Keuntungan Dan Kesalahan di Situs Pertemanan

Written by Leonita Julian

“Mereka anggap punya pacar yang dikenal lewat situs pertemanan tuh keren and ngetren! Repot kan?? Padahal belum tentu mereka bisa ketemu pacarnya tadi. Secara yang satu tinggal di gunung,satu lagi tinggal di kota.Duh repot deh..”

Begitulah keluhan teman saya, seorang guru daerah. Ia khawatir murid-muridnya salah paham dengan maksud situs pertemanan. Bila situs pertemanan dimanfaatkan untuk mencari sebanyak-banyaknya teman, meski dengan lawan jenis, mungkin tak bermasalah. Yang meresahkan adalah bila ABG-ABG cewek berkenalan dengan sesama ABG atau bahkan yang usianya lebih tua untuk dijadikan pacar!

Umumnya mereka begitu emosional, berbunga-bunga. Mereka anggap bila mendapatkan pacar yang kenal via situs pertemanan itu keren, sehingga sering pamer sesama teman via status updates. Kenyataannya, dengan lokasi yang berjauhan, belum tentu mereka bisa saling bertemu. Yang satu di daerah, yang lain di kota. Yang satu berbunga-bunga, yang lain entah sedang bersama siapa. Hanya melalui internet, belum tentu juga mereka bisa mengenal karakter si pacar.

Word can hurt you, if you let them. People say them and forget them!

Dalam usia ABG yang masih mencari jati diri atau masih labil, mereka masih belum paham benar mana yang salah dan benar. Mereka masih menikmati

masa muda yang mudah terayu dan berbunga-bunga, tanpa menyadari bahaya ke depannya. Terkadang bila dinasehati pun akan mudah tersinggung.

Meski tak jarang juga yang jadian bahkan menikah melalui internet, tetapi masih ingatkah peristiwa penculikan ABG yang berkenalan dengan pacarnya via facebook? Bagaimana bila terjadi pada mereka juga?

Bisakah teman-teman percaya dengan teman baru di facebook yang belum pernah kita temui? Ya kadang kita begitu mudahnya percaya tanpa mengenal lebih lanjut ya. Kalau untuk berteman sih tak masalah. Makin banyak teman dan networking makin baik. Tetapi kalau pakai perasaan a.k.a cinta, wah tunggu dulu!

Saran saya, to all the girls, sebelum membawa ke hati, pelajari benar-benar karakter teman lawan jenis itu, berdasarkan pengalaman, banyak juga teman-teman di facebook yang bertampang menarik memiliki orientasi yang berbeda dengan saya loh, mereka penyuka sesama jenis, bukan berarti semuanya ya. Ada pula yang tidak berani menemui kita, dalam artian, fisik yang dipamerkan di FB berbeda dengan kenyataannya. Atau kepribadiannya yang 180% berbeda dengan kenyataannya. So, becareful girls!

Social Media seharusnya ajang berteman dan networking, namun banyak juga menyalahgunakannya. Banyak terjadi kriminalitas yang dilakukan melalui facebook. Ada seorang gadis di Boston, USA, yang gantung diri akibat dihina habis-habisan oleh teman-temannya. Parah kan?!
Bukan berarti mengganggu orang di social media tidak ada ganjarannya loh. Seorang gadis di Bogor bernama Farah, pernah diganjar hukuman 5 bulan penjara dan 10 bulan masa percobaan, akibat pencemaran nama baik gadis yang lain. Dan masih banyak kasus yang serupa. Jadi, bijaklah m
enggunakan social media!

Nah, daripada kita salah gunakan social media atau untuk iseng buang-buang waktu saja, kenapa tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya? Social Media bisa jadi media untuk raih masa depanmu loh!

Berdasarkan pengalaman, berikut hal positif yang saya dapatkan dari social media:

  • · Ajang Reuni dan silaturahmi, banyak ketemu teman-teman lama sehingga terjalin lagi silaturahmi. Sudah banyak kejadian, keluarga yang terpisah lama, akhirnya bertemu karena penelusuran di facebook. Kita pun bertemu banyak teman-teman baru yang tanpa kita sadari mempengaruhi masa depan kita.
  • · Ilmu dan Info, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan melalui twitter atau facebook. Maksudnya, selain mempelajari komunikasi dan karakter orang, hehe, banyak ilmu baru yang saya dapat dari sharing link atau pengetahuan dan informasi dari status updates mereka yang saya follow. Bahkan seringkali info di twitter lebih up to date daripada info dari koran dan televisi. Tetapi tetap harus cek ricek ya.

  • · Networking, banyak tokoh-tokoh yang saya kenal via FB dan twitter. So, banyak juga tawaran kerja yang saya dapat akibat eksis di social media
  • · Job, saya mendapat berbagai pekerjaan dikarenakan keeksisan di socialmedia. Eksis? Tentunya yang bertanggung jawab donk. Jadi bukan hanya sekedar eksis, tetapi juga memperlihatkan keahlian kita yang positif.
  • · Personal Branding, kita bisa bentuk kepribadian kita di social media, bagaimana orang lain mempersepsikan diri kita. Tapi jangan kepribadian yang di’markup’ ya. Hehe. Bagaimanapun, cepat atau lambat orang akan mengetahui karakter kita yang asli. Tunjukkan keahlian kita. Share ilmu kita, karena makin banyak ilmu yang kita share ke orang lain, maka akan makin banyak pula orang yang mengetahui keahlian kita!
  • · Bantu sesama, melalui twitter dan facebook, saya bersama teman-teman melakukan aksi social #IndonesiaUnite dan mengumpulkan dana untuk membantu korban gempa, banjir, kebakaran, dan ketidakadilan, hanya melalui twitter dan facebook. So, dari account situs pertemanan yang biasanya hanya untuk main-main pun, kita bisa menyelamatkan banyak orang atau bahkan mengubah dunia!
  • · Raih impian, Jangan takut bermimpi! Berawal dari facebook, twitter, plus blog lah saya jadi bisa wujudkan impian saya sedikit demi sedikit, yang tadinya serasa mustahil. Pastikan kamu di track yang benar! Berusahalah ke sana! Kalau di film Inception kita bisa mengontrol mimpi kita, saya katakan, kita memang bisa mengontrol impian kita sehingga tidak hanya sekedar jadi mimpi tapi jadi kenyataan! You can build your dream and make it for real!

Apa yang saya lakukan atau dapatkan, bisa terjadi pada teman-teman kok..asal mau berusaha, berpikir kreatif dan cerdas, serta berani! Apalagi sekarang sudah banyak gadget yang menyediakan layanan fitur untuk eksis di social media. Masih belum bisa juga karena gadgetnya tidak didukung fitur semacam itu? Mudah solusinya!

When facebook’s so last year, then twitter is the king! So, eksislah di twitter! Sekarang ada layanan terbaru dari telkomsel khusus untuk pecinta twitter, euy!

Tak perlu khawatir meski di rumah ga ada koneksi internet atau lokasi kamu jauh dari warnet!

Di jaman eksis seperti sekarang, biarpun HP kamu ga ada internetnya atau susah cari wifi, kamu masih bisa ngetweet loh! Dengan layanan tseltweet, kamu masih bisa update status, direct massage, reply, dll. Tarif langganannya murah loh, hanya Rp 1500,- per minggu atau Rp 5000,- per bulan (belum termasuk pajak). Jangan mau ketinggalan! Makanya buruan ketik REG(spasi)TWIT kirim ke 89887 ! Atau hungi aja *363# buat aktifkaN twitter SMS!

So, Jadilah eksis dengan tetap bijak dan positif thingking!

22 thoughts on “Keuntungan Dan Kesalahan di Situs Pertemanan

  1. Betul sekali, Twitter memang memberi banyak inspirasi. Juga blog-blog yang saya follow. Termasuk blognya Kak Leoni. Tulisannya bagus-bagus.

    Salam kenal :)

  2. hehe tetep eksis ya,,ilustrasi gambarnya ada foto sendiri.. xixi

    btw setuju banget sama tulisan nya mba, bagi saya sekarang social media tempat untuk dapat inspirasi, yang suatu saat saya jg bisa jadi seperti mereka yang sekarang sudah banyak berkarya, lewat keeksisan mereka di social media. *keeksisan yang berguna tentunya,,

    keep posting 😀

  3. anak abg tanpa pengawasan orangtua mmg bisa salah menggunakan situs pertemanan
    ade2 ku jg masih kuawasin (–‘)
    takut aja ,mereka belum tau ganasnya dunia luar
    eh iya,layanan sms itu notifikasinya bakal bikin rame sms ga sih 😐

  4. Bisa juga nih tulisannya…
    Berawal dari deskripsi kesalahan-kesalahan yg umum dilakukan dalam penggunaan social media, hal-hal positif yang bisa didapat dari social media, sampai ke how to stay “eksis” di twitter dengan memanfaatkan layanan baru dari telkomsel 😀

    Whatever it is, yang penting tetep sharing yang bermanfaat ya sis.. Keep up the good work :)

    And so agree with this line:
    “So, Jadilah eksis dengan tetap bijak dan positif thinking!”

  5. Wuw…kalo soal jejaring susial…dimanfaatkan untuk yang baik-baik ajah ah…pengalaman buruk orang lain tetep dijadikan pelajaran supaya jadi lebih baik…kata-kata kadang bisa menjadi bom waktu… atuuutt

  6. Pingback: » Alat Bantu Twitter ituh.. tikabanget’s dagdigdug

  7. Pd situs prtemanan, seseorg bisa bangun citra diri baru & beda dr kehidupan seharinya. Yg pndiam, pemalu, kurang gaul atau apapun itu yg kurng pd diri seseorg bisa di poles disini sesuka hati, jd belum tentu profil yg dibentuk adalah aslinya. Nah, dampaknya trgantung apa tujuan dr masing2x org dlm situs prtemanan tsb.

  8. Mungkin ada beberapa yang Pro dan Kontra sama pendapat mbak Leoni.
    Kalau saya sendiri, hampir sama seperti yang mbak bilang dalam memakai layanan Social Networking. Tapi dalam membangun Networking bukan hanya dengan orang” terkenal saja ya kan? asalkan kita pandai memilih mana yang baik dijadikan teman dan tidak. Hal-hal yang tidak di inginkan bisa dihindari. Saya memakai FB, Twitter, Blog, menemukan beberapa teman baru (beberapa, mungkin bisa dihitung jari) dan beberapa kali kopi-darat bersama mereka. Semuanya berjalan lancar.

    Ya, pada intinya kembali kepada diri kita sendiri.
    Maaf kalo pendapat saya kurang berkenan =D

  9. social networking cuma alat berkomunikasi, mbak…ada yg bilang yg jauuh makin dekat, yg dekat serasa jauh walau tembok bata/ triplex menghalangi, hahahaha…semoga mbak memberikan inspirasi agar bertambah lagi ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *