Pesta Diskon di Pasar iDea, Harbolnas Kopdar Online to Offline

 

Pasar iDea

Pernah kena tipu online shop? Atau pernah kecewa dengan barang yang dikirim karena tidak sesuai bahannya atau bentuknya dengan yang di-display di online? Mungkin banyak yang mengalami. Inilah yang memicu timbulnya trust issue pada transaksi online. Ini juga yang menjadi alasan digelarnya Pasar iDea, di mana konsumen bisa kopdar dengan online seller, membawa online ke offline.

Belanja Pintar Produk Lokal di Pasar iDea

Baru kali ini menemukan baju seharga Rp12ribu di pameran gede! 😲

Yes, 15 Agustus 2019 lalu saya menyempatkan datang ke Pasar iDea di hari pertamanya. Ini semacam pesta harbolnas offline yang berlangsung selama 4 hari! Penuh diskon.

Pasar iDea

Pasar idEA yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Hall A & B, pada 15-18 Agustus 2019 ini merupakan festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia. Sejumlah e-commerce terlibat di event ini seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi.

Pasar iDea

Menurut Ignatius Untung, Ketua idEA, event ini dibuat karena adanya trust issue terhadap online shop platform atau transaksi online seperti yang saya sebut di awal tadi. Jadi diharapkan event ini bisa membangun kepercayaan kepada masyarakat yang belum percaya dengan transaksi online. Di sini, kan, konsumen bisa tatap muka langsung seller-nya, lihat langsung barangnya.

Acara ini semacam pesta diskon dari banyak marketplace nge-hits yang biasanya di online, di sini kopdar offline-nya.

Pasar iDea

Tokopedia, misalnya, kalau ikutan gimmick foto di booth-nya bisa mendapatkan voucher Rp5000,- sampai dengan discount 90%!

Selain gimmick foto, pengunjung juga diminta bikin quote atau mengisi mimpi. Mereka bisa mendapatkan voucher 90% hingga hadiah notebook setelah posting foto ke social medianya.

Pasar iDea

Jadi, yang punya aplikasi dan akun tokopedia, wajib dimanfaatkan di sini! Begitupun dengan platform online shop lainnya yang menyediakan berbagai gimmick di booth masing-masing dengan hadiah berupa voucher atau souvenir. Yang penting sudah punya akun dan aplikasinya.

“Kak, punya akun lazada/Blibli/tokopedia/shopee/bukalapak/elevania, nggak? Ada aplikasinya di handphone kakak? Butuh fotonya, nih, kak, nanti bisa dapat…” 

Begitulah yang rata-rata pertanyaan yang diajukan oleh para SPG begitu lihat kita lewat depan booth-nya. 😁

Untuk souvenir-nya yang bisa kamu bawa pulang, antara lain gelas, mug, pulpen, boneka, bantal, kopi, sendok sumpit, tumbler, dan lain-lain. Lumayan, kan?!

Tokopedia yang sukses gerakkan 1% dari GDP Indonesia pada 2018, di event ini mengusung tema “Inspirasi” yang menampilkan cerita sukses para seller.
Tokopedia sudah memiliki lebih dari 6,2 juta penjual yang meng-cover 85% kecamatan di Indonesia dan 90 juta kunjungan.
Tokopedia bisa berkembang seperti itu tentu karena merchant-nya berkembang, itulah mengapa diambil tema inspirasi.

Pasar iDea

Beda lagi dengan blibli.
Melihat kebutuhan jalan-jalan yang sudah menjadi lifestyle millenials, Blibli bekerjasama dengan Kemenpar untuk menaikkan pariwisata Indonesia.
Sekarang di Blibli ada kategori travel yang menyediakan kebutuhan pendukung travel, seperti tiket, tour guide, travel documents, travel assistance, driver, dan lainnya.

Pasar iDea

Blibli di travel fest offline pertamanya di pasar iDea ini menyediakan discount up to 80% atau max Rp1,8juta. Serba 8 karena tshun ini Blibli merayakan ulang tahunnya yang ke-8.

Pasar iDea

Banyak booth UMKM merchant dari Tokopedia dan Blibli yang memamerkan produknya, sekaligus ikut meramaikan diskon gede, loh. Ya itu tadi, ada baju seharga Rp12ribu!

Pasar iDea

Yang menyenangkan lagi, ada ice cream potong ala Singapore, yang biasanya dijual seharga Rp15ribu, di event ini hanya Rp5000! 💞
Saya juga beli coklat tempe seharga Rp10.000,- atau Rp50.000,- untuk 6 coklat tempe atau kopi!

Pasar iDea

Oya, di sini juga banyak kelas workshop bersama @ideassociation, seperti tips membuat konten menarik, membuat laporan rugi laba atau laporan keuangan, tips beriklan vs non beriklan, memahami karakter marketplace, peluang buka pasar global, tips jualan di YouTube untuk UMKM, kelas instagram, Facebook, dan lainnya, yang bisa diikuti mereka yang mau jadi wirausaha atau sedang mengembangkan usahanya.

Pasar iDea

Pemerintah Hanya Sebagai Fasilitator

Menteri Kominfo Rudiantara dalam sambutannya di opening ceremony Pasar iDea mengatakan bahwa
Pemerintah mendukung cara baru dalam menghadapi ekonomi digital, dan berpindah peran dari regulator menjadi fasilitator, bahkan akselelator dalam ekonomi digital. Pemerintah bertemu anak-anak muda, membahas keinginan mereka dan kebijakan apa yang dimau.

Dari sisi regulasi, pemerintah mendukung idEA untuk memiliki Safe Regulatory Organization (SRO). idEA harus mengakreditasi anggota sendiri, jangan pemerintah. Pemerintah memfasilitasi tumbuhnya start up digital dan mengakselerasi unicorn-unicorn baru.

Pasar iDea

Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia yang menerapkan kebijakan Safe Harbour Policy untuk melindungi para pelaku e-commerce. Kebijakan yang dibuat hanya bersifat antisipatif.

Jika Indonesia memiliki kebijakan keberpihakan pada UKM yang dikawinkan dengan digital, maka pada 2030 new GDP kita akan mencapai Rp140 miliar untuk support 26 juta lapangan pekerjaan.

Pasar iDea

Yuuk buruan borong-borong #belanjapintarproduklokal di Pasar iDea di JCC Hall A yang kualitasnya nggak kalah dengan produk internasional. ada lomba makan cendol, loh!

Pasar iDea

Ada juga live doodle, games berhadiah, bisa main games online juga.
Harga tiketnya hanya Rp35ribu, sudah bisa nikmati festival belanja Online to Offline pertama di Indonesia, plus bisa dapat langsung voucher makan dari @eatigo_id senilai Rp120ribu, hanya dengan menukarkan tiket masuk di meja informasi di dalam Pasar idEA. Bahkan pada hari Sabtu dan Minggu, free entry! Pengunjung tidak perlu membeli tiket lagi.😃
Masih sampai hari Minggu, loh, jam 10 pagi sampe 10 malem! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *