Pantai Santolo Favorit Garut

20170227_211610

Awalnya saya menyangka Garut adalah dataran tinggi yang dipenuhi pegunungan indah saja, tapi ternyata kota ini juga memiliki pantai yang indah! Pantai Santolo adalah salah satu favoritnya.


Pantai Santolo merupakan sebuah pantai berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang.

Selain bisa menikmati pesona pantainya, pengunjung juga bisa melihat aktivitas para nelayan tradisional di pantai ini. Ya, pantai Santolo merupakan salah satu lokasi kegiatan para nelayan tradisional di Garut.

20170227_205807Di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang namanya sama dengan nama pantai, Sontolo. Para pengunjung bisa ke pulau ini dengan menyewa perahu nelayan.

Pantai Santolo merupakan hilir dari sungai Cilauteureun. Uniknya, saat sedang pasang, air lautnya justru akan mengalir menuju hilir sungai. Melanggar hukum alam banget ya. Fenomena ini terjadi karna posisi hilir sungai yang lebih rendah dari bibir pantai.

IMG_20170224_173753_424Karena jaraknya yang jauh dari kota Garut, sekitar 88 km, atau 3,5 jam perjalanan, maka saya sarankan bermalam saja di sekitar pantai daripada buang waktu di jalan dan singkat waktu di pantai. Penginapan dan rumah makan bertebaran di sisi pantai.
Kita bisa menyewa losmen yang banyak tersedia di sekitar pantai dengan harga kelas melati. Mau penginapan ber AC juga ada, dengan tarif yang lebih mahal tentunya.

Jika cuaca sedang tidak mendung, panorama sunset di Pantai Sentolo patut ditunggu.

IMG_20170227_195906_450

Walaupun fasilitas di tempat wisata ini masih alakadarnya, namun lumayan bersih dan rapi. Cukup banyak toilet umum. Saat musim liburan, pantai ini penuh pengunjung, tetapi saat kami ke sana kemarin, cukup sepi. Mungkin karena weekday.

20170227_205827

Lokasi wisata ini dekat dengan balai pengujian roket yang dikelola oleh LAPAN.
Santolo bisa dituju melalui jalur selatan kota Bandung (Pangalengan-Cisewu-Rancabuaya-Santolo) atau melalui jalur Garut-Cikajang-Pameungpeuk-Santolo.
Jalur dari Garut inilah yang kami lalui dan banyak dilalui oleh kendaraan umum lainnya. Walaupun melintasi kebun teh serta hutan, namun cukup aman dan nyaman untuk dilalui.

IMG_20170227_025426_639

Tips traveling ke Pantai Santolo:

1. Karena perjalan yang cukup jauh dari kota dan medan yang lumayan menantang sepanjang perjalanan, pastikan kondisi kendaraan cukup prima.
2. Siapkan antimo atau anti obat anti mabok dan masuk angin, karena perjalanannya panjang dan sangat berliku-liku tajam. Apalagi bila duduk di bangku belakang mobil, pasti bakal terasa guncangannya banget. Makanan yang habis dimakan bakal naik dan bikin muntah. Ya, itu yang terjadi pada saya. 😅😅
3. Jangan lupa pakai sunscreen atau sunblock
4.  Hati-hati bila bermain air dan ombak di tepi pantai, karena di waktu-waktu tertentu, ketinggian ombak di tepian bisa mencapai 1-1,5 meter.
5. Jangan membawa barang berharga dan mudah hanyut ketika bermain ombak di pantai, karena ombak besarnya sering menyapu pantai.

2 thoughts on “Pantai Santolo Favorit Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *