7 Tips Mempertahankan Relationship

by : Leonita Julian

Mendapatkan pasangan impian itu baru awal, tetapi mempertahankannya itu akhir yang tidak mudah.

Banyak saya dengar keluhan dari teman dekat mengenai pasangannya yang selingkuh atau selalu diselingkuhi atau sebaliknya, selingkuh karena bosan dengan pasangannya. Lucunya, mereka yang mengeluh diselingkuhi itu kebanyakan berpenampilan yang ‘tidak bisa dibilang jelek’, karir mereka pun bagus.

Berikut ini ada 7 tips yang mungkin bisa membantu untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan. Tips ini saya rangkum dari kesimpulan beberapa cerita cinta yang terjadi pada teman-teman terdekat atau pengalaman pribadi, baik yang sudah menikah maupun yang belum, baik yang kandas ataupun yang langgeng.

1. Komitmen

Komitmen yang dimaksud adalah komitmen jangka panjang untuk tujuan bersama, Future dream, ‘impian’ berdua, untuk kebahagiaan “abadi”. Pasangan yang memiliki komitmen jangka panjang pasti akan lebih berpikir dua kali untuk mengkhianati cintanya, dibandingkan mereka yang sekedar have fun apalagi just flirting. Hal ini berlaku pula untuk merried couple.


2. Bangun Kepercayaan

Percaya, kata ini mudah diucapkan tetapi sangat sulit dijalani, apalagi bila pasangan pernah mengalami kejadian yang mengganjal di antara keduanya. Pasangan yang saling percaya akan berusaha menjaga kepercayaannya, dibandingkan mereka yang merasa tidak diberi kepercayaan, mungkin semakin tidak dipercaya, semakin menjadi-jadi. Namun percaya 100% juga tidak sepenuhnya benar, hehe. Ingat, tidak ada manusia sempurna. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah solusinya!


3. Jangan sekali-kali memberi peluang bagi orang lain yang bisa mengancam hubungan

Jadikan dirimu teman curhat bagi pasanganmu. Dengarkanlah dengan ikhlas bila pasangan ingin curhat, sehingga terjalin komunikasi yang intens. Even it just a little talk about little thing.

Komunikasi kecil ini kadang diremehkan. Sesibuk apapun, responlah keinginan pasangan kita untuk saling curhat. Jangan sampai pasangan kita lebih memilih orang lain, teman lawan jenis, untuk mendengarkan curhatannya. Hindari kedekatan emosional pasangan dengan orang lain lawan jenis.


4. Saling memaafkan dan bicarakan solusi terbaik

Tidak ada manusia sempurna. Kesalahan dan kekhilafan sangat mungkin terjadi. Bila memang terjadi ‘masalah’ dalam relationship, dewasa tidaknya kita adalah dilihat dari cara kita menyelesaikannya. Bicarakan berdua pada saat emosi sedang stabil (hasilnya pasti berbeda dengan ketika masih emosi).

Segera sadari akar permasalahan, saling memaafkan, minimal salah satu ada yang berlunak hati untuk memaafkan. Ambil jalan tengah dan hasilkan solusi terbaik untuk mengembalikan kehangatan hubungan.


5. Remember the Moment and get your own Love Songs

Say it with love song. Hampir semua orang menyukai musik. Apalagi mereka yang sedang jatuh cinta. Lagu bisa jadi alat perayu terbaik. Terkadang tanpa perlu mengeluarkan kalimat-kalimat hingga mulut berbusa alias basa basi, cukup dengan lagu, perasaan kita sudah tersampaikan dalam lagu itu.

Lagu cinta pun bisa jadi salah satu pengobar ‘gelora asmara’..ehm..meminjam istilah dari Derby Romero, di saat hubungan sedang mengalami kesuntukan. Dengan mendengar lagu cinta, pasangan akan mengingat moment-moment istimewa atau gambaran sosok pasangannya.


6. Panggilan sayang dan kalimat sakti

Setiap orang pasti ingin menjadi yang teristimewa bagi pasangannya. So, jangan samakan panggilan sayang untuknya dengan orang lain. Itu akan membuatnya merasa dihargai. Tidak kalah pentingnya, buatlah pasangan kita senang dengan kalimat sakti. Misalnya Ilu, Imu, Inu..“I love you, I miss you, I need you”. Kalimat sakti akan semakin special bila pasangan sedang berjauhan dalam jangka waktu tertentu atau istilahnya long distance relationship.


7. Be creative!

Sudah mendapatkan pasangan impian, jangan berbangga dan nyantai dulu. Mempertahankan lebih sulit daripada meraih! So, be creative!

Jangan jadi pasangan yang membosankan bagi pasangan kita. Jangan menunggu dia selingkuh atau mati kebosanan karena tidak ada surprise indah atau kata-kata cinta atau bahkan kata-kata ‘nakal’..hmm..terkadang pasangan butuh itu loh. Jangan hanya menggebu di depan, saat pendekatan, then makin lama makin hilang kemesraannya.

Jangan pula melupakan penampilan. Diakui atau tidak, penampilan itu perlu! Tidak ada salahnya kita sedikit mengikuti mode. Jangan ketinggalan jaman lah. Jangan memberi kesempatan pasangan kita memimpikan wanita/pria lain. Bagi yang sudah menikah, tentu saja ini juga perlu, jangan sampai pasangan kita melihat kita selalu memakai daster yang gombrong atau busana yang tidak menarik. Dandan bagi suami atau istri juga perlu, itu nasehat dari salah satu teman saya yang telah menikah.

Tidak harus secakap artis atau model. Yang penting senyumlah selalu untuk pasanganmu. Be talented, be confident! Karena percaya diri itu membuatmu lebih menarik.

5 thoughts on “7 Tips Mempertahankan Relationship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *