Review Scarlett Whitening, Benarkah Mencerahkan Kulit?

Scarlett Whitening memang hype karena dipromosikan oleh artis-artis dan selebgram, serta dikenal karena rangkaian produknya yang diklaim dibuat khusus untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit. Semua rangkaian produknya mengandung Glutathione dan butiran Vitamin E, serta butiran scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit tubuh.

Fyi, glutathione ini berperan sebagai master anti-oksidan yang menangkal radikal bebas, dan merupakan kombinasi tiga komponen asam amino, yaitu cysteine, glycine, serta glutamine. Sebenarnya tubuh kita secara alami memproduksi tiga komponen ini, tetapi produksinya berangsur berkurang seiring bertambahnya usia.

Maanfaat Glutathione, antara lain, melembapkan, menjaga elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat & glowing. Bahkan Glutathione ini diklaim sebagai vitamin pencerah kulit paling cepat di dunia!

Makanya, jadi penasaran, donk, buat order Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion dari Scarlett Whitening. Saking hype-nya sampai sudah banyak produk palsunya, loh.  So, hati-hati!

Yuk, mari kita mulai review-nya. Tapi sebelumnya disclaimer dulu, ya, kalau efeknya bisa jadi tidak sama pada kulit setiap orang, begitu pula manfaatnya.

Sebenarnya produk Scarlett Whitening yang dijual ada berbagai jenis: Body Scrub, Shower Scrub, Body Lotion, Facial Wash, Shampoo & Conditioner, tapi karena saya sedang fokus pada perawatan kulit, jadi hanya mencoba 3 macam produk.

SCARLET WHITENING BODY SCRUB

Scarlett Whitening Body Scrub memiliki dua varian, yaitu Pomegrante dan Romansa, tapi kali ini saya hanya review varian Romansa. Romans ini aromanya wangi bunga yang girly feminine, lembut gitu. Sementara Romansa katanya wanginya lebih segar. Wanginya yang lembut ini saya rasa aman untuk yang alergi wewangian.

Kemasan

Body Scrub berukuran 325 gr ini dikemas dalam jar berbahan plastik yang compact, lengkap dengan tutup putar serta aluminium seal yang rapat, jadi aman dan tidak mudah tumpah kalua dibawa dalam tas. Desain kemasannya, sih, simpel tapi tetap cute.

Kemasan luarnya memuat informasi seputar deskripsi produk, ingredients, BPOM, cara penggunaan,  expired date, dan logo kelinci sebagai tanda bahwa produk ini cruelty free, atau tidak menggunakan hewan sebagai bahan percobaan.Pada kemasan juga terdapat sticker hologram dengan simbol huruf S bertuliskan ‘original’ yang mencirikan keaslian produk.

Tekstur

Scarlett Whitening Body Scrub teksturnya berupa scrub yang tampak kasar dengan butiran yang besar, tetapi ketika diaplikasikan di kulit tidak terasa sakit, tidak melukai,  atau menimbulkan iritasi. Meski tampak kasar di awal, tapi terasa halus di kulit dan mudah diratakan. Scrubnya juga tidak bikin lengket apalagi berminyak.

Saya pribadi, sih, justru suka body scrub dengan tekstur seperti ini, jadi lebih meyakinkan kalau butiran scrub-nya bisa mengangkat kulit mati dan nyaman di kulit karena tidak berminyak. Lengket Biasanya saya jadi malas luluran karena body scrub-nya agak lengket atau berminyak.

Mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit memang salah satu manfaat scrub ini selain juga untuk menghidrasi kulit. Kandungan Glutathione, Vitamin E, dan buliran scrub-nya bermanfaat untuk meregenerasi, melembabkan,  serta mencerahkan kulit.

Cara Memakai

*Sebelum mandi, oleskan body scrub ke seluruh tubuh. Kalau saya, sih, terutama pada tangan, kaki, dan lipatan-lipatan badan

* Diamkan selama 2-3 menit, lalu gosok secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati

* Saat mandi bilas dengan air bersih sambil digosok lagi dengan lembut.

Ada yang bilang kalau bekas scrub-nya sulit dilunturkan meski sudah dibilas dengan air, karenanya biasanya saya bantu dengan shower puff untuk melunturkan.

Jangan terlalu sering scrubbing ya. Paling tidak 2x seminggu sudah lebih dari cukup. Jangan pula digunakan pada kulit wajah.

Hasil

*Hasil instan yang tampak pada pemakaian pertama, kulit jadi lebih super halus, lembut, dan lembab setelah proses eksfoliasi dengan Scarlett Whitening Body Scrub.

*Kulit jadi harum, dan akan lebih tahan lama wanginya jika setelahnya menggunakan body butter atau body lotion dari Scrarlett Whitening.

*Efek tone up sudah ada sejak pemakaian pertama. Setelah dibilas, kulit terlihat lebih cerah dan bersih.

Untuk hasil mencerahkan secara permanen, ritual scrub perlu dilakukan secara rutin dan hasil akan lebih maksimal jika perawatan kulitnya dilengkapi dengan rangkaian produk Scarlett Whitening lainnya.

SCARLETT WHITENING SHOWER SCRUB

Ini favorit saya, ritual mandi jadi menyenangkan dengan Scarlett Whitening Shower Scrub! Shower scrub ini terdiri dari 3 varian, yaitu: 

*Pomegrante warna ungu dengan harum yang manis dan fresh, 

*Mango warna kuning dengan wangi mangga tetapi juga seperti wangi jeruk yang segar,

*Cucumber warna biru dengan wangi air ketimun yang menenangkan.

Bingung kalau harus memilih favoritnya yang mana. Saya suka wangi mangga dan jeruk karena suka buah mangga dan jeruk, di sisi lain, suka juga wangi fresh-nya promenade dan relax-nya cucumber. Tapi di sini saya akan detail bahas varian Pomegrante, ya, karena yang lebih dulu dicoba dan sepertinya yang bakal habis duluan.

Kemasan

Kemasan Scarlett Whitening Shower Scrub ini cukup unik untuk shower scrub karena berbentuk seperti botol minuman. Belum lagi warna isinya yang eye catching, enak dipandang mata.

Kemasan botol bening 300ml ini dilengkapi dengan tutup berwarna putih model flip-flop yang kuat supaya tidak mudah tumpah isinya. Jadi meskipun kemasannya bulky, tetap nyaman untuk dibawa dalam tas traveling.

Nah, untuk menandakan bahwa produk yang kamu beli bukan palsu, ada 2 ciri pada kemasan Scarlett Whitening yang harus kamu perhatikan. Selain terdapat sticker hologram dengan simbol huruf S bertuliskan ‘original’, ada juga emboss tulisan SCARLETT di bawah leher botolnya.

Tekstur

Tekstur Scarlett Whitening Shower Scrub varian Pomegranate ini berbentuk gel bening cenderung ungu, tidak padat dan tidak cair, yang mudah  diratakan. Di dalam gel ini ada butiran scrub kecil-kecil (tetapi lebih besar dari butiran body scrub) berwarna biru dan merah yang menambah cantik dipandang.

Butiran scrub ini tidak sakitdi kulit saat diaplikasikan atau digosokkan ke kulit ya, karena butirannya lembut. Butiran ini untuk memaksimalkan saat membersihkan tubuh, karena berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara Pemakaian

*Basahi tubuh, atau gunakan saat mandi.

*Balurkan sabun ke seluruh tubuh, atau tuangkan sabun secukupnya ke shower puff, lalu ratakan ke seluruh tubuh sambil digosok perlahan.

Saya lebih suka menggunakan shower puff karena lebih hemat. Sedikit Scarlett Whitening Shower Scrub saja bisa menghasilkan banyak busa.

*Bilas dengan air bersih.

Sejujurnya kurang merasakan manfaat butiran scrub-nya karena terlalu halus, jadi butuh bantuan shower puff untuk proses eksfoliasi.

Hasil

Saya rutin gunakan Scarlett Whitening Shower Scrub setiap mandi karena suka wanginyaaa, sensasi mandi yang jauh lebih menyenangkan. Sabun ini juga nggak bikin kesat, juga nggak bikin lengket, jadi nyaman digunakan.

Untuk efek mencerahkan tidak secepat Body Scrub-nya, tetapi lebih ke efek bikin kulit halus dan lembut.

SCARLETT WHITENING BODY LOTION

Produk terakhir yang saya review  ini adalah produk yang paling bikin hype dari Scarlett Witening, yaitu Fragrance Brightening Body Lotion. Selain karena wanginya varian Charming yang mirip wangi Parfume Baccarat Rouge 540 yang harganya jutaan itu yang memberi kesan mewah, juga karena produk ini yang paling instan mencerahkan.

Produk ini memang diklaim dapat mencerahkan kulit tubuh dengan cepat yang dapat dilihat perbedaannya hanya dalam pemakaian pertama!

Seperti rangkaian produk Scarlett Whitening lainnya, body lotion ini mengandung Glutathione dan vitamin E yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit tubuh.

Ada tiga varian Fragrance Brightening Body Lotion. Selain varian Charming yang wanginya mirip Parfume Baccarat Rouge 540, ada juga Varian Romansa yang wanginya seperti wangi Body Scrub varian Romansa yang lembut feminin, dan varian Fantasia. Tapi saya baru mencoba varian Charming dan Romansa.

Kemasan

Kemasannya hampir sama dengan kemasan Shower scrub, yaitu berupa kemasan botol bening, tetapi  tutupnya model pump dengan lock-unlock system. Dilengkapi pula dengan penyangga, jadi isi produk tidak mudah keluar jika pump-nya belum kita lock. Tutup model pump ini juga lebih praktis, supaya lebih terkontrol saat mengeluarkan isi body lotion dan tidak perlu khawatir bleber ke mana-mana.

Sama seperti kemasan Shower Scrub, ada Emboss tulisan SCARLETT di bawah leher body, dan juga stiker sticker hologram dengan simbol huruf S bertuliskan ‘original’ penanda keaslian  produk.

Tekstur

Scarlett Whitening Body Lotion ini teksturnya creamy, lebih padat dari lotion pada umumnya, namun saat diratakan ke kulit akan mencair, seperti teremulsi. Mungkin awal diaplikasikan ke kulit akan terasa agak susah diratakan dan finish-nya agak powdery, juga memberi tone up pada kulit. Tetapi asalkan bisa meratakan, efek tone up-nya akan merata dan membuat kulit tampak cerah seketika.

Yang paling menyenangkan adalah tidak ada efek lengket dan licin sama sekali. Krim cepat meresap di kulit karena watery base. Saya suka malas pakai body lotion karena kebanyakan memiliki efek lengket dan cenderung licin, yang bikin gerah setiap memakainya.

Cara Memakai

*Tekan aplikator berbentuk pump ke telapak tangan, lalu balurkan ke seluruh tubuh.

*Hasilnya lebih maksimal jika digunakan begitu setelah mandi, saat kulit masih agak basah dan lembab, supaya kulit tidak terasa kering bagi yang memiliki kulit kering.

Paling pas digunakan setiap habis mandi menggunakan Scralett Whitening Shower Scrub atau setelah melakukan scrubbing dengan Scarlett Whitening Body Scrub supaya wanginya makin tahan lama, efek lembut dan halusnya makin kuat, dan efek mencerahkannya juga lebih sempurna dan permanen.

Before After

Terlihat pada foto di bawah, di mana tangan sebelah kanan adalah setelah diaplikasikan Scarlett Whitening Body Lotion. Tampak bedanya, kan?!

Tangan sebelah kanan terlihat ada tone up, lebih cerah dari tangan sebelah kiri. Jadi memang Scarlett Whitening Body lotion ini memberi efek cerah sejak pertama kali pemakaian.

Review Keseluruhan & Kesimpulan

Setelah pemakaian rangkaian Scralett Whitening secara rutin selama 2 minggu lebih, jelas terlihat ada efek lebih cerah pada kulit saya. Bukan lebih putih ya, tetapi lebih cerah, terlihat lebih bersih, dan tentunya lebih lembut. Kaki saya yang tadinya kering dan kusam bangeeet, jadi lebih bersih, sudah mulai berkurang keringnya, dan karena lebih cerah, jadi pudar kusamnya.  Intinya, terlihat lebih bersih! As my wish.

Kalau ada yang complain soal tidak ada efek mencerahkan pada rangkaian Scralett Whitening ini, mungkin karena cara pemakaian yang salah, tidak rutin, tidak dipakai bersamaan rangkaian lainnya sehingga tidak maksimal efeknya, atau warna kulit yang sudah cerah.

Pemakaian yang salah, misalnya menggunakan body lotion-nya bukan tepat setelah mandi saat kulit masih agak basah, sementara ia memiliki kulit sangat kering, sehingga lotion susah meresap. Ini akan membuat manfaat lotion kurang berjalan baik.

Manfaat mencerahkan mungkin akan lebih cepat terasa untuk mereka yang memiliki warna kulit natural cenderung sawo matang, atau bagi yang sedang mengalami kulit kusam dan kering seperti saya.


Kekurangannya memang saat terbilas air bisa langsung hilang stain putihnya. Jadi sebaiknya dibiarkan jangan kena air dahulu. Saya biasanya pakai setelah mandi, sebelum berangkat kantor, jadi lotion bertahan lama, dan efek warna cerahnya lebih terasa. Atau setelah mandi dan sholat, sebelum tidur di malam hari.

Jangan berharap efeknya putih instan seperti produk perawatan ilegal yang putihnya lebay ya. Lebih ke manfaat membersihkan, mencerahkan, melembabkan, menghaluskan, menyehatkan kulit, dan juga wanginya yang juara!

So far, saya suka karena semua rangkaian Scarlett Whitening ini after effect-nya nggak bikin gerah, berminyak, atau licin. Nyaman aja gitu.

Seluruh produk Scarlett Whitening ini bukan hanya berkualitas, tetapi juga tidak dicoba ke hewan (not tested on animal) dan sudah registered by BPOM. Jadi..aman!

Fakta menarik lainnya, Scarlett Whitening ini berharga sama, yaitu Rp 75.000 satuannya, untuk semua produk dan semua varian. Dengan kualitas seperti ini, menurut saya harganya cukup terjangkau. Untuk harga paket hemat yang 5 item, harganya 300.000, sudah dapat box exclusive + free gift. Produknya dikirimkan dengan dibaluti oleh bubble wrap yang tebal, jadi produk tidak akan rusak saat sampai ke pembeli. O ya, kamu juga bisa dapet box exclusive yang reuseable, loh.

Perlu diingat juga untuk beli produknya di-official store, ya, karena sudah banyak produk palsunya. Bisa-bisa dapat lebih murah, tapi bukan mencerahkan yang bagus, justru kasih musibah seperti scretch mark atau kulit kering.

Penasaran mencoba?

Semua produk Scarlett Whitening bisa dibeli di link-link di bawah ini:

1. Chat WhatsApp Admin Scarlett Whitening: 087700163000

2. Chat Official LINE: @scarlett_whitening

3. Chat DM Instagram: @scarlett_whitening

4. Order di Shopee Official Shop: Scarlett_Whitening


Jangan lupa di-follow, karena kadang ada paket diskon menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *