Tips Mengurangi Stres dan Mengembalikan Jam Tidur dengan Treetment Indonesia

2018-01-23-11-14-51-673

Jam biologis kacau. Itu persoalan saya yang selalu berulang tiap stres banyak deadline atau tekanan pekerjaan, membuat wajah jadi tidak cerah lagi karena tidur pagi atau kurang tidur. Apalagi mengembalikan jam tidur tidak semudah membalik telapak tangan, harus didahului dengan mengurangi tekanan atau stres sebelum tidur. Jika stres dibiarkan, bukan hanya jam biologis saja yang kacau, tetapi juga bikin depresi, emosi, dan penurunan produktifitas. Jadi, bagaimana solusinya?

Banyak faktor penyebab stres selain tekanan pekerjaan. Misalnya, masalah keluarga, permasalahan dengan lingkungan sekitar, permasalahan cinta, atau persoalan macet yang bikin tua di jalan. Hidup di Jakarta, sudah pasti pernah mengalaminya, kan?!

Pekerjaan kadang membuat saya tidak bisa menolak untuk tidur pagi, entah karena harus hadiri acara midnight atau karena deadline, yang akhirnya bikin jam biologis kacau lagi. Jadi ya harus memiliki trik sendiri untuk mengatasinya.

Nah, berikut tips mengurangi stres dan mengembalikan jam tidur ala Leoni:

1. Mandi atau Berendam.

2018-01-30-09-16-55-181-01

Memanjakan diri dengan mandi atau berendam adalah cara paling mudah hilangkan stres sejenak. Air diyakini memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Dan paling efektif adalah mandi atau berendam dengan air hangat di bathub, sekadar rileks tiduran, tanpa memikirkan penyebab stres. Mandi bikin pikiran fresh lagi, sementara berendam di bath tub mudah bikin ngantuk. Jadi, bisa dapat segarnya dan dapat ngantuknya, tinggal piluh yang mana.😉👌

2. Mendengarkan Musik

IMG_20171230_174104_881

Ada sebuah penelitian dari University of Maryland School of Medicine yang mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit selama 30 menit bisa melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit.

Kalau saya lagi penat, biasanya jalan kaki sambil mendengarkan musik, sampai tak terasa sudah jauh jalannya. Atau jogging. Balik-balik, penatnya sudah berkurang, bahkan hilang, dan mudah ngantuk karena capek.

3. Olahraga

IMG_20171019_063818_680

Olahraga itu baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Saat berolahraga, tubuh meningkatkan produksi hormon Endorphin, yaitu hormon yang memberi ketenangan bagi pikiran. Jadi, tentu cocok untuk obat stres, asal olahraganya yang kita sukai, ya. Kalau bukan yang kita suka, nanti malah stress karena terpaksa.

Saya, sih, biasanya hilangkan stres dengan basket, body work out, atau lari.

Kelebihannya lagi, setelah olahraga biasanya jadi ngantuk karena rasa capek fisiknya. Ini salah satu kegiatan paling efektif untuk kembalikan jam biologis!

4. Massage

Beberapa kali saya tertidur saat dipijit, bahkan saat creambath, di mana saat itu kepala saya sedang dipijit. Terlalu relaks. 

Pemijatan sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Jadi tentunya pijat bisa bikin stres berkurang dan kualitas tidur lebih baik.

5. Traveling

IMG_20171213_092649_756

Traveling itu bikin suasana hati jadi rileks, bebas dari negative thinking, negative people, sehingga bebas dari stress. Uniknya, meski sebelumnya jam biologis kacau, tetapi begitu traveling, jam biologis jadi normal lagi! Kuncinya, karena kecapekan jalan dan karena niat mengejar sunrise! 

Saat traveling, saya juga bisa melakukan dua passion saya, yaitu menulis dan fotografi. Saat memotret adalah saat di mana saya paling tenang. Dan traveling adalah saat saya mudah mencari inspirasi. Saya pertama kali mendapat inspirasi novel ‘Destiny’ ketika berlibur di Nusa Dua.

6. Aromaterapi

20180130_085352Satu lagi trik paling efektif untuk mengembalikan jam tidur adalah dengan aromaterapi!

Indra penciuman berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat kendali emosional dalam otak manusia. Itulah mengapa aromaterapi bisa jadi terapi untuk merangsang emosi manusia.

Jadi ceritanya, dua minggu ini jadwal saya penuh dengan meeting dan deadline. Jam biologis jadi kacau karena sering tidur di atas jam 2 dini hari. Akibatnya makin lama, jam tidur bergeser ke jam 4 pagi. Ini bikin nambah stres karena wajah jadi tidak cerah.

Lalu ada teman yang bawakan aromaterapi. Saya pun mencoba Treetment Aromatherapy Oil dengan aroma lavender, lengkap dengan Leisure Ultrasonic Diffuser. Dan ternyata…efeknya ajaib! Seperti terhipnotis oleh wangi aroma lavendernya dan 7 warna cahaya Leisure Diffuser, belum ada satu jam dinyalakan, tahu-tahu sudah mengantuk saja, gitu. Saya pun bisa mulai tertidur sebelum jam 11 malam! Amazing!

Esoknya saya mencoba yang aroma bamboo. Efeknya sedikit berbeda dengan aroma lavender. Kalau aroma lavender bikin ngantuk dan tidur nyenyak, aroma bamboo lebih bikin segar, stress free.

Baru akhirnya saya paham, ternyata, memang beda aroma memiliki beda efek dan manfaat.

20180130_082259

Lavender Treetment Aromatherapy Oil:
Konon katanya, bantal-bantal diisi dengan bunga lavender saat orang-orang kelelahan dan sulit untuk tidur. Hal ini karena Lavender dapat memperlambat aktivitas sistem saraf, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan mood orang yang menderita gangguan tidur.
Ambience : Romantic
Manfaat :
a. Merelaksasi tubuh
b. Meningkatkan kualitas tidur
c. Meringankan stres dan rasa cemas
Jadi, Lavender Treetment Aromatherapy Oil ini memang paling cocok untuk digunakan sebelum tidur. Beberapa kali saya coba, bahkan saat sambil menonton film, yang notabene sudah rileks pun, baru beberapa menit sudah tertidur. Jadi tidak direkomendasikan untuk digunakan sambil bekerja, nanti mengantuk, pekerjaannya tidak selesai. Kecuali memang niatnya untuk tidur.

20180129_190553

Bamboo Treetment Aromatherapy Oil:
Bangsa Cina kuno memanfaatkan khasiat bambu untuk melepaskan energi negatif dan mencerahkan aliran energi. Dengan khasiatnya, bambu digunakan untuk membersihkan noda hati dan melepaskan beban masa lalu serta penyesalan. Wow banget, kan?! Bisa bikin move on! 😱
Bambu pun bisa mendatangkan perasaan bangga dan apresiasi terhadap diri sendiri berkat aliran energi yang bersih dan suasana hati yang bahagia.
Ambience : Cheerful
Manfaat :
a. Meningkatkan ketahanan mental
b. Membangkitkan semangat
Nah, aroma bambu ini cocok digunakan sambil bekerja atau nonton. Ditanggung stres berkurang.

Untuk malam hari, saya lebih favorit aroma lavender. Suka wanginya dan efek bikin mengantuknya. Sementara aroma bambu saya manfaatkan untuk menemani bekerja, biar lebih fokus dan rileks.

20180130_085445

Yang menarik lagi adalah Leisure Ultrasonic Diffuser-nya.
Leisure Ultrasonic Diffuser ini bentuknya indah elegan jadi bisa mengubah ruangan ke dalam suasana elegan yang sederhana. Belum lagi kejutan 7 warna cahayanya yang bikin romantis.

Coba matikan lampu kamar atau ruangan, nyalakan diffuser sambil mendengarkan musik slow favorit kamu, ditanggung kamu bakal terbawa suasana romantis! Biasanya saya pilih musik slow jazz & blues macam Diana Krall, Bubble, atau Norah Jones. Kadang juga lagu slow favorit dari genre berbeda yang bisa bawa suasana romantis dan siap membawa kita ke alam mimpi.

20180130_085536 Untuk info mengenai produk, follow akun social media-nya di:
Facebook: https://www.facebook.com/treetment.id/
Instagram: @treetment.id https://www.instagram.com/treetment.id/ #TreatMeRight #TreetmentTherapy

So, buat kamu yang punya masalah insomnia, stres, jam biologis kacau, atau susah tidur, try it! Beli Leisure Ultrasonic Diffuser dan Treetment Aromatherapy Oil, recommended, it’s worth!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *