Youthful Spirit on PI Men Fashion Week 2015

Dhanst by Dhanny
Shoes by Mario Minardi
For PI Men’s Fashion Week #PIMFW2015

Hari gini, dunia fashion dan perkembangannya bukan cuman diminati oleh perempuan saja, tetapi kaum pria pun tak mau kalah. Makin banyak cowok yang fashionable dan paham bagaimana harus dress up. Ngobrolin soal fashion pria, memang, sih, tak banyak event khusus yang bisa jadi barometer fashion pria di Indonesia. Satu-satunya Fashion Week khusus pria di sini hanyalah Plaza Indonesia Men’s Fashion Week (PIMFW).

Nah, September ini jadi bulan yang didedikasikan Plaza Indonesia untuk para pria, dan PIMFW 2015 kali ini mengangkat tema berbeda dari biasanya, The Youthful Spirit!

Tema The Youthful Spirit, selain terlihat dari koleksi-koleksi yang dihadirkan PIMFW, juga dapat dirasakan dengan suasana ruang fashion show yang menampilkan gambar hasil karya dari 8 seniman grafitti.

‘Ulterior’ by ISIS
For PI Men’s Fashion Week #PIMFW2015

PIMFW 2015 yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 19 September 2015 ini menghadirkan 14 brand ternama, baik Internasional maupun Indonesia.

PIMFW dibuka dengan Fred Perry yang menampilkan Men’s Authentic Collection di mana Fred Perry mengeluarkan koleksi  klasiknya terinspirasi dari subkultur Mod ala Inggris yang menjadi ciri khas brand tersebut. Yang unik, show dibuka dengan permainan badminton, lengkap dengan net, antara Fedi Nuril dan Dimas Beck. Kedua artis ini memang kerap jadi model catwalk.

Masih di hari pertama, show dilanjutkan dengan koleksi dari Rococo The Men’s Pop Up Store, sebuah gerai multibrand kontemporer untuk pria yang baru hadir di Plaza Indonesia dengan mengusung beberapa brand Amerika dan Eropa. Dengan judul ‘Chaos and Calm’, show-nya bertemakan rock and roll,dan dibuka oleh dua musisi rock n roll. Banyak memamerkan koleksi jaket kulit, rugged jeans, dengan elemen kontras seperti knitwear, plaid shirt, lustrous suit jacket, dan sepatu kulit.

Ben Sherman melalui koleksi Autumn/Winter 2015 menjadi penutup show hari pertama. London Calling menjadi judul dari show yang terinspirasi dari Circular Geo Trend. Ario Bayu menjadi salah satu bintang tamu yang memperagakan koleksinya.

PIMFW hari ke-2 dibuka dengan show dari Adamist yang menampilkan tema The Convicts bagi para pria yang berani tampil beda, keluar dari comfort zone. The Convicts adalah fashion-daredevils dan style-rebels yang menantang norma umum dalam berpakaian. Itulah mengapa dekorasi fashion runway-nya menggunakan tema jeruji penjara, dan para model pun menggunakan aksesori borgol yang telah terlepas.

Tetap dengan signature slogan “classic with a twist”, koleksi baru ini menahan sisi klasik dari siluet tiap setelan dan kemeja,sembari menambah ‘twists’ inovasi dari yang halus hingga keras. Walaupun ciri khas hitam dan putih dari koleksi Adamist masih mendominasi, ditawarkan juga koleksi dengan warna menyolok, seperti merah dan biru.

Show Antony Morato menutup PIMFW hari ke-2. Koleksi Fall/Winter 2015 dari brand pakaian pria asal Itali ini terinspirasi akan keindahan šarsitektur Roma. Berbeda dengan brand lainnya yang menampilkan bintang tamu selebriti pria, show kali ini justru menampilkan selebriti péempuan untuk tampil jalan di catwalk. Salah satunya adalah Mulan Jameela.

By Antony Morato
For PI Men’s Fashion Week #PIMFW2015

By Antony Morato
For PI Men’s Fashion Week #PIMFW2015

Sementara di hari ke-3, Alleira batik menghadirkan tema Metamorphs, di mana Alleira mengkombinasikan motif batik klasik yang seiring dengan waktu bermertamorfosis menjadi motif batik bergaya modern kontemporer dengan styling yang sesuai untuk kaum urban.

Perpaduan antara gaya klasik dan modern juga ditemukan di koleksi Dhanst by Dhanny yang tahun ini bekerjasama dengan brand sepatu, Mario Minardi.

Hari ke-3 ini ditutup oleh show dari ISIS yang kali ini memberi nama koleksinya ‘Ulterior’ terinspirasi dari robot sci-fi era 80’an, seolah menanyakan seperti apakah bentuk fashion pria di masa yang akan datang. Dalam show kali ini, ISIS bekerjasama dengan Samsonite Red dan NewRock untuk koleksi sepatunya.

Seperti biasanya, fashion show  ISIS selalu berisi banyak selebriti sebagai bintang tamu. Kali ini giliran Aryo Wahab, Andy /Rif, dan Indy Barends, yang ditantang berjalan ala model catwalk.

Sementara Teza Sumendra selain berjalan ala model, pemilik suara sexy ini juga membawakan satu lagu mengiringi para model dan selebriti yang berjalan di runway. Inovatif dan out of the box memang jadi ciri desain ISIS, namun tahun ini ISIS mulai keluar dari pattern printingnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *