Weekend Getaway ke Pulau Macan, Private Island?

pic by travelogyID

Hai Jakartans dan sekitarnya! Mau cari alternatif weekend holiday selain Puncak Bogor, Bandung, Anyer, atau Tidung? Sudah pernah dengar pulau Macan di kepulauan Seribu? Kalau mau ngerasain weekend getaway seru (serasa) di pulau pribadi, berarti kamu wajib coba liburan di sana!

Serasa di pulau pribadi? Yes! Ini alasannya kenapa Pulau Macan tepat banget untuk weekend getaway yang nyaman:

  1. Nggak jauh dari Jakarta! Pulau Macan bisa dicapai dalam waktu 90 menit dengan speed boat  dari Pelabuhan Marina Ancol Jakarta. Kapal khusus ke pulau ini selalu stand by di Marina Ancol setiap hari pada pukul 8 pagi. Sementara, kapal akan berangkat dari Pulau Macan ke Jakarta pada pukul 2 siang setiap hari Minggu, atau sekitar pukul 4 sore jika menggunakan inter island ferry.

    pic by thejapra

2. Pulau Macan memang jarang menjadi tujuan wisata backpacker.

Pulau ini memiliki pengunjung lebih sedikit dibandingkan pulau tetangga di Kepulauan Seribu,karena selain merupakan resor bertema eco yang cukup mewah, pihak pengelola memang membatasi tamu yang datang ke sana, hanya kurang dari 40 orang per hari. Serunya, pas banget buat melarikan diri dari kesibukan weekdays karena sepinya, cocok untuk acara keluarga, atau party karena konsep private-nya!

3. Resor pulau Macan ini menyediakan banyak kamar.

Dari yang paling terjangkau, island tent yang memuat 3 orang, hingga tipe Sunset Hut dengan pemandangan sunset. Bentuk penginapan di pulau ini sangat menyatu dengan alam sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam Pulau Macan tanpa ada batas waktu.

Contohnya Sunset Hut. Pondokan ini memiliki 1 double bed dan 2 single bed. Istimewanya, pondokan ini menghadap ke Barat di mana kita bisa menikmati pemandangan sunset tanpa terganggu. Ya, tanpa dihalangi pintu dan jendela! Pondokan inilah yang sempat saya huni selama di sana. Bed-nya lucu, serba pink dan putih lengkap dengan kelambu. Kamar mandinya pun tak kalah cantiknya dengan konsep alami.

4. Di sini banyak tempat untuk bercengkerama atau mengadakan party. Ada Club House, bangunan utama yang cukup luas untuk menikmati hidangan yang disajikan secara buffet, sambil menonton film dari koleksi DVD, atau sekedar bersantai dan membaca. O ya, banyak colokan listrik di ruangan ini. Penting!

Bamboo Bar & Sundeck untuk berkumpul, ngobrol, sambil berjemur di bawah sinar matahari kalau siang, atau sambil menikmati bintang terang saat malam tiba.Di lokasi ini lah paling tepat untuk party di alam terbuka, lengkap dengan bar dan dek. Atau bisa juga jadi tempat makan bersama dengan pemandangan keren laut lepas.

O ya,ada pool table juga, loh.

pic by travelogyID

pic by travelogyID

5. Apa yang terpikir kalau berlibur di pulau kecil tengah laut?

Tentunya aktivitas snorkeling atau scuba diving nggak boleh ketinggalan, dong?!

pic by njoel17

Jangan khawatir, pengelola resor sudah menyiapkan semua peralatan untuk hiburan wisata laut yang dibutuhkan, kok. Di sini ada tenda penyimpanan alat-alat sekaligus toko yang menyimpan perlengkapan snorkeling dan toko suvenir maupun snack. Life jacket, masker, snorkel, booties, atau fins, untuk perlengkapan snorkeling, semuanya disediakan secara gratis di sini.

pic by travelogyID

Malas snorkelong atau diving? Kamu bisa ikutan island-hopping menggunakan perahu untuk mengunjungi pulau-pulau tetangga, seperti pulau Macan Kecil atau Macan Gundul. Kalo air laut tidak pasang, kita bisa berenang atau jalan menyusuri air lautnya ke pulau Macan Gundul, loh, atau bisa juga main kano. Seru!

pic by travelogyID

pic by travelogyID

6. Pulau Macan Besar ini konsepnya eco friendly, memadukan nuansa alami dengan teknologi modern.

pic by travelogyID

Pulau ini menggunakan listrik bertenaga surya yang ramah lingkungan. Limbah sampah pulau ini dikelola dengan baik, sebagian didaur ulang, sebagian dijadikan pupuk, dan sisanya dihancurkan. Makanan yang disuguhkan pihak pengelola resor sendiri adalah hasil kebun organik mereka, lho! Memang makanannya terbilang sederhana, tetapi segar.

Kecuali, kita membawa tukang masak sendiri, seperti saat kami di sana, karena berencana untuk private party. Dan makanan ibunya enak bangeettt!

Berapa sih budget untuk menikmati kenyamanan Pulau Macan ini?

Meskipun sedikit lebih mahal, dibandingkan trip getaway sekitar Jakarta lainnya, minimal 1,5 juta per orang per 2 hari 1 malam, tetapi tarif itu sudah mencakup banyak, loh. Biaya ini sudah termasuk biaya penyeberangan dari Marina Ancol menuju Pulau Macan dan sebaliknya.

pic by travelogyID/Babab

Juga termasuk biaya makanan selama menginap dan snack serta minuman yang bisa dinikmati tanpa batas. Tak ketinggalan pula, penggunaan fasilitas seperti perlengkapan snorkeling, perahu, kano, dan pool table. Tak ketinggalan juga retribusi masuk ke Taman Nasional Pulau Seribu.

Jadi, biaya yang kita keluarkan tadi bisa terbayar banget dengan pengalaman liburan weekend getaway eksklusif ala pulau pribadi yang seru dan nyaman :)

6 thoughts on “Weekend Getaway ke Pulau Macan, Private Island?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *