Dulu Paling Ga Bisa Menulis, Sekarang Jadi Sumber Pendapatan!

written by Leonita Julian

“Saya paling ga bisa nulis! Dulu tugas paling susah adalah tugas menulis!”

Dan kenyataannya sekarang, banyak orang mengenal saya karena tulisan-tulisan di blog leonisecret.com dan karir saya berawal dari sini!

Entah menulis adalah bakat saya atau tidak, tapi seingat saya sih dari SD hingga awal kuliah S1, paling ga bisa nulis. Susah banget kalo diminta nulis fiksi.

Justru dari kecil suka melukis dan selalu menang di lomba mewarnai dan melukis. Bahkan waktu kuliah dikenal sebagai pelukis sketsa wajah, loh! Banyak teman yang minta tolong dilukisin wajah pacarnya! Dan mereka menawarkan fee untuk itu. Haha

Dunia saya seakan berubah total saat kehilangan seluruh hasil lukisan saya karena ikut terbuang dengan barang-barang rongsokan di rumah. Waw..masih inget banget deh marah dan kecewanya. Sejak saat itu saya mengubah kebiasaan dan aktivitas saya, dari yang suka menyendiri melukis, berubah haluan mengisi kegiatan event organizer. Di situlah saya ‘terpaksa’ menjadi MC di salah satu acara yang kita organize karena si MC sakit. Hal yang paling saya takuti waktu itu, tampil didepan public! Sejak saat itu saya sering didapuk jadi MC untuk acara hiburan. Rasanya ga punya rasa takut itu lagi deh..justru banci tampil.

Namun ada satu peristiwa lagi yang mengubah hidup saya yaitu saat saya ditawari pekerjaan sebagai penulis di majalah salah satu BUMN. Kuliah saya di Akuntansi Universitas Airlangga saat itu belum kelar. Tetapi karena saya tidak menyukai pelajaran akuntansi dan suka komunikasi, huhu, tentu saja saya ambil kesempatan bekerja di kehumasan.

Masih ingat saat ditanya, “kamu bisa nulis?” dan saya jawab dengan spontan “Bisa!”. Dan jadilah saya sebagai salah satu redaktur majalah BUMN tersebut. Saya tahu kemampuan saya, saat itu saya bukanlah penulis, saya hanya paham tata cara menulis jurnalistik. Tetapi kalau saya mau berlatih dan belajar, pekerjaan apapun..asal tidak butuh kekuatan fisik..pasti saya bisa melakukannya, hanya saja persoalannya apakah saya suka dengan pekerjaan itu atau tidak?

Setelah dijalani, ternyata saya enjoy jadi penulis. Banyak pembaca yang hafal banget gaya tulisan saya, dan syukurlah..mereka suka dan request banyak topik dengan gaya penulisan tadi, yaitu human interest dengan memberikan sentuhan ‘inspiring’ di setiap artikel.

Justru sekarang saya ga bisa lagi melukis dan nge-MC nih -_-“ maklum, ga pernah dilatih lagi. Grogi lagi. hehe

Nah, sejak jadi penulis itulah saya sering browsing di internet dan menemukan ‘passion’ saya sesungguhnya. Inget banget, blog pertama yang saya baca adalah blog milik Nukman Luthfie, http://nukmanluthfie.com/. Waktu itu saya sedang browsing tentang marketing communication, CSR, dan Public Relations. Topik yang saya suka. Tapi saya lupa artikel tentang apa di blog pak Nukman yang saya baca saat itu. Saya juga tentunya suka membaca artikel-artikel Hermawan Kartajaya di  http://www.hermawankartajaya.com/ mengenai marketing, secara..beliau guru marketing kita.

Yang tak kalah menariknya adalah membaca tentang profile dan hasil kerja Yoris Sebastian. Sepertinya dulu saya hanya bisa membaca profilnya pada artikel yang ditulis orang lain, atau pada portal berita online, tentunya juga di majalah dan televisi. Namun sekarang Yoris memiliki blog pribadi di http://yorissebastian.com/. Kita bisa belajar membentuk diri jadi orang kreatif dan thingking outside the box kalau belajar dari Yoris!

Tiga sosok itulah yang sangat menginspirasi saya hingga menjadi seperti sekarang, tentunya berawal dengan http://leonisecret.com . O ya tentunya yang tak kalah menginspirasi saya adalah sosok Oprah Winfrey dan beberapa ahli personal branding dari luar negeri.

Berlatih, berlatih, berlatih..dan percaya diri! Menulis tidak hanya butuh bakat tetapi juga keahlian. Dan keahlian bisa kita bentuk dengan berlatih. We learn by doing, dengan membuat kesalahan dan selanjutnya mengoreksi kesalahan tersebut.

Saran saya, tulislah apa yang kita paling tahu, apa yang kita pahami dan jalani. Tulislah tentang passion kita. Untunglah, tema leonisecret.com adalah inspiring secret of Leoni, jadi hanya menulis yang pernah saya alami dan yang saya suka, passion saya. Jadi apa passion saya? Ya tinggal membaca blog saya.

Nah, kalo saya bisa, teman-teman juga pasti bisa. Baca blog-blog dengan topik yang teman-teman suka, sesuai passion!

Misalnya..

Bagi yang suka IT dan startup coba baca blog  http://dailysocial.net/ atau http://techcrunch.com/

Bagi yang suka social media, baca saja http://mashable.com/

Bagi yang suka fashion bisa coba baca-baca blog http://dianarikasari.blogspot.com/

Bagi yang suka belanja-belanja coba baca http://belanja-sampai-mati.blogspot.com/

Bagi yang tertarik bisnis UKM coba pelajari blog http://mahadaya.com/

Yang menarik, blog-blog ini mungkin berawal dari iseng bahkan dari hal sepele, contohnya belanja, tetapi beberapa di antara blog tersebut sudah meraup banyak pundi-pundi emas.

Kesimpulannya, kalau kita kreatif dan telaten dengan passion kita, hal kecil dan sepele pun bisa menjadi bisnis besar loh! Hanya tinggal mainkan laptop dan browing internet, kita akan menemukan banyak inspirasi sesuai passion kita! Bila kita menulis berdasarkan passion, pasti hasilnya akan lebih indah. Yuk coba!

15 thoughts on “Dulu Paling Ga Bisa Menulis, Sekarang Jadi Sumber Pendapatan!

  1. Pingback: Tweets that mention Dulu Paling Ga Bisa Menulis, Sekarang Jadi Sumber Pendapatan!  | Leonisecret -- Topsy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *