Review Bioderma BlueCare untuk Kulit Kering & Dehidrasi

Siapa yang males merawat wajah selama karantina mandiri akibat Covid-19 dengan alasan nggak ketemu orang?
Oke, saya mengaku mengurangi perawatan selama self quarantine, bukan karena alasan rebahan, tapi karena sibuk bangun bisnis kuliner keluarga, jadinya masak mulu jadi lupa buat perawatan. Bagusnya, karena sibuk, jadi nggak banyak pegang wajah, kulit muka pun bersih tanpa jerawat. Bukan berarti sama sekali nggak dirawat, loh, karena meski jerawat nol, tetapi kalau nggak pakai skincare, kulit wajah bisa mengalami dehidrasi atau mengering, dan nggak lembab. Nanti keluar karantina bisa bulukan kulitnya.😆 Jadi skincare is a must ya!

Kebetulan minggu lalu saya dapat kiriman rangkaian skincare Bioderma ‘BlueCare for All’ dari Clozette Indonesia.

Dengar nama Bioderma saja sudah jaminan ya. Produk skincare asal Prancis memang dikenal memiliki kandungan yang sangat aman, karena diformulasikan oleh ahli biologi dan dermatologis, jadi sudah teruji. 👌

BlueCare Package ini paket perawatan kulit wajah dan tubuh dari Bioderma untuk membantu merawat kesehatan kulit dengan cara Cleanse, Hydrate dan Moisturize. Selain packaging-nya berwarna biru, nama ‘Blue’ sendiri merupakan simbol ketenangan, kepercayaan diri, dan kedamaian. Diharapkan BlueCare Package nyaman saat digunakan dan membuat penggunanya merasa lebih percaya diri. BlueCare bertujuan memberi rasa tenang, terutama di masa pandemi seperti sekarang, di mana kita makin mengutamakan kesehatan, baik tubuh maupun kulit.

BlueCare diharapkan menjadi solusi masalah kulit kering, dehidrasi, dan kelembaban kulit yang berkurang, bukan berarti tidak cocok untuk selain kulit kering. Kulit wajah saya sendiri normal cenderung berminyak, namun selama karantina jadi berkurang minyaknya dan cenderung kering, terutama kulit tubuh. Mungkin karena perubahan lifestyle, pola makan, dan lebih banyak terpapar AC, bukan terpapar sinar matahari. Untungnya tidak timbul jerawat. So, hadirnya Bioderma Bluecare ini bisa dibilang tepat waktu.

Box Bioderma Bluecare ini terdiri dari 6 produk Bioderma Atoderm dan Hydrabio series.

Bioderma Hydrabio


Bioderma Hydrabio merupakan rangkaian skincare untuk permasalahan kulit dehidrasi dan kusam, Dengan kandungan utama Aquagenium. Aquagenium yang sudah dipatenkan untuk semua produk Hydrabio ini bisa membantu kulit mempertahankan kelembaban alami, meningkatkan sirkulasi air di area kulit wajah, dan meningkatkan skin barrier.

Ngomong-ngomong soal skin barrier ini seperti imun yang melindungi kita saat covid-19 melanda. Bisa jadi kita terpapar virusnya, tetapi karena imun kita kuat, maka kita tidak mudah tertular. Begitupun kulit.
Skin barrier ini garda terdepan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal, seperti polusi, sinar UV, bahan kimia berbahaya, atau bakteri.
Kalau skin barrier rusak, kulit dapat dengan mudah mendapat pengaruh negatif dari faktor eksternal ini.
Kalau skin barrier meningkat, ya jadi tidak mudah terkena penyakit kulit meski seharusnya terpapar sumber penyakitnya. Jadi, Menjaga dan meningkatkan skin barrier itu penting banget.

Rangkaian Bioderma Hydrabio yang saya terima, terdiri dari:

1. Bioderma Hydrabio H2O Micellar Water

Cleansing water, pembersih dan makeup tanpa bilas, dengan teknologi Micellar untuk mempertahankan kelembaban kulit.
Hydrabio H2O Micellar Water saya gunakan untuk step pertama saat double cleansing, sebelum facial foam.

Cara pemakaian:
*Teteskan di kapas
*Bersihkan make-up di wajah dan mata
*Biarkan tanpa dibilas

Waktu ditanya mana yang jadi favorit, saya langsung pilih make up remover ini, padahal baru coba. Alasannya, mudah angkat make up dan setelahnya bikin kulit jadi lembap dan fresh!

Micellar Water Hydrabio ini memang bukan hanya membersihkan wajah atau mengangkat make up, juga berfungsi menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit wajah. Make up remover ini juga aman banget, nggak bikin gatal apalagi bruntusan.

Tips:
Jangan digosok langsung saat membersihkan make up waterproof. Kompres dahulu supaya nodanya rontok. Menggosok langsung bisa membuat luka, selain juga jadi tidak bersih karena base-nya water tidak secepat base oil. Tapi menurut saya, micellar water ini sudah cukup bisa menghapus segala dosa-dosa make-up.

Meski cukup pricey, tapi worth banget untuk yang memiliki kulit sensitif dan super kering. Sesuai kebutuhan kamu banget. Kemasan 100 ml-nya yang bening pun travel friendly.

2. Bioderma Hydrabio Essence Lotion

Namanya lotion, tetapi tekstur Hydrabio Essence ini cair seperti air, sama sekali tidak lengket. Bioderma Hydrabio Essence Lotion ini memang berfungsi seperti toner untuk membantu menghidrasi sekaligus mencerahkan kulit kusam. Kadang bingung apakah masuk step toner atau essence.

Cara pemakaian:
*Gunakan setelah cuci wajah
*Tuang isinya ke kapas, lalu tap-tap ke wajah. Atau..
*Tuang sedikit ke telapak tangan/jari, lalu tap-tap ke wajah, terutama area yang kering.

Recommended untuk yang memiliki kulit kering atau dehidrasi, karena merupakan radiance booster yang bisa mengunci kadar air untuk memaksimalkan skincare setelahnya.  Jika dipakai sebelum ber-make up, bisa membuat make up terasa lebih awet dan nge-blend.

Essence lotion yang cepat meresap ini sepertinya bisa juga digunakan sebagai kompres wajah, terutama untuk area yang kering. Suka aromanya, soft, segar, bikin relax dan refresh.

So far, nggak bikin muka saya makin berminyak atau timbul efek buruk.

3. Bioderma Hydrabio Serum

Bioderma Hydrabio Serum ini berfungsi untuk meningkatkan hidrasi dan menjaga pertahanan kulit atau skin barrier. Teksturnya semacam gel bening dan mudah diserap kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.

Meski lebih maksimal bagi kulit dehidrasi atau kulit kering, namun serum ini memiliki kandungan non-comedogenic dan hypoallergenic, jadi bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Serum ini dikemas dalam botol pump dan lengkap dengan tutup, sehingga tidak mudah kotor. Saya suka aromanya yang calming.

Hydrabio Serum digunakan setelah cuci wajah dan menggunakan Essence Lotion.

Cara pemakaian:
*Dipakai setelah mencuci wajah dan menggunakan essence, serta sebelum mengaplikasikan krim pelembab, karena berfungsi mengunci kelembapan alami kulit.
*Pompa isinya, keluarkan di jari sedikit saja, lalu usapkan ke seluruh wajah secara merata sambil dipijit pelan.

Yang juga saya suka, serum ini mudah cepat sekali meresap. Meski berbentuk gel, tetapi begitu sampai permukaan kulit, akan segera lumer. Ada sedikit sensasi adem juga saat diaplikasikan.

Oya, serum ini bisa juga dipakai sebagai primer under make up. Tidak mengganggu makeup dan nggak bikin geser, tahan lama, dan bikin dewy finish gitu.

Kalau dipakai rutin, selain melembabkan, tentu bisa membuat kulit jadi lebih halus dan lebih cerah, tekstur kulit pun jadi makin kenyal, serta seimbang kadar air dan minyaknya. So, harganya pricey sesuai dengan kualitasnya.


Bioderma Atoderm

Bioderma Atoderm dihadirkan sebagai solusi untuk pemilik kulit kering hingga kulit sensitif yang atopic. Cara kerjanya dengan menumbuhkan kembali lapisan hydrolipid kulit yang sebelumnya mengalami dehidrasi atau berkurang kelembapannya.

Rangkaian Bioderma Atoderm yang saya terima, terdiri dari:

1. Bioderma Atoderm Crème

Bioderma Atoderm Crème ini krim pelembab wajah dan tubuh yang teksturnya seperti lotion yang berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit sekaligus menjaga dan merawatnya.

Krim pelembab ini lebih sering saya aplikasikan di tubuh karena problem kulit kering dan dehidrasinya lebih ke kulit tubuh daripada wajah, apalagi dengan essence dan serum sudah cukup untuk kulit wajah saya. Bioderma Atoderm Crème saya aplikasikan ke area tubuh yang benar-benar kering.

Hati-hati saat membuka tutup tube-nya, karena lotion-nya mudah tumpah-tumpah. Awal diaplikasikan akan terasa lengket tapi setelah diratakan akan meresap dengan cepat.

  Sebab kondisi kulit kering bisa memicu penuaan dini, seperti muncul kerutan atau keriput

Krim yang mengandung hyaluronic acid ini tanpa fragrance dan tanpa parabens. Enak dipakai di tubuh setelah mandi. Bikin kulit lembab dan halus seharian. Kalau dipakai di kulit muka pada malam harinya bakal bikin muka kenyel dan lembut paginya.

2. Bioderma Atoderm Gel Douche

Bioderma Atoderm Gel Douche disebut juga Bioderma Shower Gel. Digunakan sebagai pembersih wajah dan badan dengan sedikit sekali busa, jadi aman untuk pemilik kulit kering, nggak bikin kulit makin kering, ketarik, atau alergi.

Bioderma Atoderm Gel ini aman untuk segala usia, mulai dari bayi, anak-anak hingga dewasa. Aromanya fresh. Pembersih ini cocok untuk kulit kering atau yang sedang breakout.

3. Bioderma Stick Levres

Lip balm yang jadi salah satu favorit saya, karena selain memang sedang saya butuhjan untuk bibir yang mengering, juga karena benar-benar melembabkan dan tanpa rasa. Super moist.

Namanya lotion, tetapi tekstur Hydrabio Essence ini cair seperti air, sama sekali tidak lengket. Bioderma Hydrabio Essence Lotion ini memang berfungsi seperti toner untuk membantu menghidrasi sekaligus mencerahkan kulit kusam. Kadang bingung apakah masuk step toner atau essence.

Lip balm ini cocok untuk bibir super kering dan pecah-pecah, atau sekadar untuk mengembalikan kelembaban. Lembabnya lebih masuk ke bibir bukan sekadar menempel sejenak.

Bioderma Lip Balm ini teskturnya stick putih, tanpa rasa tanpa warna. Cara pemakaiannya cukup diaplikasikan seperti saat mengaplikasikan lipstick.

Bisa juga digunakan sebagai alas bibir sebelum menggunakan lipstick atau lipcreme. Tidak ada waktu khusus untuk mengaplikasikan lipbalm ini, jadi bisa kapan pun saat bibir kering atau mengelupas, sehingga bibir lebih lembab dan lembut. Atau dioleskan malam hari sebelum tidur, sehingga pagi harinya bibir jadi lembut dan lembab. Dipakai sebelum pakai lipstick bisa bikin lipstik lebih stay tidak bergeser.

Itu tadi review 6 skincare dari Bioderma Bluecare for All Series, Hydrabio dan Atoderm, yang berfungsi untuk menghidrasi kulit serta menjaga kelembapannya. Rata-rata skincare-nya mudah meresap dan cocok banget untuk permasalahan kulit kering dan dehidrasi. Gimana? Penasaran? Atau sudah ada yang mencoba dan menikmati hasilnya, bisa di-share di sini.😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *