Jakarta Fashion Week, Wujudkan Impian Pusat Mode Asia

written by: Leonita Julian

Bangga! Itu perasaan saya melihat foto artis cantik Hollywood, Jessica Alba, mengenakan gaun bermotif batik Parang Rusak. Cantik sekali! Saya pun tak keberatan mendengar pernyataan teman dari luar negeri, bahwa di negaranya, kain dan baju batik Indonesia harganya mahal.  Ya, sudah sepatutnya, batik memang barang mahal. Proses pembuatannya saja butuh ketelatenan yang luar biasa.

Kalau artis Hollywood mulai menggemari batik, artinya, dunia sudah melirik Indonesia dalam hal mode! Saya jadi berpikir, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali baju adat, bahkan mungkin yang terbanyak! Desainnya sangat beragam pola dan coraknya yang kesemuanya indah. So, sejak dulu nenek moyang kita memang perancang mode yang handal, kan! Hasil inspirasi mereka bahkan bisa lebih unik dan kreatif dibanding perancang-perancang mode internasional. Paling tidak, di Asia kita sudah mampu jadi juaranya.

Pemikiran juara ini ternyata telah mulai diwujudkan para pecinta mode tanah air.

Lebih dari 60 perancang busana berbakat dari berbagai daerah di Indonesia akan memamerkan rancangannya di event Jakarta Fashion Week (JFW). Acara yang digelar oleh Femina Group  pada tanggal 14-20 Nopember 2009 di One Pasific Place akan mempertemukan para fashionista, pemerhati mode, selebriti, media lokalserta internasional.


Gelaran JFW yang didukung penuh oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Departemen Perdagangan ini diharapkan akan mengangkat industri mode di Indonesia sehingga makin kompetitif dan dikenal dunia internasional. Ada yang menarik nih, Perancang Indonesia, Priyo Oktaviano dan Sebastian Gunawan, akan berkolaborasi dengan perancang India, Tarun Tahiliani dan Malini Ramani, dalam menampilkan karya-karya mereka yang sengaja dibuat untuk JFW 09/10. Kedua perancang India tersebut didatangkan ke Indonesia untuk memilih dan mengolah kain khas Indonesia. Sebaliknya, kedua perancang berbakat Indonesia didatangkan ke India dan memilih kain khas India untuk dirancang dengan sentuhan Indonesia.

Jadi, mari kita dukung Jakarta Fashion Week, mewujudkan impian sebagai pusat mode Asia! Bagaimana menurut pendapat teman-teman? #IndonesiaUnite ?

24 thoughts on “Jakarta Fashion Week, Wujudkan Impian Pusat Mode Asia

  1. sepertinya acaranya asyik tuh :D

    dulu di Jogja ada Clothing Festival.. alih2 jadi ajang pamer semua baju, yang ada hanya barang2 distro aja.. lebih ramean ragam baju etnisnya di Pameran Potensi Daerah malahan :D

  2. aku punya batik klasik n, kontemporer Madura,bisa gak sumbangin kain bwt d rancang?Bs lht d FBku sadhana devi,Batik ReRaWi…..ciri khas Pamekasan Madura….gaya etnik,naif……

  3. Pingback: JFW, Perkenalkan Negara dan Budaya Melalui Fashion | Leonisecret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *