Tips Menang Lomba Menulis Blog: Happy Life Before 40s

20180323_073917

Happy Life Before 40’s, sukses sebelum usia 40 tahun. Pasti semua berharap begitu, kan? Namun sukses seperti apa, kebahagiaan seperti apa yang diharapkan, tentu kembali kepada standar masing-masing. Di artikel kali ini, saya mau berbagi tentang impian yang ingin saya wujudkan sebelum usia 40 tahun. Nantinya giliran kamu buat cerita di blog, ya, siapa tahu menang lomba menulis #HappyLifeBefore40s dari Commonwealth Life, hadiahnya oke banget!
O ya, di sini saya juga mau berbagi tips memenangkan lomba blog, berdasarkan pengalaman 90% kemenangan dari 22 lomba menulis yang saya ikuti.


Impian yang Ingin Saya Wujudkan Sebelum Usia 40 tahun

Sebagai millenial yang mulai menginjak dunia kepala 3, meski karakternya masih sangat millenial pada umumnya, namun tentu anxiety-nya sudah berbeda dengan millenial junior.
Yang saya maksud adalah kekhawatiran tidak eksis atau kekhawatiran akan pengakuan dunia sudah mulai berkurang. Walaupun masih menyandang gelar social media junkie, namun sudah tidak terlalu mendewakan, lebih realistis. Meskipun masih rebel, tetapi mulai menahan diri untuk menerima masukan.

Di tahapan ini, sudah mulai berpikir tentang masa depan, karir yang pasti, tidak berganti-ganti pekerjaan, financial plan, dan investasi.

Impian yang ingin saya wujudkan sebelum usia 40 tahun adalah memiliki aset berupa rumah dari usaha sendiri!

Sekarang, terutama tahun ini, mulai memiliki target untuk berinvestasi, baik berupa rumah/apartemen, atau deposito.

Mulai berkurang keinginan untuk hangout dan nongkrong yang tak perlu, atau membeli barang branded yang tidak bisa diinvestasikan. Karena hobinya traveling, tentu masih menabung untuk traveling, tetapi traveling with a cause, bukan lagi sekedar traveling untuk instagram photo cause. 

Kalau dulu yang penting jaringan, colokan, sandang, pangan, baru papan, sekarang prinsipnya, invest right after I get my income. Saving dulu..baru shopping.

china-convenient-fireproof-morden-luxury-prefab-steel.jpg_350x350
Saving ini bisa berarti investasi, salah satunya dalam bentuk cicilan rumah, bukan lagi disisakan untuk keperluan sementara atau tergoda hal-hal yang tidak perlu.

Satu lagi yang penting, adalah mulai memikirkan risiko terhadap jiwa dan aset-aset tadi. Memiliki asuransi sangatlah penting untuk mengurangi risiko yang datang sewaktu-waktu, karena bila risiko datang, kerugian yang timbul dari aset kita akan ditanggung oleh asuransi. Demikian juga dengan jiwa.

Jika sudah memiliki asuransi sebagai proteksi, maka bisa mulai berpikir melakukan investasi. Investasi berada setelah asuransi karena potensi hal-hal tak terprediksi yang bisa saja terjadi. Jadi tidak ada kasus menghabiskan seluruh dana yang dimiliki untuk berinvestasi tetapi tak punya sisa dana membayar polis asuransi keluarga.

Karena concern dengan risiko ini, saya mulai mempelajari beberapa asuransi jiwa unit link dan asuransi jiwa tradisional dari Commonwealth Life yang menarik, pas untuk kebutuhan saya, dan pastinya investasi yang aman, sejalan dengan nilai utama Commonwealth Life “Grow Safe with Us”. Kamu bisa pilih daftar asuransi terbaik di sini.

banner SEO

“Happy Life Before 40s” Writing Competition

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, Commonwealth Life menyelenggarakan writing competition.
Lewat tema “Happy Life Before 40s”, peserta diminta menceritakan impian yang ingin diwujudkan sebelum usia 40 tahun. Di dalam cerita tersebut, kamu harus memasukkan topik menjadikan asuransi sebagai salah satu impian untuk melindungi diri sendiri atau keluarga. Yaa, kira-kira seperti yang saya ceritakan tadi.

Hadiahnya menarik banget, gaes! Ada Notebook, Kamera Mirrorless, Samsung Smart Watch! Saya juga mau bangeeet.

Untuk syarat dan ketentuan “Happy Life Before 40s” Writing Competition bisa dilihat di http://bit.ly/writingcompetitionblogger

20180323_094958

Tips Menang Kompetisi Menulis

Nah, seperti yang sudah saya janjikan, saya akan memberikan sedikit tips untuk memenangkan kompetisi menulis. Ya, berdasarkan 20 kali menang lomba menulis dari 23 partisipasi. Tips ini dengan catatan, bukan lomba yang dinilai berdasarkan SEO ya, tetapi lebih ke isi tulisan.

Tips:
1. Tulis apa yang kamu suka/concern.
Karena menulis yang dipaksakan dengan menulis dari hati itu sangat terlihat bedanya. Pembaca pun bisa merasakan ada passion atau tidak dalam tulisannya. Tulis kekhawatiranmu, passion-mu, pengetahuanmu.
Dengan tips ini, tentu ikuti lomba yang temanya kamu banget. Secara pembaca blog saya kebanyakan millenial, tentu belum 40 tahun, kan, ya? Nah, cocok tuh ikut lomba ini.

2. Tulis yang kamu tahu, sesuai pengalaman pribadi atau orang terdekat.
Umumnya pemenang lomba menulis itu mereka yang menulis pengalaman pribadinya, sehingga dia tidak hanya berteori, tetapi lebih story telling. Karena kalau sekedar teori, semua juga bisa googling.

3. Tulis dengan bahasa dan karakter kamu banget.
Tulisan yang memasukkan karakter asli, tentu terasa lebih original dan tidak kaku. Lebih enak dibaca.

4. Inspiring, penting, dan informatif
Percuma menulis dengan gaya story telling yang bagus, tetapi isinya tidak berguna untuk pembaca. Akan lebih bernilai lagi jika isinya inspiring, mempengaruhi, menggerakkan orang untuk mengikuti. Ada emosi positif.

5. Ikuti syarat dan ketentuan
Nah, ini penting banget. Salah satu yang bikin gagal. Percuma segala tips di atas diikuti, bila ternyata penilaiannya berdasarkan SEO. So, ya harus mengikuti syarat tulisan yang SEO minded. Tapi ini bukan keahlian saya.
Termasuk juga karakter dan point of view brand, jumlah kata, keyword, serta do/don’t, yang kadang suka dilupakan. Point of view dan karakter brand/penyelenggara ini penting banget diperhatikan untuk menyentuh hatinya. Jadi jangan lupa, benar-benar perhatikan syarat dan ketentuan di http://bit.ly/writingcompetitionblogger

Oke, itulah sedikit tips memenangkan kompetisi menulis berdasarkan pengalaman saya.

Jangan lupa LIKE Fan Page Commonwealth Life (www.facebook.com/commlifeid) FOLLOW Instagram @CommLifeID (www.instagram.com/commlifeid)
Twitter @CommLifeID (https://twitter.com/CommLifeID)

Selamat menulis. Selamat menginspirasi! Good luck!

6 thoughts on “Tips Menang Lomba Menulis Blog: Happy Life Before 40s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *