Review Film Counterpart di Mola TV dan Kehebatan Akting J.K. Simmons

Film seri Counterpart ini menceritakan tentang kehidupan dunia paralel, di mana ada kehidupan lain yang sama persis dengan dunia kita, dan masing-masing orang memiliki kembaran di sana yang sangat identikal secara fisik, tetapi dengan karakter yang bisa jauh berbeda. 

Film ini diawali dengan menyorot kehidupan normal dari tokoh utama Howard Silk yang diperankan oleh J.K. Simmons. Ia adalah pegawai birokrasi kelas rendah yang ditugaskan di kota Berlin, Jerman, dan selama 30 tahun tidak mendapat promosi. Kehidupan Howard cenderung sangat membosankan karena rutinitasnya sangat teratur, tidak banyak aktivitas berbeda tiap harinya, dan tidak pernah menyimpang dari peraturan. Salah satu rutinitasnya adalah menjenguk istrinya, Emily (Olivia Williams), yang koma di rumah sakit tiap malam sambil membacakan puisi. Dia memang sangat setia terhadap istrinya.

A person talking to another person

Description automatically generated with low confidence

Kehidupannya berubah saat Howard bertemu dengan ‘kembarannya’ dari dunia paralel. Akhirnya dia mengetahui bahwa perusahaannya adalah organisasi spionase yang memiliki rahasia besar berupa pintu penyeberangan ke dunia paralel yang tidak bisa diakses oleh publik, hanya para petinggi, itu pun dengan visa yang berlaku beberapa jam. 

Jadi, melalui gerbang paralel hasil eksperimen rahasia selama 30 tahun yang dijaga ketat ini, seseorang akan menembus ruang menuju dunia paralel, kehidupan lain yang sama persis dengan dunia asalnya. Setiap orang memiliki kembaran atau duplikat di dunia paralel itu. Sebagian memiliki masa lalu yang sama, karena dunia paralelnya belum terbentuk lama, namun pada akhirnya karakternya bisa menjadi sangat berbeda. Perbedaan karakter ini mungkin menjawab pertanyaan filosofis tentang nature and nurture, bagaimana suatu momen bisa mengubah segalanya. Seperti kata duplikat Howard kepada Howard “Perbedaan antara kamu dan saya bisa jadi hanya dalam satu momen,”

Howard pun mulai terlibat masuk ke dunia paralel bekerjasama dengan ‘his other one’, berawal demi menyelamatkan istrinya yang menjadi target pembunuhan oleh penyusup ilegal dari dunia paralel, meski terpaksa berhadapan dengan intrik dan bahaya. Howard membayangkan dia akan bahagia jika bisa bertemu duplikat istrinya yang sedang koma. Sementara itu Howard yang lain fokus mengejar seorang pembunuh bayaran bernama Nadia Baldwin yang diperankan secara apik oleh Sara Serraiocco.

Banyaknya penyusup yang menyamar sebagai duplikatnya masing-masing, dan banyaknya rahasia yang baru diketahuinya dalam perjalanan waktu, membuatnya susah mempercayai siapa pun atau apapun. Bisa jadi yang selama ini ia yakini itu salah, atau yang ia percayai justru mengkhianatinya. Pada akhirnya satu-satunya orang yang bisa dipercayai adalah Howard yang lain yang karakternya sangat bertolak belakang dengannya. Howard asli sangat lembut dan memiliki mata yang baik, sementara Howard lainnya sangat macho, kasar, dan tidak begitu ramah.

Karena banyaknya tokoh yang memiliki duplikat ini membuat kebanyakan sebagian aktor harus memerankan dua tokoh sekaligus. Nah, di sini lah kehebatan J.K. Simmons dipertontonkan. Saya sudah banyak melihat aktor hebat yang memerankan beberapa tokoh sekaligus, tetapi umumnya mereka mengubah karakternya atau fisiknya. Jadi secara sadar kita akan tahu kenapa kita mudah membedakan mana tokoh satu dan mana tokoh lain. 

Sementara itu J.K. Simmons tidak perlu mengubah penampilan fisik seperti baju atau rambut atau tambahan lainnya. Cukup dengan mengubah detail body language atau posturnya, kita akan tahu itu tokoh yang mana. Dari sorot matanya saja sudah dibuat beda, pun posturnya. Dengan sedikit perubahan sudah menjelaskan karakter tokoh tanpa harus banyak berkata. 

A couple of men shaking hands

Description automatically generated with low confidence

J.K. Simmons yang pernah meraih Oscar untuk perannya dalam film Whiplash ini bekerja dengan sangat halus dan terlihat mudah, sehingga kita selalu tahu Howard mana yang sedang kita tonton, tetapi kita tidak pernah tahu bagaimana kita mengetahuinya.

Yang menarik lagi, film ini banyak twist-nya. Kita akan selalu dikejutkan dengan karakter tak terduga dan cerita hidupnya.

Counterpart ini menarik ditonton oleh penikmat film fiksi ilmiah dan spionase karena banyak misteri dan plot twist. Sementara akting J.K. Simmons wajib ditonton bagi penggemar atau pelaku akting! Sinematografer juga harus nonton film ini karena sinematografi dan editingnya baguus.

Lalu bagaimana dengan kedua Howard, bisakah mereka bekerjasama dengan karakter yang berseberangan? Karena harus bertukar dunia, apakah karakter mereka akan berubah menjadi tidak seperti satu sama lain? Atau justru sifat dasar mereka tetap lebih kuat?

A person looking at another person

Description automatically generated with medium confidence

Cerita lengkap keseruan film seri 2 Season karya Justin Marks dan juga dibintangi oleh Harry Lloyd dan Nazanin Boniadi ini bisa kamu tonton di Mola TV. Jadi kalau belum langganan, langsung aja subscribe Mola TV, layanan streaming film dengan mengakses situs www.mola.tv atau mengunduh aplikasi Mola TV di App Store atau Play Store. Mulai dari harga Rp12.500,- kamu sudah bisa streaming banyak film Bioskop Exclusive Mola TV yang juga seseru Counterpart, loh seperti Two Weeks To Live yang tak kalah menarik. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *