Review Christmas Menu ala Gastromaquia

Desember itu salah satu bulan favorit.  Dari awal bulan sudah banyak ornamen Natal, sudah banyak undangan Christmas dinner. Tapi yang paling ditunggu tetap family Christmas dinner atau makan bersama teman dan pasangan dengan menu Natal, karena pasti menunya enak-enak. Ye, kan?! Saya punya rekomendasi restaurant yang pas buat momen ini. Selain menunya serba pas di rasa, penyajian dan suasananya juga pas di Instagram. Gastomaquia!

Sebenarnya saya tidak merayakan Natal, tetapi karena keluarga kami terdiri dari 4  agama, salah duanya, Kristen Protestant dan Khatolik, jadi ikutan happy-happy-nya, deh.

Waktu masih kecil, momen yang saya tunggu saat Natal adalah momen menghias pohon natal bersama keluarga dan buka kado Natal (tidak tukar😂), juga Christmas family dinner. Kadang makan bersama di rumah, kadang di restaurant. Tetapi karena sekarang kami tinggal berjauhan, Christmas family dinner-nya ganti bersama keluarga baru..which is..teman-teman terdekat. Biasanya jelang Natal, kami hangout, makan bersama, nggak harus dinner, tetapi di restaurant spesial yang menu atau vibes-nya Christmas.

Nah, untuk momen spesial seperti ini saya rekomendasikan Gastromaquia. Restaurant khas Spanish ini bukan hanya menyajikan menu yang serba lezat, tetapi suasananya juga pas untuk kebersamaan dan…foto-foto! Suka cozy classic minimalist-nya dan dekorasinya yang artsy.

Istimewanya lagi, Spanish restaurant ini selalu seasonal menunya. Jadi saat jelang Ramadhan, ada menu khusus Ramadhan, saat jelang Natal seperti sekarang, juga ada Christmas special menu.

Memang menunya tidak melulu Spanish, ada juga menu lokal, terutama saat Ramadhan, tetapi diracik dengan bahan dan cara ala Spanish.

Beberapa hari lalu saya kembali ke restaurant favorit ini untuk ke sekian kalinya, dan sempat mencicipi Christmas menunya.

Per set Chirstmas Menu dari Gastromaquia harganya IDR 275++ (sebelum tax), yang terdiri dari 3 fancy foods and drink from the appetizers to the dessert, yang bisa kita pilih sesuai selera. Ada yang menggunakan ham/pork, ada pula yang menyajikan beef. Tetapi beberapa menu bisa juga dipilih antara ham atau beef. Bisa juga melengkapi dengan house wine, namun ada tambahan charge Rp. 80.000++.

Pilihan Christmas Menu Gastomaquia tahun ini:

Appetizer
*Iberico Ham and Rocket Salad in Citrus Dressing
*Spanish Cheese Platter
*Chicken Medallion in Beer & Onion Sauce
*Pan Seared Scallop with Caramel Sauce

Saya pilih Spanish Cheese Platter. Makanan pembuka ini terdiri dari  beberapa irisan Spanish Cheese, yang disajikan bersama baby tomato, garlic bread, irisan buah apel, dan beef slices yang bisa diganti dengan ham jika suka pork. Rasa kejunya cukup tajam, khas Spanish atau Eropa, jadi cocok untuk cheese lovers!
Untuk penggemar pork, bisa pilih juga Iberico Ham and Rocket Salad in Citrus Dressing.

Main Course

*Creamy Truffle Risotto

*Grilled Tenderloin with Porcini Sauce

*Pan Seared Salmon w/ Roasted Potato and Baby Asparagus

*Pork Paella w/ Grilled Pork Belly

Saya pilih Pan Seared Salmon w/ Roasted Potato and Baby Asparagus.

Jadi salmonnya dimasak medium dengan dagingnya yang terlihat juicy Dan fresh. Pas banget! Tidak kering, tidak terlalu matang, dan warnanya cantik.👌

Disajikan dengan roasted baby potato, baby carrot, dan baby tomato.  Warnanya masih cakep banget. Kentangnya dinasak dengan pas, sausnya enak, pun bread crumb yang jadi topping-nya. Kriuknya enak. Apalagi kulitnya, enak banget! Kriuk, tidak terlalu asin atau kurang asin. Jadi walaupun dagingnya juicy, tapi kulitnya crispy. Sayurannya pun dimasak dengan sempurna, tidak lembek, dan renyah saat dikunyah.

Duh, ketagihan, deh. In my opinion, this is the best Pan Seared Salmon in town!

Jadi pengen lagi.😋

Dessert

*Chocolate Mousse w/ Olive Oil and Seasalt

*Flanw/ Caramel Sauce

Saya pilih Chocolate Mousse w/ Olive Oil and Seasalt. Jadi ini perpaduan manisnya Chocolate Mousse dengan asinnya Sea Salt, ditambah dengan topping yang tak biasa, yaitu olive oil!

Tentu saja ini dessert yang pas untuk chocolate lovers. Olive oil-nya justru bikin Chocolate Mousse-nya nggak bikin lengket di mulut, jadi lebih smooth. Sementara sea salt-nya, bikin manis coklatnya nggak terlalu berat karena ada sedikit rasa asin.

Saya juga menambahkan dessert dengan Caramel Home made Cheese Cake yang tidal termasuk Christmas Menu karena cheese cake Gastromaquia adalah favorit saya. Tiap ke sini pasti order minimal satu! Satu lagi take away. 😋

Terakhir adalah drinks!

Drinks

Christmas Menu Gastromaquia ini menyediakan minuman berupa Christmas Mocktail. Ada 2 jenis mocktail, Berry Christmas until cewek, dan Mango Passion untuk cowok!

Berry Christmas ini bahannya terdiri dari strawberry buah dan juice, sirup leci, soda! Lebih seru lagi, di dalamnya ada popping boba rasa buah yang pecah di mulut. Rasanya seger dengan paduan manis dan asam. Enak!

Gimana? Udah penasaran? Pokoknya kamu wajib cobain Christmas Menu dari Gastromaquia, karena selain menu makanan dan minumannya yang seru, rasanya enak, tempatnya juga nyaman banget. Cocok untuk kumpul-kumpul atau Christmas dinner/lunch bersama teman-teman atau keluarga.

Jangan lupa, kalau mau mampir ke sana sebaiknya booking dulu, supaya lebih aman, tidak kehabisan tempat!😉

Gastromaquia

Jl. Ciniru I no. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Open Hours :

Sun – Thu 11.00 – 22.00

Fri – Sat 11.00 -23.00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *