Tes Covid 19 Lewat Halodoc Lebih Praktis

Ya, saya butuh urgent rapid test untuk syarat traveling saat itu, kalau bisa yang murah. Kalau swab test memang mahal. Saya pun googling klinik atau Rumah Sakit di Surabaya yang melayani rapid test, dan menghubungi mereka via telpon. Lalu kakak saya menyarankan ke klinik yang sudah dikenal ini, karena biaya rapid test-nya sesuai dengan patokan harga terendah sesuai penetapan pemerintah, yaitu Rp 150.000,-. Setidaknya itu berita yang menyebar. Sampai sana biayanya jadi mahal juga karena ada tambahan biaya konsultasi dokter.

Dari info customer service tadi, saya baru ingat, Halodoc menyediakan layanan rapid test bekerjasama dengan Rumah Sakit atau klinik terpercaya di banyak kota di Indonesia. Jadi seharusnya saya tidak perlu googling lagi soal klinik, tidak perlu cari info harga dan availability melalui telpon, cukup buka Halodoc, baik untuk pilihan Rumah Sakit atau klinik (lengkap dengan harganya, loh), pun juga sudah dengan konsultasinya. Plus, tidak perlu ngantri! Bahkan ada yang personal care, loh, di mana bisa booking untuk tes covid di rumah saja. Lebih praktis.

Masih belum tahu Halodoc? Oke, jadi Halodoc ini merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya.
Di aplikasi ini kamu bisa konsultasi tentang segala keluhan kesehatan melalui fitur Chat dokter, mencari rumah sakit terdekat melalui fitur kunjungi rumah sakit, beli obat, cek lab, dan update informasi seputar kesehatan. Semua bisa di Halodoc! Termasuk SWAB dan rapid test.

Layanan rapid test bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit ini adalah salah satu upaya membantu pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus COVID-19. Kalau belum pernah rapid test, jadi rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji.

Darah yang diambil tadi digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Jadi dapat diidentifikasi lebih cepat infeksinya.

Lalu bagaimana cara melakukan Rapid Test melalui Halodoc?

Gampang!

1. Buka aplikasi Halodoc. Klik tombol “COVID-19 Test” lalu klik Lokasi Rapid Test Drive. Halodoc akan menampilkan rumah sakit yang bekerjasama melayani rapid test Covid-19.
Pilih, deh, tempat dan waktu untuk melakukan rapid test-nya. Di situ sudah lengkap dengan harga, loh.

2. Isi informasi diri termasuk menggugah kartu identitas diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur), lalu lakukan pemesanan. 

3. Tahap pembayaran. Nah, biayanya ini memang berbeda-beda bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Dimulai dari Rp 150.000,-.

4. Setelah sukses registrasi, kamu akan menerima SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS INI yang harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan registrasi rapid test di klinik atau RS yang kamu tuju.

Yang perlu diperhatikan:

*Pastikan datang tepat waktu berdasarkan jadwal. Jangan datang terlalu awal apalagi terlambat ya, karena RS/klinik juga memiliki jadwal temu dengan pasien lainnya. Ini yang tadi saya bilang ‘tidak perlu ngantri’. Karena jadwal kamu sudah terinput ke sistem. Kalau pengalaman saya kemarin, masih harus ngantri karena belum ada janji dengan dokter, padahal di situ banyak pasien lain yang ngantri. Plus, kalau bikin janji lewat Halodoc sesuai jadwal, kamu tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang lebih lama. Ini penting banget di saat pandemi gini. Jadi, tetap menjaga jarak dan mengikuti prosedur kesehatan rumah sakit ya.

*Sebaiknya menuju dan pulang dari lokasi test dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena kita tidak tahu, kan, driver kita carrier atau bukan. Jangan-jangan, tujuannya rapid test, eh malah kena covid. Atau kita sendiri sebagai carrier-nya?

*Pastikan selalu mengenakan masker selama perjalanan maupun selama di lokasi tes.

*Pastikan membawa smartphone yang kamu gunakan untuk melakukan booking, karena di lokasi tes akan ada pemeriksaan KTP (Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur) dan SMS konfirmasi halodoc oleh petugas POS 1 atau customer service.

*Pengambilan sampel darah dan penamaan test kit dilakukan di Pos 2. Jari kita akan disuntik. Tenang saja, tidak sesakit suntik pantat atau lengan, kok.

*Setelah selesai lakukan serangkaian tes, sebaiknya segera meninggalkan area klinik/RS supaya tidak berinteraksi dengan orang lain. Tidak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone kamu sehari kemudian. 

Jika hasilnya positif? 

Sebaiknya segera konsultasi lagi dengan dokter di Halodoc.
Jika gejala masih ringan, biasanya akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Jika tingkatan gejala sedang atau berat, maka harus dirujuk ke rumah sakit khusus penanganan COVID-19 untuk mendapatkan perawatan intensif.

Halodoc untuk Antar Obat

Aplikasi Halodoc ini juga bisa untuk penebusan resep obat, loh. Contohnya di RS Imanuel Lampung. Melalui Halodoc, pasien tidak perlu antre lagi untuk mengambil obat usai berobat. Nanti obatnya diantar pakai ojek online.

Program Halodoc ini bisa diakses setiap pasien, baik pasien umum maupun pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, baik yang baru maupun pasien rawat jalan yang sudah rutin menebus obat di RS Imanuel.
Tapi pasien harus mendapat penjelasan terlebih dahulu mengenai cara minum obatnya dari dokter di Halodoc. Jadi, tidak bisa sembarangan. Tidak bisa diwakilkan, harus pasiennya langsung yang konsultasi dengan dokternya, supaya jelas. Pasien harus membayar obat sesuai resep yang direkomendasikan dokter. Pasien bisa langsung meninggalkan rumah sakit setelah konsultasi, dan menunggu pihak Halodoc (melalui jasa ojek online) mengantar obat ke alamat yang dimaksud.

Ngomong-ngomong soal Rumah Sakit di Lampung, kamu yang di sana juga bisa, loh, cari Rumah Sakit Bandar Lampung terbaik di Halodoc. Tinggal search aja, banyak pilihannya, pun juga dokternya.

So, tunggu apalagi, download aplikasi Halodoc sekarang biar ga ribet antri registrasi rumah sakit atau wasting time menunggu obat.😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *