Review Carousell, Aplikasi Jual Beli Paling Simple

20170618_141314

Bingung mau jual baju layak pakai yang sudah over memenuhi almari? Atau jual barang elektronik? Atau jual barang seni karya sendiri? Atau bingung cuci gudang barang untuk memudahkan pindahan rumah? Nah, yang terakhir itu yang saya alami. Sempat bingung kurangi barang bawaan untuk pindahan, sementara barang terrrrrlalu banyak. Akhirnya dapat solusinya, cuman jualan pake hape, barang pun terjual satu persatu. Lumayan hasilnya bisa buat biaya pindahan. Mau tahu caranya? Pake apps simpel ini!

Jadi ceritanya, bulan Mei lalu saya berencana kirim barang-barang dari Jakarta ke Surabaya. Permasalahannya, barang saya itu banyaaak banget. Sebagian barang akhirnya saya bagi-bagikan untuk penjaga rumah, sebagian saya sumbangkan, dan sebagian lagi saya jual.

Jujur aja saya pakai beberapa apps jual beli. Saya sempat tanya sana sini soal garage sale. Ada yang anjurin ikutan offline garage sale, ada yang anjurin pake apps ini itu, dan ada juga yang rekomendasikan Carousell. Untuk offline garage sale tidak saya lakukan karena waktu yang terbatas.

Di semua apps jual beli itu beberapa barang saya sukses terjual terutama yang elektronik. Tetapi…berdasar pengalaman, carousell adalah apps yang interface-nya paling mudah.

20170618_114013

Carousell itu apps jual beli yang simpel banget, bisa jualan di manapun kamu berada. Membantu kamu menjual barang-barang, sesederhana mengambil foto, sekaligus apps yang harus banget ada di hape kamu yang shopaholic dengan budget pas-pas-an.

Carousell memungkinkan kamu untuk membeli barang-barang baru atau preloved (second) dengan harga lebih murah dari harga pasaran! Banyak barang branded preloved yang dijual murah. Bukan berarti sudah usang atau rusak, loh, banyak yang masih baru atau seperti baru. Bisa jadi karena pemiliknya sudah bosan, punya prinsip sekali pakai, atau salah ukuran. Atau bisa juga seperti alasan saya, cuci gudang untuk pindah rumah.

20170618_114123

Di carousell ini banyak kategorinya untuk memudahkan pencarian. Sering saya temukan di kategori preloved fashion yang bagus-bagus banget, branded, yang harganya tinggal 20%-nya dari harga pasaran. Atau kamera DLSR di kategori photography, yang harganya tinggal 30%-nya. Kondisinya pun masih bagus. Harga bisa jauh lebih murah karena ada fitur tawar-menawar juga.👍

20170618_114140

Mau coba jual atau cari barang branded dengan harga miring di Carousell? Begini caranya…

Kamu tinggal ketik apa yang kamu pengen di fitur ‘Search’ (pencarian), atau untuk lebih akuratnya lagi, dengan pasang filter harga dan lokasi. Di sini ada ribuan online shops dan individual seller yang berjualan di berbagai kategori berbeda. Atau mau cari barang yang lebih spesifik lagi, mungkin kamu bisa join grup sesuai hobi atau barang kesukaan kamu. Sementara kalau mau jual, tahapannya pun simpel.

20170618_114111

Ini dia tahapannya mudahnya proses jual beli di aplikasi Carousell:

1. Menginstall Carousell

Carousell tersedia sebagai mobile app untuk handphone iOs dan Android, dan 100% gratis!

GettingStarted-InstallingCarousell3

Download Apple App Store atau Google Play Store di handphone-mu dan cari “Carousell”, lalu klik “GET“.

Ini linknya: https://id.carousell.com/app

2. Membuat akun

GettingStarted-CreatingAccount

Kita akan diminta sign up atau login dengan Facebook, Google+ (hanya Android), atau email address.

3. Memasukan barang jualan

Pertama, pastikan bahwa barang itu diperbolehkan dijual di Carousell. Ada beberapa barang yang tidak boleh dijual untuk alasan keamanan dan peraturan tertentu, dan karena barang tersebut tidak sesuai dengan prinsip Carousell. Antara lain: alkohol, obat & tembakau, konten dewasa, produk ilegal atau kegiatan ilegal, produk tidak berwujud. Sejauh ini sih, carousell paling mudah meng-upload barang jualan dibanding apps semacam, artinya..tidak menunggu lama untuk persetujuan barang yang bisa kita jual. Sementara apps yang lain kadang harus menunggu agak lama, atau bahkan ujung-ujungnya mendapat email bahwa barang tidak dapat dijual karena alasan tertentu yang bikin bingung. Padahal saya hanya jual preloved fashion dan elektronik beauty.

Ini item-item yang saya jual:

20170618_114023

20170618_141415

20170618_114013

Detail caranya:
Ambil foto dari barang yang akan kita jual. Pastikan kamu memperlihatkan semua detail atau jika ada cacat.

20170618_114257

Klik tombol “Sell” untuk mulai.
Setelah diklik, kamu akan melihat in-app camera yang bisa dipakai untuk mengambil foto barang yang mau kamu jual. Atau bisa juga upload dari gallery hape.

20170618_113940

Kemudian pilih kategori, isi deskripsi item yang akan dijual (termasuk cacatnya), harga, cara pengiriman, dan pembayarannya. Bila sudah berhasil, kita akan melihat tayangan produk kita di listing akun kita.
Done!

O ya, kategori memudahkan pembeli untuk mengerucutkan barang incarannya, loh, jadi pastikan kamu memasukkan ke kategori yang tepat.

Ini contoh dress yang saya jual dan masuk kategory preloved fashion dengan sub category women’s clothes:
Stradivarius Floral Dress for Rp 100,000 https://carousell.com/p/98484927 on #carousell

4. Proses tawar-menawar

Pembeli bisa langsung menawar kepada penjualnya melalui fitur ‘Chat’ untuk private chat, tanpa repot harus buka via chat lain atau via personal number seperti apps lain yang semacam.
Interface-nya mudah banget dipake.

20170618_113907

Tombol “Chat to Buy” bisa ditemukan di bagian kanan atas untuk Android, dan di tengah layar untuk iOS.

Pembeli bisa ‘Buat Tawaran’ pada barang tersebut. Setelah penjual menerima tawaran dari pembeli, kedua belah pihak dapat meninggalkan umpan balik satu sama lain.

Pastikan yakin dengan tawaran yang diinginkan sebelum memasukannya!

Bila setelah memasukkan tawaran, pembeli perlu mengganti tawaran karena alasan apapun, klik “Edit Offer” dan masukkan harga lainnya. Setelah tawaran dari penjual dibuat, pembeli bisa menentukan apakah mereka mau menerima atau menolak tawarannya dengan mengklik antara “Decline Offer” atau “Accept Offer”.

Penjual pun bisa menolak tawaran tersebut. Apabila transaksinya masih bisa dinegosiasikan, penjual bisa memilih untuk mengganti tawaran dengan mengklik “Make Another Offer”.

5. Penyelesaian transaksi

Barang harus ditandai “Sold” setelah transaksi diselesaikan.
Untuk menandai barang sebagai “Sold”, pilih iklannya dan klik “Edit” di pojok kanan atas layar.

Barang ini akan dihapus dari marketplace, jadi kamu tidak akan terus-terusan menerima tawaran.

20170618_144012

Pernah saya lupa belum memberi tanda ‘sold’, jadinya masih banyak yang memberi tawaran padahal barang sudah terjual. 😆

20170618_114013

Berdasar pengalaman, barang saya yang paling mudah laku itu yang elektronik. Tidak perlu menunggu sampai seminggu, barang sudah sold out. Sementara untuk baju, biasanya lebih dari seminggu. Tetapi ada juga yang kurang dari seminggu. Jadi kepikiran mau iklankan beberapa villa di sini. Siapa tahu laku, kan di sini juga ada jual beli sewa properti. 😉

20170618_113921

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjangkau lebih banyak pembeli potensial:

1. Ambil foto yang bagus untuk iklanmu

2. Berikan nama yang menarik untuk iklan kamu dan masukkan dalam kategori yang benar (antara lain: merek, deskripsi barang, kondisi barang)
Hindari penamaan iklan yang terlalu umum, seperti ‘baju’.

3. Beri harga yang sesuai.
Banyak-banyak membandingkan harga dengan seller lainnya, karena kalau kemahalan ya susah terjual.

4. Share iklan ke media sosialmu.

20170618_114053

Aplikasi carousell ini seperti social media. Kita bisa nge-love barang yang kita suka, komentar, atau @mention akun teman. Siapa tahu mau minta dibeliin pas ultah? 😆

Di aplikasi ini juga ada fitur share iklan, supaya lebih banyak teman socmed yang mengetahui iklan kamu. Caranya:

Pergi ke ‘Pengaturan’ di profil pribadi kamu -> ‘Pengaturan Berbagi’ -> Tekan pada ‘Hubungkan Akun Facebook Kamu’ atau ‘Hubungkan Akun Twitter Kamu’.

20170618_143343

Nah, itu tadi pengalaman menggunakan aplikasi Carousell di hape. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, Carousell ini interface-nya paling simpel! 👌

Penasaran? Coba aja sendiri, download aplikasinya.😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *