Soft Launch Sugarlive, Aplikasi Live Broadcast Asli dari Indonesia

Kamu suka ngobrol depan kamera? Suka siaran di live broadcast? Atau justru pengen belajar siaran sendiri? Ada berita bagus, nih, buat kamu! Bakal ada platform live broadcast yang Indonesia banget! Yes, ini aplikasi buatan Indonesia, loh! Pada artikel kali ini saya mau cerita soal keseruan soft launching-nya. So, let me introduce you to Sugarlive!

Jadi, 9 Januari 2019 lalu, saya hadir ke undangan invitation only soft launch party platform live broadcast Sugarlive. Awalnya saya tidak mengetahui siapa saja orang di belakang platform ini. Katanya, sih, platform live streaming ini buatan lokal. Itu saja info yang saya tahu. So, malam itu saya datang ke SHY Rooftop, Kemang Raya, Jakarta, di mana berlangsung soft launch party-nya.

Sesampainya di bar & resto yang berada di lantai 4 The Papilion Kemang dengan cahaya lampu yang remang-remang ini, saya disambut oleh cewek-cewek berbusana mini dress hitam lengkap dengan aksesoris black rabbit ear, baik di meja registrasi maupun pintu masuk. Di sana juga ada dua cowok dengan black suit, mengenakan kepala kelinci raksasa. Yes, serba kelinci! Menyadarkan saya bahwa kelinci adalah ikon Sugarlive.

Begitu masuk, mata saya menyapu ruangan, lalu tertuju pada sofa-sofa dekat bar yang berada di ujung dalam resto. Sudah banyak rekan media yang hadir dan menikmati minuman. Saya pun celingak-celinguk mencari wajah-wajah yang saya kenal. Sampai akhirnya saya bertemu banyak teman blogger yang ternyata sudah duduk-duduk di sofa yang terdekat dengan pintu masuk. Di antaranya ada Timo, Arisman, Salman, dan Andrew. Bergabunglah saya di situ. Selanjutnya mulai berdatangan teman-teman blogger lainnya, seperti Aryanata, Ajeng, Linda, dan lainnya.

Tak lama setelah berkumpul, mulai, deh, teman-teman blogger heboh foto di photobox yang dijaga oleh cewek-cewek cantik dengan rabbit ear, yang letaknya dekat dengan sofa kami. Photobox ini bentuknya sebuah hape, lengkap dengan komen-komen, emoticon, dan gift,  menggambarkan layar hape yang sedang menampilkan platform live streaming Sugarlive.
Ya, seperti biasa, blogger nggak perlu diajarin kalo soal foto heboh begini, right?!
Ada yang foto sendiri, ada yang berdua, bertiga, bahkan berenam yang sebenarnya layar dummy sudah tidak cukup menampung badan mereka. Alhasil..yang penting muka nongol.😅
Ada pula yang seru-seruan boomerang untuk diupload langsung ke IG story, termasuk saya. Selalu, donk, pamer eksis lagi ada di acara party seru macam gini itu sebuah kewajiban yang haqiqi.

Saya pun punya ide. Menarik salah satu mas-mas yang mengenakan kepala kelinci ikon Sugarlive tadi untuk berfoto di photobox. Alhasil, lainnya pun ikutan.😂

Di sana barulah saya tahu kalau Managing Director Sugarlive adalah mas Anang Pradipta, teman start up Indonesia. Long time no see! 😁

Acara soft launch dibuka oleh MC duet yang kocak dan rame, salah satunya adalah Mickey AFI! Long time no see, dulu ngidolain, tuh. 😅

MC pun mempersilahkan Ari Setiawan, CEO Sugarlive untuk mempresentasikan ide awal Sugarlive, sekaligus meresmikan soft launch. Soal penjelasannya, bisa baca di bawah ya.👇

Setelah itu dilanjutkan dengan press conference yang bisa dibilang agak silent, karena tidak menggunakan microphone, tapi cukup bisa didengar dari dekat. 😁

Selesai dinner bersama, dilanjut lah dengan games polling dan memilih nama akun paling unik secara online via kahoot. Dipilih lah dua pemenang, yang salah satunya adalah Aryanata yang memilih akun dengan nama ketekgondrong. 😂😂

Baru lah kemudian diisi dengan hiburan musik dari bintang tamu Liza Aditya dan Azmi Alkatiri & band.

It was a fun night to meet all the bloggers and startup fellows. 💙

Tentang Sugarlive

Sugarlive adalah aplikasi live streaming asli dari Indonesia, buatan anak-anak muda Indonesia. Sugarlive berharap bisa jadi social network khusus hiburan buat generasi now. That’s why, Sugarlive bakal dukung penuh kepada content creator lokal untuk dapat menciptakan konten kreatif
khas generasi now Indonesia yang informatif, menghibur, edukatif, dan yang palingpenting..Indonesia Banget!

Menurut Anang Pradipta, Managing Director Sugarlive, maksud Indonesia banget di sini, fiturnya dibuat sesuai dengan kebutuhan rata-rata orang Indonesia, misalnya: fitur jualan, fitur endorsement, multiple camera angle, dan beberapa fitur lainnya yang orientasi nya memang kepada kebiasaan orang Indonesia.

So, buat kamu para content creator, kamu bisa mulai siapkan konsep konten yang sesuai kepribadian kamu mulai dari sekarang, lalu setelah Sugar rilis ke pasaran, kamu bisa mulai live streaming konten-konten yang sudah dipersiapkan tadi.

Perlu diingat, Sugar adalah platform live broadcast. Jadi, para content creator bakal berinteraksi langsung dengan para penggemarnya di seluruh nusantara
saat itu juga. Mereka bakal langsung mendengarkan feedback, komentar, dan apresiasi dari para penggemarnya.

O ya, jangan coba-coba bikin konten 21+ ya. Ada sensornya, loh! 24 jam admin Sugar bakal monitoring, graded report system, moderator room, dan blocked profanity words! So, aman buat yang belum 21+.

Sebagai aplikasi live streaming buatan anak bangsa, Sugar juga ingin mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. Seperti Gojek juga. Ya, memang keberhasilan aplikasi ojek online buatan anak bangsa ini salah satu yang menginspirasi Ari Setiawan, CEO Sugarlive, dan rekan-rekannya, untuk membuat aplikasi buatan Indonesia ini.

Sugar ingin memberikan ruang eksposur yang lebih luas untuk budaya, kesenian, dan pariwisata Indonesia agar lebih terkenal lagi di mata dunia.
Dari Indonesia, untuk Indonesia!

Tentang nama & ikon

‘Sugar’ atau gula itu mudah ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Gula ada di mana-mana, di makanan dan minuman yang sering kita konsumsi. Kita sangat menyukai gula. Bahkan saat kadar gulanya kurang, kita sering protes. Contoh; kalau kopi kurang gula, nggak enak. Kopi kebanyakan gula, juga nggak enak. Dan saat gulanya pas, yang enak adalah kopinya. Itu alasan memilih nama “Sugar” sebagai identitas sugarlive. Dengan harapan itulah Sugarlive akan memberikan porsi yang pas; tidak kurang, tidak berlebihan, sehingga industri kreatif Indonesia menjadi lebih “enak”.

Kelinci itu binatang yang kecil, dan terlihat lemah. Tapi dia memiliki telinga panjang yang membuatnya lebih peka terhadap suara-suara. Dengan pendengarannya, kelinci bisa lolos dari predator yang mengincarnya. Sama dengan Sugar. Mungkin saat ini Sugarlive masih terlihat lemah di antara aplikasi-aplikasi raksasa sejenis, tapi diharap lebih peka. Peka dengan apa? Dengan konten lokal yang diminati masyarakat Indonesia.

Kenapa memakai bahasa Inggris? Karena kata “sugar” memiliki makna yang lebih luas, dan juga untuk mempermudah melakukan penetrasi pasar internasional.

Karakter warna ungu cenderung menunjukkan selera yang tinggi. Warna ungu adalah warna yang eksklusif, karena merupakan kombinasi dari merah dan biru, dan jarang ditemui pada alam semesta.

IMG-20190111-WA0015

Fitur

1. Komentar
Content creator bisa membaca komentar dari para penggemar dan penontonnya; live saat itu
juga. Jadi, kamu bisa kolaborasi dengan para penggemar secara live untuk
polling atau beri masukan akan ke arah konten kamu selanjutnya, misalnya.

2. Apresiasi
Content creator bisa mendapatkan apresiasi dari para penggemar dan penontonnya melalui giveaway atau hadiah virtual yang disediakan di dalam aplikasi. Hadiah bisa ditukarkan menjadi
rupiah, dan besarnya rupiah yang bisa didapatkan bergantung kepada konten yang dibuat oleh content creatornya itu sendiri.

IMG-20190111-WA0016

3. Face Filter
Content creator bisa live kapan pun, bahkan jika belum mandi sekalipun. Ga perlu malu live saat belum Mandi,zina nih, gaes! 😅 Ada banyak face
filter imut dan lucu.

4. Jualan.
Content creator bisa menjual produk saat mereka sedang live, dan hasil penjualan produk sepenuhnya milik content creator.

5. Multi Camera-phone
Content creator bisa mengambil beberapa angle sekaligus menggunakan beberapa smartphone untuk ditampilkan di dalam live-streamnya. Sehingga, memudahkan jika ingin berpindah pindah fokus dari satu frame, ke frame lainnya.

6. Polling/Survey
Content creator dapat mengadakan polling saat sedang siaran, yang bisa digunakan untuk menentukan konten apa yang dipilih atau yang paling disukai oleh para penggemar dan penonton.

7. Challenge
Content creator dapat memberikan, dan melakukan challenge saat siaran. Fitur ini bisa dilakukan bersama para penggemar dan penonton, atau bahkan dilakukan dengan sesama content creator untuk membuat sebuah siaran yang lebih hidup dan menyenangkan.

8. Duet
Content creator dapat berkolaborasi dengan content creator lainnya dalam satu siaran. Dengan duet siaran, kedua content creator dapat menggabungkan kedua penggemar mereka dalam satu sesi siaran.

Aplikasi secara Beta sudah accessible mulai sekarang, namun untuk full publik rencananya dalam waktu dekat di awal 2019!

Udah ga sabar, kan, coba aplikasi live streaming asli dari Indonesia ini?! #ACandyOfHappiness !

Saya, sih, udah pengen streaming konten travel, lifestyle, atau tanya jawab seputar kehidupan cewek. Kalau kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *