Lowongan Agent of Change, Urgent!

written by : Leonita Julian

Social media memang menyenangkan, namun sering juga jadi sangat jahat. Dari social media kita dapat banyak ilmu, info, inspirasi, job, dan teman baru. Tetapi kita juga kadang, dengan mudahnya, terpengaruh issue yang belum tentu kebenarannya, menuliskan status updates yang membutuhkan ‘Bimbingan Orang tua’ bagi pembaca di bawah umur, atau provokasi negative yang merugikan orang lain.

Tak perlu berpikir yang tinggi-tinggi bahwa agent of change itu haruslah mereka yang berjasa mengubah sejarah bangsa, atau para tokoh yang punya nama besar, atau pemuda yang turun ke jalan berdemo untuk mengubah orde. Sebetulnya masing-masing dari kita juga agent of change loh. Tinggal bagaimana kita menempatkan, mau jadi negative agent or positive?

Sadarkah kalau kita agent of change?



Seorang Ibu rumah tangga adalah agent of change bagi anak-anaknya. Beliaulah contoh bagi anak-anaknya. Ibu jugalah yang berperan sebagai pengajar pertama bagi manusia baru.

Seorang guru adalah agent of change bagi muridnya. Seorang sahabat adalah agent of change bagi sobatnya. Dan kita sendiri adalah agent of change bagi teman-teman dan follower kita.

Ini beberapa hal kecil yang mungkin tanpa kita sadari dapat mempengaruhi orang lain:

  • Ikut menyebarkan berita buruk di twitter atau facebook yang belum tentu kebenarannya. Nah, kalo belum tentu bener gini kan namanya fitnah, sama dengan kita menyebarkan virus kebencian. Kenapa tidak menyebarkan knowledge atau inspirasi saja?

  • Sibuk mengatur etika menggunakan twitter, tetapi content status updatesnya sendiri tidak disensor dan menyebabkan pengaruh buruk bagi banyak orang. Lebih berbahaya yang mana? Apa yang kita ucapkan atau kita lakukan bisa berpengaruh ke orang lain. Apa yang kita tulis, berpengaruh ke pembaca. Jadi, pernahkah kamu memikirkan akibat dari status update kita di twitter dan facebook buat follower kita? Tidak masalah kalau follower kita sudah dewasa cara berpikirnya sehingga bisa memilah mana yang baik mana yang salah. Tetapi bagaimana dengan follower kita yang masih mudah dipengaruhi? Urgent! Dibutuhkan agent of change yang bijak! Daripada tweetwar (perang di twitter) mending kita bikin gerakan positif di twitter, yuk.
  • Kalau kita blogger, salah satu cara yang bisa kita lakukan ya menulis artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Entah itu info yang positif, info yang meluruskan berita yang salah, ilmu pengetahuan, atau inspirasi. Kalau kita menebarkan kebaikan, pasti kebaikan akan kembali ke diri kita kok.
  • Di pekerjaan masing-masing pun juga bisa jadi agent of change loh! Misalnya kita orang kreatif, akan lebih baik kalau ide kita bisa bermanfaat bagi banyak orang, menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan dengan cara kreatif, atau mengedukasi dengan cara yang fun! Dengan kata lain, jangan membuat ide yang dapat meresahkan masyarakat. Sebagai orang creative tetap harus sensitif dengan lingkungan ya!

Dengan adanya social media, makin simple kok untuk jadi agent of change. Dengan adanya social media, satu suara user berpengaruh bagi user yang lain.


Nyaris dunia saya ada di gadget atau laptop karena saya blogger dan public relations yang memang lingkup komunikasinya online offline. Lewat blog saya mencoba menulis sudut pandang saya, sekaligus tanggung jawab moral sebagai agent of change.  Paling tidak, dari tulisan, saya bisa sedikit menginspirasi teman-teman muda yang belum percaya diri, masih mencari passionnya, belum mantap atau masih bingung dengan karirnya, dan juga menulis untuk mereka yang masih bangga dengan Indonesia. Selain juga edukasi tentang public relations, social media, dan tentunya personal branding.

Senang kalau ada yang cerita bahwa sedikit ilmu yang saya miliki bisa menginspirasi dan mengubah orang lain ke arah yang lebih baik. Kerjasama antara otak dan sentuhan jari kita ternyata bisa kontribusi mengubah anak muda Indonesia! Keren ga tuh?

Berarti hanya dengan Acer Iconia Tab A500 saya, berasa kekuatan mengubah dunia ada di tangan saya. The power is in my hand! hehe

Ngomong-ngomong, Iconia ini tablet terbaru saya loh, hadiah dari dan untuk blog leonisecret.com! Karena blog ini yang bisa bikin dapetin semua cita-cita dan tablet impian saya. Yang paling bikin seneng sih karena tablet ini pake USB Host support, bisa untuk akses web Flash 10.1/2. Lengkap dengan AVG port display, buat connect ke in focus tuh!

Tablet ini juga bisa buat nonton HD movie, video call, dan HD Video Recording. Sistem operasi Android honeycombnya bikin tampilan video streaming YouTube keliatan eksklusif, jd enak nontonnya. Apalagi buat games. haha

Intinya, bisa buat kerja, bisnis, or refreshing! Ga perlu ribet bawa laptop deh. I think it changes the way people run their activities with tablet and their gadget.

Nah, kalo gadget aja bisa makin simple dan jadi icon of change, so.. bisa donk kita ubah diri kita jadi agent of change dengan cara yang simple? Kontribusi simple yang bisa ngubah teman-teman kita ke arah yang lebih baik, itu sudah cukup kok. Tapi semuanya harus dimulai dari mengubah diri sendiri ke arah yang lebih baik duluu \(^-^)/

If you wanna make the world a better place, then take a look at your self, and make a change!

7 thoughts on “Lowongan Agent of Change, Urgent!

  1. “If you wanna make the world a better place, then take a look at your self, and make a change!

    Man In The Mirror ~ (Alm) Michael Jackson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *