Nggak Pede Pakai Rok Wanita? Ini Tips Menyiasatinya!

IMG_20181007_082852

Ada dua masalah yang bikin cewek enggan kenakan rok. Yang pertama, tidak terbiasa mengenakan rok wanita. Yang ke-2, nggak pede karena bentuk tubuh. Kamu yang mana? Saya, sih, pernah merasakan keduanya. Tapi sekarang sudah tahu tips mengatasi kekurangannya. Yuk, simak!

Ya, dua persoalan itu yang biasanya membuat cewek tak percaya diri memakai rok, hingga berimbas pada niat mengenakan rok hanya sekedar niat, tetapi koleksi rok yang sudah dibeli tetap menumpuk di almari tanpa pernah dipamerkan.

Saya pernah alami fase nggak pede pakai rok wanita karena tidak terbiasa. Padahal waktu sekolah selalu kenakan rok, loh, ya, tapi tetap saja ada fase tomboy itu. Terbiasa mengenakan outfit boyish, sehinggamerasa aneh jika harus menggunakan rok wanita, seperti keluar dari comfort zone.😁

Nah, untuk permasalahan ini, ada beberapa tips mix and match rok atau dress dengan outfit atau aksesoris tanpa meninggalkan kesan tomboy. Apalagi di jaman now, banyak contoh style untuk cewek tomboy yang keren banget, chic, tanpa kehilangan karakter tomboy-nya.😉

images (2)

pic by agathasarah

Rok/dress + Topi baseball

Biasanya cewek tomboy suka memakai topi baseball atau topi semacam. Untuk menyiasati keinginan mengenakan rok supaya lebih feminin tanpa meninggalkan khas tomboy dan tetap terlihat keren, coba kenakan rok mini dengan atasan t-shirt atau jaket jeans, jaket kulit, atau bomber, lalu dilengkapi dengan topi baseball tadi.

IMG_20181007_082815

Rok + Jaket jeans/kulit/bomber + angkle boot

Padukan mini dress hitam dengan jaket jeans atau jaket kulit. Lengkapi dengan angkle boot jika tidak ingin meninggalkan kesan boyish dan keren.

Rok + Tas Ransel + sneaker

Padukan rok mini ataupun rok lebar dengan tas Ransel dan sneaker. Dijamin kamu tetap terlihat tomboy, tetapi chic!

IMG_20181007_082801

Tetapi jika permasalahan kamu terletak pada minimnya kepercayaan diri karena merasa postur tubuh kurang bagus, atau kurang cocok mengenakan rok, berikut beberapa tips memilih rok yang sesuai dengan postur tubuhmu:

1. Bertubuh mungil
Sebenarnya bagi mereka yang bertubuh mungil, rok apapun cocok, apalagi jika panjangnya di atas lutut, karena bisa menyembunyikan mungilnya. Justru kalau bisa memilih model rok yang tepat, akan terlihat cute menggemaskan. Manfaatkan tubuh mungilmu!

Tetapi bukan berarti yang bertubuh kecil tidak pantas mengenakan rok midi atau rok dengan panjang di bawah lutut, loh. Apalagi sekarang sedang trend loose dress ala Jepang. Kebesaran pun bisa dimodif jadi keren.😁

IMG_20180923_171605_813

Atau bisa juga padukan rok tutu (model rok ballerina) dengan atasan semi formal. Pendek atau panjang, rok model ini memberikan kesan girly pada penggunanya. Contohnya pada foto di atas bagaimana saya mengenakannya.

Kalau tidak ingin terlihat terlalu kanak-kanak atau teens, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan atasan yang sedikit lebih formal, dipadukan dengan sepatu berhak tinggi.

01-52-45-tutu-skirt-mix-tile-grey_4661208_1_06767

Hindari pemakaian rok yang terlalu panjang dan rok flare yang terlalu panjang, karena rok yang terlalu panjang akan menenggelamkan tubuh, sementara rok flare yang lebar membuat tubuh tidak proporsional. Kecuali kamu berhijab, si

Solusi lainnya? Kenakan rok dengan detail lipit/pleated skirt, rok mengembang, rok bentuk tulip, atau rok menggelembung, sehingga bentuk tubuh akan tampak lebih berisi. Rok bermotif juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesan lebih berisi.

01-53-33-bhatara-batik-rok-midi-batik-print-desain-flare-multiwarna_4632861_1_25247

2. Tubuh buah Pear

Bentuk ini adalah yang bagian bawah lebih besar dari bagian perut ke atas.

Rok A-Line adalah pilihan paling pas! Bentuk rok yang mengembang bisa menutupi bagian pinggul yang lebar, sekaligus memberi kesan langsing karena mempertegas bentuk pinggang. Begitu pun dengan permasalahan pantat besar.

01-51-16-avanos-modern-midi-skirt-navy_4652990_1_87949

3. Kaki pendek

Rok pensil adalah solusinya! Rok model ini bisa memberikan kesan jenjang pada kaki yang pendek.

Rok mini di atas lutut atau rok pensil yang panjangnya di bawah lutut bisa memberi kesan tinggi dan ramping. Rok pensil juga paling pas untuk tipe tubuh hour Glass (jam pasir). Rok pensil akan menegaskan pinggang yang kecil, sekaligus memperhalus bentuk pantat yang besar.

01-51-50-rok-casual-zenia-hitam_4613816_1_22955
4. Tubuh boyish (kurang berisi)
Tubuh boyish memiliki bentuk pinggang, panggul, dan bahu yang sejajar, minim lekukan khas perempuan. Rok peplum dan pleated skirt adalah jawabannya.

Rok peplum memberi lekukan pada pinggang, sementara pleated skirt akan memberi kesan gembung pada pantat.

5. Bentuk tubuh segitiga terbalik
Bentuk badan ini memiliki bagian bahu lebih lebar dibandingkan dengan pinggang, sehingga membuat bahu terlihat besar.
Selain rok peplum yang memberikan lekukan pada tubuh bagian bawah, bisa juga memilih rok berwarna cerah dan bermotif ramai dengan detail kecil, sehingga menyeimbangkan atas dengan bawah, fokus mata pun berpindah ke bawah.

6. Berkaki panjang
Sebenarnya ini bukanlah kekurangan, justru sebaliknya, banyak yang mengharapkan. Ya, nggak? Namun tetap saja ada yang tidak pede karena merasa kakinya kepanjangan.

Untuk mereka yang memiliki kaki panjang, tetapi tidak percaya diri, kenakan rok dengan detail lipit atau pleated skirt, rok mengembang, rok bentuk tulip, rok menggelembung, sehingga bentuk tubuh akan tampak lebih berisi. Bentuk pinggul pun tersamarkan. Bisa dilengkapi juga dengan ikat pinggang besar. Peringatan, hindari mengenakan rok model potongan lurus untuk menghindari bentuk tubuh makin seperti penggaris lurus.

01-52-03-rok-jelita-payung-navy_4616178_1_55817

So, gimana? Masih ragu dan malu kenakan rok wanita? Tak perlu lagi. Kenakanlah rok yang sesuai dengan postur tubuhmu atau mix and match dengan outfit dan aksesoris yang menjaga karaktermu! Bingung cari rok yang tepat? Tak perlu kuatir! Banyak pilihan model rok wanita di koleksi rok wanita
Kualitas oke, harganya pun terjangkau.😉

*Sumber foto: mataharimall.com, agathasarah.com, dan koleksi pribadi.dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *