Si Cantik Kawah Putih dan Danau Romantis Situ Patenggang di Ciwidey

kawah putih sumber Foto : http://www.wikipedia.org

Bandung kota kembang menyimpan beragam cerita Mojang dan Jajakanya, Begitu juga tentang Keunikan dan kelezatan kulinernya, Serta keindahan dan romantisnya tempat-tempat wisata. Bahkan kini bukan hanya dikenal oleh masyarakat lokal, turis asing dari berbagai negara juga berbondong-bondong berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bandung.

Diantara beberapa tempat wisata di Bandung yang ramai dikunjungi adalah Kawah Putih dan Situ Patenggang di Kecamatan Ciwidey, berikut adalah ulasannya.

Kawah Putih

Bandung Selatan adalah salah satu kabupaten yang terdapat banyak tempat wisata di dalamnya. Kecamatan Ciwidey masih menjadi primadonanya karena terdapat berbagai tempat wisata yang ciamik dan menarik untuk dikunjungi. Si cantik Kawah Putih, danau yang terbuat akibat letusan Gunung Patuha beberapa ratus tahun lalu adalah salah satunya.

Terletak di Jalan Soreang KM 25 Ciwidey, tempat wisata ini mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Cantiknya pemandangan kawah yang bertanah putih dan air yang berwarna hijau keputihan ini menjadi bukti betapa indahnya si cantik Kawah Putih yang menyejarah.

images (12)

Dahulu,  menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, tempat wisata ini memiliki nilai mistik yang kuat dan dikenal angker. Hingga suatu saat ada seorang peneliti bernama Dr. Franz Wilhem Junghunn meneliti fenomena yang terjadi disana. Ia tertarik mengapa tidak ada satu ekor burungpun yang melintas diatasnya.

Saat itu ia berkeliling mencari informasi di masyarakat, alhasil jawaban yang ia dapatkan dari masyarakat tidaklah cukup memuaskannya. Karena masyarakat berangggapan bahwa tempat tersebut dihuni oleh makhluk halus. Saat itu ia kembali melanjutkan penelitian dengan menyusuri hutan rimba untuk sampai di puncak Gunung Patuha yang dulu sempat meletus dan mengakibatkan terbentuknya Kawah Putih.

Dr. Franz Wilhem Junghunn akhirnya menemukan fakta mengapa tidak ada satu ekor burungpun yang melintas di kawah tersebut. Ternyata di sana terdapat sebuah kawah yang memiliki kadar belerang yang tinggi dan cukup menyengat baunya. Bahkan airnya kadang berubah warna sesuai dengan kadar belerang.

Pada saat itulah sekitar tahun 1900-an, danau  yang kini dikenal dengan Kawah Putih dipromosikan menjadi obyek wisata di Ciwidey, Bandung. Sampai saat ini si cantik Kawah Putih masih ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Kecantikan warna danau yang terletak di ketinggian 2400 diatas permukaan laut ini, menjadi bukti karya Tuhan yang begitu indah.

Untuk menuju ke tempat wisata ini juga cukup mudah jika ditempuh dengan kendaraan pribadi. Banyak petunjuk dari Bandung yang mengarahkan ke Jalan Raya Soreang. Apabila menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang Bandung, dapat menggunakan angkot sampai dengan Terminal Ciwidey, kemudian melanjutkan kembali dengan angkot dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini antara lain transportasi dari gerbang sampai dengan kawah, mushola, area parkir, pusat informasi, serta restoran dan tempat yang menjual makanan. Tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp50.000 wisatawan asing.

Untuk wisatawan asing yang ingin bermalam di Ciwidey, di sekitar kawasan ini terdapat beberapa hotel dan cottage yang bisa dijadikan tempat bermalam. Traveloka mempermudah dengan menyediakan fasilitas reservasi hotel secara online.

Menyusuri keindahan si cantik Kawah Putih tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke tetangganya. Sebuah danau yang romantis,  yaitu Situ Patenggang.

images (7)

Sumber:anekatempatwisata.com.

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau wisata yang terdapat di Ciwidey, Bandung. Danau ini terletak di ketinggian 1400 di atas permukaan laut. Kesan romantis begitu terasa saat berkunjung ke danau ini. Pemandangan asri danau dengan kebun teh disekelilingnya, pepohonan tinggi yang menyejukkan  hingga kisah pulau asmara dan batu cinta.

Danau ini memilki cerita dan legenda yang romantis antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Diceritakan dua sejoli tersebut terpisah dalam waktu yang sangat lama. Namun cinta di antara mereka begitu mendalam, Hingga akhirnya mereka saling mencari keberadaan satu sama lain dan bertemulah mereka di suatu tempat yang kini dikenal dengan Batu Cinta.

Setelah mereka berdua bertemu, Dewi Rengganis meminta untuk dibuatkan perahu dan danau agar bisa berlayar bersama sang pangeran Ki Santang. Karena kecintaan yang begitu mendalam, akhirnya Ki Santang mengabulkan permintaan sang Dewi. Dan kini danau tersebut telah berubah menjadi Pulau Asmara, atau di masyarakat dikenal dengan Pulau Sasuka. Menurut mitos yang beredar, jika pasangan yang berkunjung ke Batu Cinta dan Pulau Asmara, jalinan cinta mereka akan abadi.

images (8)

Sumber: anekatempatwisata.com

Selain mengunjungi tempat romantis Batu Cinta dan Pulau Asmara, aktifitas lainnya yang bisa dilakukan di Situ Patenggang adalah bermain sepeda air, memancing, mengelilingi kebun teh, mengelilingi danau dengan perahu warna-warni, serta piknik di pinggir danau bersama keluarga dan orang tercinta.

Fasilitas yang terdapat di Situ Patenggang antara lain gazebo, mushola, penginapan, penyewaan perahu, sepeda air, toko buah, perahu angsa, toko souvenir, dan rumah makan. Tiket masuk ke danau ini Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp50.000 untuk wisatawan asing.

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu 2 Jam dari Kota Bandung ke arah Soreang, Ciwidey. Jika dengan kendaraan umum bisa dengan menggunakan angkot dari Terminal Leuwi Panjang Kota Bandung menuju Terminal Ciwidey. Setelah itu naik angkot lagi yang ke arah Situ Patenggang.

Gimana? Penasaran pengen buktikan cinta abadi? hehe

Yuk, masukin bucket list, kita jalan-jalan ke sana :)

One thought on “Si Cantik Kawah Putih dan Danau Romantis Situ Patenggang di Ciwidey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *