Pantai Suluban, Primadona Para Peselancar

20171127_101458

Bali sepertinya tak pernah kehabisan ide untuk menghibur penikmatnya. Begitu pun dengan pantainya. Mau jenis pantai apa saja, dari pantai berpasir gelap, pantai pasir putih, hingga pantai karang, pantai di bawah tebing, semuanya ada. Semuanya indah. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Nah, kali ini saya ingin merekomendasikan sebuah pantai berkarang di bawah tebing, yang jadi primadona para surfer. Sudah berkenalan dengan Suluban beach?

20171127_103858

Pantai Suluban atau yang biasa disebut Blue Point beach oleh para turis, karena terdapat Blue Point Bay Villas & Spa, ini terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali, atau sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Kalau mengenal Pantai Dreamland, Pura Uluwatu atau Padang Padang beach, Pantai Suluban ini berdekatan dengan tempat-tempat wisata hits itu.

20171127_102751

Pantai ini terletak di bawah tebing, sehingga untuk mencapainya, kita harus menuruni anak tangga yang cukup panjang ke bawah tebing.

2017-11-27-09-42-52-493Sebelum turun, di atas tebing akan ada banyak kafe dan beach club, di mana kita bisa nongkrong menikmati pemandangan pantai dari atas, apalagi bila laut pasang.

20171127_081007

Pic by Nicko

Tidak hanya menawarkan gelombang laut yang sangat menantang, pantai ini juga menawarkan keindahan pasir putih yang dikelilingi oleh batu karang yang menjulang tinggi.

Juga bisa melihat ikan berenang di kolam-kolam kecil pinggir pantainya yang terbentuk secara natural.
Pantai ini juga dikenal dengan sunsetnya, karena pantai menghadap ke arah barat, seperti Pantai Dreamland dan Padang Padang.

20171127_103541

Pantai indah ini tersembunyi dibalik batu- batu karang terjal yang berukuran besar, seperti layaknya pantai-pantai yang berlokasi di daerah Uluwatu lainnya, hidden beach, sehingga bisa berjemur dengan aman.

20171128_053730

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di bawah tebing ini harus memasuki celah-celah tebing yang tergolong sempit. Namun sebelumnya harus menuruni anak tangga yang banyak. Begitu sampai di ujung anak tangga terbawah kita akan disuguhi pemandangan di dalam gua karang, di mana banyak ditemukan sarang burung wallet menempel di atas dinding karangnya. Suluban sendiri berasal dari bahasa Bali yang artinya ‘lewat di bawah sesuatu’ atau mesulub.

20171127_103039

Jika air laut sedang pasang, gua ini akan dipenuhi air laut. Tetapi bila air laut normal, tak jarang ada rombongan turis yang berkemah di sini sambil membuat api unggun di malam hari. Kadang bisa bertemu dengan kera si penghuni aslinya juga.

20171127_103558

Melihat karakter air lautnya yang biru jernih dengan gelombang yang besar hingga tepi pantainya, tentu berjalan di tepi pantai saja tidak akan cukup untuk menikmatinya. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata primadona para peselancar, karena gelombangnya yang cukup menantang dan tidak mudah pecah hingga tepi pantai. Kalau bukan peselancar, paling tidak kita bisa puas bermain air hingga basah seluruh badan.

20171127_102532Gugusan karangnya saja harus siap terkena hempasan ombak yang menerjang, apalagi manusia. Walaupun berencana basah-basahan setengah badan saja, pada akhirnya seluruh baju saya basah terhantam ombak.😅
Hati-hati saat berjalan karangnya agak licin, belum lagi tubuh kita harus melawan ombak besarnya. Tetapi seru!

4

Pic by Nicko

Tantangan lainnya adalah tantangan untuk menapaki tangga saat akan kembali ke atas tebing. Anak tangganya sama, sih, dengan awal, namun lebih terasa berat saat harus kembali dari hidden beach.😅

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *