Satu Hari Untuk Selamanya

20160503094535-01

Tak harus mengenal lama untuk tahu rasanya jatuh cinta. Cukup pertemuan sehari, bisa tumbuh selamanya cinta. Kira-kira begitulah yang terjadi pada hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2016 lalu.

 

Waktu SD pernah baca buku komik yang salah satu tokohnya ‘bu guru Leonita’. Dulu tertawa bacanya. Mimpi kalii..ga ada cita-cita sebagai guru, apalagi guru SD. Eh, sekarang banyak ngajar, dan ternyata beneran jadi guru SD..sehari 😁😁

Di artikel sebelumnya sudah saya ceritakan tentang Kelas Inspirasi JKT 5 di mana saya jadi salah satu relawan inspirator. Nah, di artikel kali ini lebih soal kesimpulan dan behind the scene-nya 😊

20160502161100

Apa yang menarik dari pengalaman ini?

1. Pengalamannya hanya sehari, tapi berbekas seumur hidup. Saya rasa bukan hanya untuk kami, tetapi juga buat mereka (siswa siswi SD), semoga terinspirasi seumur hidup.
2. Kami memang dibikin repot, tetapi sekaligus dibikin jatuh cinta..dengan tingkah laku mereka.
3. Ternyata mengajar SD bikin ketagihan, pengen lagi dan lagi, kayak kudapan 😁

4. Secara tak sengaja, kita jadi makin paham pekerjaan/profesi kita sendiri.
Namanya juga sekolah dasar, otomatis kita menjelaskan segala yang dasar tentang pekerjaan/profesi kita. Secara tak sengaja jadi mengingat kembali apa yang seharusnya kita lakukan dalam pekerjaan secara mendasar, yang kadang kita sendiri lupa atau sengaja melewatkan.

Kalau kamu bisa jelaskan pekerjaan kamu ke murid SD, artinya kamu bisa jelaskan ke calon mertua! Eh, gimana? 😛

5. Dapat keluarga baru sesama relawan yang sama gilanya dengan kita 😘

IMG_20160504_095037

Apa yang mengejutkan dari KI JKT 5?

1. Kadang kita terlalu underestimate anak SD, lupa kalau jaman dan tekhnologinya sudah berubah.
Ada teman relawan inspirator yang dikejutkan dengan kefasihan murid menggunakan video call, sementara dia sendiri tidak pernah 😁
Atau saya sendiri yang dikejutkan dengan kemampuan salah satu murid kelas 4 membuat cerita bergambar, padahal tugasnya hanya 1 paragraf tulisan.

IMG_20160503_0853452. Pengalaman saya di KI mengajar lebih dari 60 murid, gabungan dari 2 kelas. Ngajarnya ribet plus harus meninggikan volume suara euy. Beda banget dengan ngajar murid dewasa biasanya. Lebih dari 100 orang pun tak masalah. Satu kata bisa membuat mereka menyimak 😊

_20160504_104010

3. Banyak jawaban dan pertanyaan usia SD yang membuat kagum atau mengernyitkan muka.
Misalnya, pertanyaan soal menakhlukkan teman yang lagi galau.
Atau soal cita-cita.
Dari sekian banyaknya cita-cita segala umat yang mainstream seperti dokter, ABRI, guru, pilot, ada satu murid yang bercita-cita jadi ‘petani’!
Ini unik, karena yang menulis adalah murid dari sekolah di Jakarta 😊
Atau saat seorang murid (bukan dari sekolah kami) yang ortunya seorang PSK ditanya kenapa dia bersekolah, jawabannya karena capek ‘melayani’.
Atau….jawaban dari salah satu murid (bukan dari SD kami) tentang cita-citanya, dia menjawab ingin jadi ‘dokter cabul’
WHAT?!!
Tanggung jawab siapa ini? Bisa jadi tanggung jawab bersama.

 

Kelompok 30 GSPP (((satu)))

IMG-20160502-WA0014

Tentang kelompok 30 di mana saya berada, kami jadi teman 24 jam. Ya karena 24 jam whatsapp grup-nya. Akrabnya seperti sudah kenal bertahun-tahun, saling ceng-cengan, saling kasih semangat, saling menjatuhkan! Haha. Bahkan ada yang jadi…ehm…satu hati. Itu baru satu pasang, kita tunggu saja korban hati selanjutnya. Hihihi. Evilsmirk 😏

Ada mba’ Shinta, emak yang paling semangat cari kavlingan di surga dengan jodoh-jodohin (secara sadis)😝. Ada mba Maya, fotografer, yang kalem dan awet muda, tapi kadang agak iseng juga😉.

_20160521_002726

Ada Putri, bu ketua, yang kadang baik, kadang galaknya keluar, dan sering jadi bahan meme 😂😂.

 

Ada mas Ighiw yang kocak, yang galau dengan profesinya 😁, fans Dian Sastro garis keras, dan kadang jadi Rangga aka suka bikin puisi 😂. Ada mas Moko, humas, yang lagi menikmati kesendirian (emang suka ngilang sendiri, tahu-tahu udah modusin cewek grup lain kalau sudah gagal di grup sendiri ✌) dan paling ngebet cari istri😜.

_20160514_133049

Ada mas Eko, fasilitator yang kadang care, kadang galau dengan usia (((remaja))) akhir dan sering dianggap bapak 2 anak, padahal masih sendiri😂. Ada mas Slam (Slamet) insinyur yang kalem, tapi diam-diam dapet banyak (hati wece yang gemes..ga tahu gemes apanya)😝.

IMG-20160502-WA0026

Ada mba Sisca, dokter kocak dari puskesmas Gorontalo yang sangat mudah baper tiap baca novel (langsung berasa Aubrey di novel Destiny saya 😂😂) dan yang super aktif banget ikutan kegiatan macam KI.

Ada mba’ Flo, apoteker yang sukanya lagu ABG (angkatan bokap gue)😂. Ada mba’ biba yang kalem, dan sering ditanya mas Eko “Mba Biba udah move on?” 😁. Ada Sabrina yang baik udah semangat belikan novel Destiny buat sobatnya hanya karena mantan sobatnya namanya sama dengan tokoh Bintang 😊. Ada Kevi yang baru lulus SMA tapi udah keren banget jadi videografer kita👍.

_20160521_002714

Ada Manda, Zizah, Anisa, dan Rani, cewek-cewek manis yang jarang muncul di grup, jadi bingung ceritainnya 😁. Ada mas Rezha yang baru baca grup setelah satu purnama berlalu.

Ada Deni, fasilitator, dan Intan, programmer, yang mengingatkan saya saat baru awal kerja, masih menggebu-gebu gabung atau bahkan pimpin gerakan sosial 😀. Mereka ini yang paling sering jadi bahan ceng-cengan karena…ehm…makin sering ngeles makin seru dicengin, kan?!😝
Dan ada saya, yang aslinya cuek parah, tapi entah kenapa di grup ini saya jadi sering iseng abis. Tapi, kalau Leoni masih iseng, berarti Leoni masih perhatian, loh. Kalau Leoni sudah jarang ngobrol di grup, berarti ya cukup sudah 😉.

IMG-20160508-WA0029

Ya, semoga persahabatan kita tidak hanya berlangsung satu purnama. Tidak hilang satu per satu karena kesibukan. Tidak putus di tengah jalan karena ketidaknyamanan.

 

IMG-20160502-WA0009

Tetap janjian ketemuan karaoke lagu jadul (terpaksa ngikutin taste mereka), tetap janjian makan bersama atau nonbar, tetap sibuk cari kavlingan, tetap obrolin yang random-random dari AADC, Song Hye Kyo, Pai su chen (?), sampai Pantje Pondaag 😰, tetap ceng-cengan, tetap saling curhat, dan tetap bersama berbuat kebaikan 😊

Satu hari, untuk selamanya 😘

2 thoughts on “Satu Hari Untuk Selamanya

  1. Pingback: Pengalaman Mengajar, Satu Hari Untuk Selamanya | Leonisecret.com

  2. Senang bisa baca artikel kamu tentang bali., tapi bagi saya Bukittinggi lebih menarik lagi, Karena semuanya serba unik,baik masyarakatnya,Budayanya maupun Objek wisata nya. Budaya mereka yang Sekarang adalah perpaduan antara yang traditional dan modern. di sini saya merasa di berikan apa yang butuhkan, laut,danau,sungai,hutan rimba,goa,bukit,lurah dan gunung.bahkan ke hidupan modrn sekalipun.

    Dan jikalau saudari lioni ingin membuktikan hal tersebut. Saudari bisa hub no saya ini sesampainya di bukittinggi.0811752234.
    Salam .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *