cola pada Mei 2011 lalu. Dalam berbuat kemanusiaan pun tetap tidak kehilangan unsur fun-nya!


Semangat positif, story telling, plus fun! Itulah yang saya tangkap dari event Aksi Donor Darah yang berlangsung di fX lifestyle X’nter, Jakarta, 23-24 Mei 2011 lalu. Aksi Donor Darah ini adalah kerjasama antara Coca-Cola dan Palang Merah Indonesia (PMI).


Fyi, event donor darah ini adalah hadiah Coca-Cola di Ultahnya yang ke 125 sekaligus peringatan Hari Palang Merah Sedunia ke-148. The Coca-Cola Company dan Palang Merah Internasional memang sudah menjadi mitra sejak 1917. Selama itu pula Coca-Cola dan Palang Merah aktif dalam berbagai aksi kemanusiaan di berbagai negara. Coca-Cola memang menegaskan Komitmennya untuk Sebarkan Semangat Positif di Indonesia.

“Kami senang dapat menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia selama 125 tahun. Untuk merayakan pencapaian ini, hari ini kita bersama-sama memberikan hadiah spesial kepada teman-teman yang membutuhkan – karena setiap 15 menit yang kita gunakan untuk mendonorkan darah, dapat menyelamatkan nyawa 3 saudara kita di Indonesia,” ujar Torsten Kuenzlen, Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia.


Di arena Coca-Cola yang serba merah ini ada booth Donor darah (tentunya) yang terdiri dari 4 bed pasien untuk pengambilan darah, 1 meja pendaftaran, dan 2 meja dokter sebagai pintu gerbang pengecekan darah. 2 Dokter inilah yang menentukan apakah kita lolos sebagai pendonor atau tidak. Dimulai dari cek timbangan badan, tekanan darah, dan cek Hb darah. Sebagai apresiasi, setiap pendonor mendapat tshirt dari bahan daur ulang botol plastik bekas dan buku sejarah Coca-Cola! Kurang kreatif apa coba? Apalagi ada pijat gratis bagi pendonor! Enak gat tuh!


Berangkat ke aksi ini dengan semangat 45 berharap hari itu saya bisa lakukan donor darah untuk pertama kali. Sebelumnya selalu gagal karena berat badan. Yup batas minimal pendonor adalah 45. Dan beraat badan saya saat ini paas banget 45 kg. Lolos donk. Dokter pun mengatakan tekanan darah saya bagus. Eh, ternyata pas pengecekan Hb, dokter bilang “Waduh, ga bisa donor nih!” Jiaahh, kecewa banget dehh..ternyata Hbnya kerendahan. Huhu -_-“


Untungnya di sini saya ngumpul bareng teman-teman, jadinya meski kecewa gagal donor, masih terhibur seru-seruan bareng mereka, belum lagi memang suasana event itu yang sarat hiburan. Di aksi Donor Darah Coca-Cola itu emang beda dengan donor darah lainnya. Full of Fun!


Begitu datang, kita dapet goodiebag keren! Ada botol Coca-Cola pertama, Hutchinson bottle tahun 18886 dan yang terbaru, aluminium bottle 2011. Begitu masuk ke boothnya, kita berasa naik mesin waktu. Ada wall of history, yang ceritain perjalanan panjang Coca-Cola selama 125 tahun, dari 1886 hingga 2011. Ada gambar foundernya loh. Ada juga memorabilia botol dan kaleng Coca-Cola berbagai bentuk selama 125 tahun. Pengunjung dapat melihat Coca-Cola dari beragam sisi. Mulai dari gaya hidup, olahraga, sosial, lingkungan hidup, serta musik.


Para pengunjung juga dapat menikmati hiburan musik dan permainan interaktif. Apalagi ada MC steny Agustaf yang paling suka jahilin pengunjung buat games. Hmmm..Kalau ada Steny, pasti gue kena deh.


Favorit saya adalah booth TVC Coca-Cola dari tahun ke tahun, keren banget! Jadi, ada TVC tahun 1940-an, modelnya 3 orang cheersleader, hihi. Amaze rasanya bisa nonton TVC jaman 40’an! Ada TVC kartunnya juga loh di tahun 50’an. Mungkin memang di jaman itu kartun Walt Disney lagi ngetrend banget yak. Cukup lama juga saya berhenti di booth yang satu ini, abisnya TVC Coca-Cola keren-keren sih, ga jaman dulu ga jaman sekarang. Semua temanya sama, bring spririt and happiness!

“Whenever there’s fun, ther’s always Coca-Cola”

7 thoughts on “Hadiah Semangat Positif Di Ultah Coca-Cola!

  1. coca cola kren juga yah kalo bikin event. btw, aku ada ide untuk buat SACOLA to SEKOLAH ( Science Activities with COcacoLA). yg dateng ke sekolah. seperti bikin roket air pake botol plastik cocacola, jadi nggak usah dibuang kalo abis beli. science show pake produk2 minuman cocacola company dll. bisa diakomodir nggak ya?

  2. Semenjak ada kulkaz coca-cola satu pintu yang baru di rumah saya penjualan makin meninggkat…..ya sdikit demi sdikit.tpi kulkaz coca-cola kren2…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *