Tips Berburu Barang Branded dengan Budget Minim

20170824_184453

Barang branded itu addictive. Sekalinya punya, pasti bakal keranjingan untuk beli lagi..beli lagi, dan akhirnya koleksi. Ya karena kualitasnya. Ini juga yang lagi saya alami. Ada beberapa brand yang bikin saya addict, terlalu cinta. Untuk produk tertentu..ya harus brand itu, gak mau yang lain. Permasalahannya, sekarang banyak yang menjual barang branded dengan harga miring. Barang ini disebut ori atau premium, yang ternyata gak beda dengan KW. Nah, supaya tidak terjebak istilah dan harga, kali ini saya mau bagi tips membeli barang branded dengan budget terbatas.


Barang branded itu sudah pasti harganya tidak murah, karena memang tidak murahan. “ada harga ada barang”. Barang branded menggunakan bahan yang berkualitas tinggi, pengerjaannya pun cukup detail. Nggak heran jika harga sebuah tas atau baju branded bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Sebaliknya, banyak yang pengen tampil berkelas dan trendi dengan mengenakan barang branded, tapi tak mau membuat kantong kering. Bukannya tidak mungkin, loh. Ada caranya!

Berikut ini tips membeli barang branded dengan budget terbatas:

1. Membeli koleksi diffusion line

20170824_185628

Manfaatkan diffusion line atau disebut bridge line, yaitu turunan suatu designer brand dengan harga yang relatif lebih rendah. Contoh: Versus by Versace, Miu Miu by Prada atau Marc by Marc Jacobs. Biasanya koleksinya berupa mass collection atau ready to wear. Tetapi karena membawa nama desainer besar, tentu harganya juga tidak tergolong murah.

2. Menunggu program diskon

Kuncinya adalah mencari momen sale di waktu yang tepat. Pertengahan atau akhir tahun biasanya diramaikan dengan program sale di butik atau outlet-outletnya. Tetapi namanya saja barang branded, didiskon sebesar apa juga masih mahal karena harga aslinya sangat mahal.😄

20170824_185837

3. Membeli koleksi lama

Seringkali saat menjelang pergantian musim, ada diskon besar-besaran karena musim akan segera berganti. Misalnya jika dunia fashion mulai ramai meluncurkan koleksi Fall/Winter, biasanya koleksi Spring/Summer sebelumnya akan dijual dengan harga ekstra miring.

4. Preloved, second-hand, atau garage sale.

Membeli Preloved Items bisa jadi solusi cerdas untuk tampil berkelas dengan budget minim!
Preloved Items adalah barang yang pernah dimiliki oleh orang lain, namun masih dalam kondisi yang sangat baik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Bisa juga disebut barang second-hand.
Ini juga yang lagi bikin saya keranjingan. Bukan hanya beli, tetapi juga menjual.
Punya barang-barang bermerek bisa jadi salah satu penghasilan tambahan, loh. Apalagi kalau barang preloved tersebut diproduksi secara terbatas alias limited edition.

20170824_183939

Kenapa saya sangat menyarankan barang preloved? Ini dia alasannya:
1. Kualitas yang prima, harga lebih rendah dari yang baru dan bisa tetap tampil kece.
Solusi untuk wishlist items untuk authentic high end product.

20170824_153450
2. Menghargai arti sebuah hak cipta dan bukan membeli barang yang palsu demi sebuah penampilan.
3. Pengalaman seru ketika berburu dan mendapatkan barang berkualitas terbaik.
4. Ramah lingkungan karena mengurangi sampah industri yang biasanya terbuang ketika produksi sebuah barang baru.
5. Jangan lupa, barang branded yang authentic itu bisa jadi investasi juga! Misalnya tas branded.

20170824_183903

Sudah banyak online shop khusus untuk preloved item. Nah, di situ biasanya saya jual beli barang-barang preloved saya.

Untuk pemburu barang branded, hati-hati ya..banyak istilah yang menjebak.

20170824_183812
Berikut tips untuk berbelanja online barang preloved berkualitas:
1. Barang ‘ori’ itu bukan berarti orisinil dari asal brandnya, loh. Bisa jadi itu memang orisinil, tetapi dari Singapore (umumnya), pusat produsen KW yang mengklaim kesamaan kualitas.
Begitu pula dengan barang ‘premium’. Itu juga KW. Bukan ‘authentic’.

Dari polling di akun twitter saya, ternyata mayoritas sudah paham kelebihan preloved. Meski tidak sedikit juga yang memilih membeli KW premium.

20170824_190503
2. Cari informasi penjual terpercaya di forum-forum.

20170824_153410
3. Mintalah informasi tentang barang tersebut sedetil mungkin. Tanyakan kondisi barang, kekurangannya, cacatnya, secara detail.
Disarankan untuk COD setiap kali bertransaksi.

20170824_153438

Tetapi jual beli online tentu ada resikonya. Kita tidak bisa bertemu penjual secara langsung dan melihat kondisi barang secara langsung. So, paling bagus ya mengunjungi toko yang menjual barang-barang second-hand, atau ikutan garage sale dan bazaar.

Biasanya di acara seperti itu kita bisa temukan barang-barang branded dengan harga yang jauh lebih murah, loh. Siapa tahu justru bisa menemukan barang-barang branded vintage yang langka untuk ditambahkan ke koleksi kamu. Atau bahkan barang branded yang tak disangka ada.

Kalau kamu mulai tertarik dengan barang-barang preloved, tapi masih ragu untuk mencari penjual yang terpercaya, kamu bisa datang ke IRRESISTIBLE BAZAAR 9 yang akan diadakan di Grand Indonesia, West Mall lantai 5 mulai tanggal 13-17 September 2017. Bazaar ini diikuti oleh lebih dari 80 stand produk preloved terpercaya, banyak stand kuliner, dan ada fashion show oleh brand lokal juga. Menarik, kan?!

20170824_153426

IRRESISTIBLE BAZAAR ini digagas oleh mbak Marisa Tumbuan dengan tujuan mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli yang selama ini hanya berinteraksi lewat dunia maya. Acara ini diadakan sejak tahun 2015, dan menjadi salah satu komunitas penjual barang branded terpercaya.

IMG-20170824-WA0004

So, gimana? Tertarik berburu barang branded preloved? Atau tertarik bisnis preloved? Cusss…berburu aja ke Irresistible Bazaar 9! Dijamin..ketagihan.😉

Note: pics from official account of Louis Vuitton, DKNY, miu miu, Prada, & irresistible.bazaar.

3 thoughts on “Tips Berburu Barang Branded dengan Budget Minim

  1. Whooaaaaaa.. hahahaha.. kalo beli branded stuff yang harga asli sih memang belum mampu (pake banget) .. musti yang preloved memang ini.
    Baiklaahh.. cuuuzzz liat bazaar nyaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *