Upaya World Fashion Connect Angkat Fashion Indonesia ke Internasional

20170124_164459

“Di setiap fashion week dalam negeri, produk  Indonesia bagus-bagus, tapi mengapa brand Indonesia tak ada (tidak dikenal) di luar negeri?”
Pertanyaan yang disampaikan oleh Indra Sukirno ini mungkin juga jadi pertanyaan banyak orang, dan juga tentunya saya pribadi. Hmmm..kira-kira kenapa ya?

Ya, itu yang selama ini saya pertanyakan, padahal kalau dilihat dari beberapa fashion week dari tahun ke tahun, seharusnya ratusan brand bisa mewakili Indonesia di luar negeri. Desain dari para desainer Indonesia tidak kalah dengan desainer luar negeri, bahkan bisa dibilang, desainer Indonesia cukup unggul di Asia.
IMG_20170119_202042_286Event fashion week pun membawa banyak international buyers ke Indonesia, tetapi selalu gagal karena masalah yang sama dari tahun ke tahun, belum adanya kesiapan pebisnis fashion lokal untuk memenuhi banyaknya permintaan buyers dalam hal jumlah dan waktu, atau karena tidak memenuhi kualitas dan standar yang diminta buyers.

Inilah pe-er besar bagi pemerintah, industri fashion Indonesia, untuk mempersiapkan mereka. Ini juga yang menjadi perhatian Indra Sukirno, Moskwita Darmawan, Ina Indrawati, serta Dahlia Sardjono, sehingga mendirikan World Fashion Connect (WFC).
Pekerjaan tersebut akan dijalankan bersama fashion curator dan parafashionpreneur.

20170124_165829

4 perempuan pencinta fashion Indonesia ini mendirikan WFC sebagai independent agency untuk menjembatani internasional buyers dengan fashionpreneur lokal (desainer, kreator, dan pengusaha fashion).

Pada bincang-bincang dengan media di acara peresmian WFC, 19 Januari 2017 lalu di Wimo Fashion Gallery, mereka mengungkapkan keoptimisannya dengan visi “Elevating Indonesian fashion economy to the next level”. To put Indonesia in the map of international fashion.

WFC bercita-cita agar para fashionpreneur lokal mendapat pengakuan dan liputan internasional, baik untuk brand maupun produknya, dengan cara membuka jalan bagi brand Indonesia ada di pasar internasional melalui pembekalan dan networking dengan international buyers.

20170124_164443

Program edukasi dan pembekalan akan dilakukan dibuat melalui seminar/workshop berkala. Begitupun dengan fashion trade contacts and trade shows yang mempertemukan buyer dan fashionpreneur.

Tentunya tidak sembarang fashionpreneur bisa mengikuti pembekalan dan trade contacts ini, sebelumnya pihak WFC akan melakukan kurasi terlebih dahulu. Syaratnya antara lain, brand lokal tersebut mengusung sentuhan seni, etnik, dan budaya Indonesia. Raw material dan tenaga kerjanya pun harus dari Indonesia.

20170124_165811

Dalam menjalankan misinya, WFC bekerja sama dengan para kurator fashion/fashionpreneur, didukung penuh oleh pihak Kementerian Perdagangan dan Badan Ekonomi Kreatif.

Ke depannya, WFC menyiapkan beberapa agenda berupa program edukasi/pembekalan seperti seminar/workshop dengan berbagai pembicara ternama di bidang financial, fraight forwarding, kontrak, bahkan perbankan, secara berkala. Juga sesi pertemuan antara international buyer (department stores, flagship stores, maupun retail) dan fashionpreneurs. Dan tentunya WFC akan bekerja sama dengan fashion week dalam negeri dan luar negeri.

20170124_165740

Bisa dibilang, KPI (Key Performance Indicators) dari pemerintah adalah KPI dari WFC juga. Cukup berat dan optimis ya. ☺

IMG_20170120_112852_610

So, kita tunggu kiprah WFC dengan visi muluanya. Sementara tugas kita, ya turut mendukung, turut optimis, dan ikut mengawasi. 😉

8 thoughts on “Upaya World Fashion Connect Angkat Fashion Indonesia ke Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *