Menebarkan Positive Vibes Pendaki Gunung Lewat Film Jelajah Makki Ungu

Bagaimana cara mengajak Millenial dan Generasi Z untuk mencintai Indonesia dan alamnya? Tentu bukan dengan jargon-jargon apalagi paksaan, tetapi melalui visual video yang menarik, contoh nyata, dan menjadikan mereka bagian pentingnya. Masih ingat viralnya Ranu Kumbolo gara-gara film 5cm? Ya, film itu pula yang membuat saya mencintai aktivitas hiking. Saya berharap ada film-film lainnya produksi Indonesia yang bisa mengekspose tidak hanya keindahan alam pegunungan, tetapi juga menyebarkan vibes positif di balik aktivitas hiking.

Nah, kali ini ada Belantara Studio yang menangkap harapan saya tadi. Dalam rangka menyebarkan vibes positif aktivitas hiking ini Belantara Studio memproduksi “Jelajah Makki Ungu” seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga dikemas ke dalam tayangan televisi. Perjalanan petualangan ‘’Makki Parikesit Adventure” bisa kamu tonton di NET TV mulai 23 April 2022.

Oktodia Mardoko -CEO, Belantara Studio, IP Co-Owner MPA, Setia Sari B -Managing Director, Belantara Studio, IP Co-Owner MPA, Makki Omar Parikesit -Associate, IP Co-Owner Makki Parikesit Adventure (MPA)

Belantara Studio sendiri merupakan Studio IP (Intelektual Property) dan Rumah Produksi Film Animasi dan karya audio-visual yang didirikan pada awal 2012, dipimpin oleh mas Oktodia Mardoko (Odi) dan mbak Setia Sari (Arie). Belantara Studio berfokus pada kreasi dan pengembangan Intelectual Property dan jasa kreatif dengan team yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri kreatif dalam bidang desain grafis dan industri animasi.

“Jelajah Makki Ungu” ini adalah Intellectual Property (IP) terbaru dari Belantara Studio. Produksi film seri: Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini memakan waktu praktis total persiapan 2 bulan dan total pelaksanaan 3 bulan mulai dari ekspedisi hingga editing final.  Gagasan penggarapan episode adventure atau petualangan dan penjelajahan ini merupakan perwujudan dari kecintaan pada keindahan alam yang sakral, juga kekayaan kearifan lokal Indonesia yang diharapkan kelak menjadi inspirasi destinasi para pegiat olah raga berkendara motor dan pendakian, terutama bagi kalangan milenial, atau bahkan generasi Z.

Seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini akan tayang dalam 9 episode, dan rencananya akan ada seri berikutnya untuk perjalanan ekspedisi ke 2. Alasan memilih NET TV, karena dirasa cocok dengan target audience generasi muda agar dapat memberi inspirasi utk lebih mencintai dan merawat alam.

Diharapkan “Makki Parikesit Adventure” melalui program ‘JELAJAH MAKKI UNGU’ ini akan menjadi film semi-dokumenter yang viral dan bakal di tunggu-tunggu penjelahannya.

CEREMONY ‘PENYERAHAN VIDEO’ dan ‘JELAJAH MAKKI UNGU’ kepada NET TV
Dari Ibu Arie, Makki Parikesit kepada Bapak Deddi Sudarijanto – CEO NET TV

Taklukkan 7 gunung di Indonesia

Bagi generasi Z yang belum kenal dengan Makki Parikesit, beliau adalah basis band Ungu dengan vokalis Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau biasa dikenal Pasha Ungu yang juga Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah itu, loh. Om Makki ini ternyata sudah menggemari petualangan dan pendakian sejak duduk di bangku Sekolah Menegah Pertam. Nah, beliau memulai penjelajahan barunya pada akhir tahun 2021.  Perjalanan ini dilakoni dengan motor-riding, turun jalan kaki lantas berlanjut dengan hiking menaklukkan 7 gunung di Indonesia, yaitu 6 gunung yang berada di Pulau Jawa dan 1 gunung di Nusa Tenggara Barat, selama 30 hari terhitung sejak 1 hingga 31 Desember 2021.

Gunung-gunung yang telah didaki dan ditaklukkannya tersebut, yaitu:

-Gunung Ciremai (Jawa Barat)

-Gunung Sindoro dan Sumbing, (di Jawa Tengah),

-Gunung Lawu (perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur)

-Gunung Arjuno dan Welirang (di Jawa Timur), dan

-Gunung Rinjani di Lombok (Nusa Tenggara Barat)

Proyek pengembangan IP (Intellectual Property) oleh Belantara Studio ini digarap sekaligus dalam rangka kaul merayakan usia 50 tahun sang musisi yang mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure pada setiap puncaknya.

“Saya penyuka kegiatan adventure dan traveling. Rasanya bangga banget dan senang bisa menuntaskan proyek ini.  Alhamdulillah lancar dan berkesan,” tutur musisi karismatik Makki Parikesit.

Bagaimana dengan persiapan fisiknya? Beberapa bulan sebelum hari-H, ia melakukan olah raga renang dan jogging serta pendakian ke beberapa gunung di Jawa Barat, serta persiapan teknis lainnya.

Seperti yang sudah disebut di awal, proyek ini tidak dilakukan Makki sendiri namun didampingi dengan talent-talent pendukung.  Ada Andy Fatic, om Didi Fauzi, kang Iyan (Sofyan Arief Fesa, Seven Summiter Dunia dari Indonesia), mas Aul (Aulia Ibnu Sina) dengan putri pendakinya Khansa (seven sumitter Indonesia termuda), serta guest talent mas Fahmi (VP dan Group Head Indosat) dan mas Nunu (founder Kata Hati Institute).

Bukan hanya menampilkan aktivitas hiking, di sini Makki dan team riding mengendarai adventure-sport bike Ducati MultiStrada 950 dan Scrambler Ducati Sixty2.

“Saya selama ini beberapa kali pakai adventure-sport bike. Tapi, sifatnya rekreasional saja. Ducati MultiStrada 950 saya pilih untuk perjalanan ini karena karakternya sesuai dengan kebutuhan Jelajah Makki Ungu ‘Ekspedisi Parikesit 7 Saga’,” jelas Makki.

Bagaimana dengan positive vibes yang dimaksud di awal tadi?

Ternyata Makki Parikesit Adventure team bukan hanya menikmati keindahan alam, loh, tapi juga berinteraksi dengan masyarakat setempat di setiap daerah yang disinggahi. Di sana mereka menyempatkan melakukan kegiatan ‘Parikesit Peduli’ untuk pariwisata, lingkungan dan pendidikan, antara lain pembuatan Plang Penunjuk di basecamp dan jalur pendakian, Pojok Pustaka Parikesit, serta pelatihan manajemen sampah dan fotografi.

“Sambutan masyarakat luar biasa atas kedatangan Mas Makki dan rombongan. Bahkan kami disambut seperti tamu istimewa. Misalnya di sebuah TPQ At Taqwa di desa Kledung Kawasan Sindoro. Ada atraksi drum band anak-anak SD di sana menyambut meskipun dalam hujan, atraksi tetap dilakukan anak-anak dalam menyambut kami membuat kami terharu atas apresiasi masyarakat dalam kegiatan ini ,” papar mbak Arie, Co-Owner & Managing Director Belantara Studio, yang juga adalah produser perjalanan ini bersama dengan Makki Parikesit.

“Kami gelar kegiatan di tengah musim hujan. Masya Allah ternyata di setiap daerah kami disambut cuaca bersahabat. Alam cerah dan setiap summit lancar.  Alhamdulillah ,” tambah kakak kelas Makki di SMAN 3, Jakarta ini.

Makki juga menyajikan pertunjukan musik akustik kolaboratif bersama sejumlah pemusik lokal di Desa Argamukti, Desa Kledung, Dusun Butuh, dan Desa Sembalun. Ia merasa terhormat disambut oleh masyakarat di setiap daerah yang mereka singgahi.

“Hiking, riding atau kegiatan alam outdoor seperti ini mengasyikkan. Banyak hikmah yang bisa dipetik selain hati yang bahagia karena menikmati keindahan alam ciptaan Allah ,” pungkas Makki.

Penasaran, donk, gimana serunya?! Atau penasaran dengan sosok Kartini muda pecinta alam Khanza?

Tonton saja langsung di NET TV mulai tanggal 23 April 2022!

O ya, aktivitas alam Ternyata Makki Parikesit Adventure ini ternyata terbuka untuk umum, loh. Semua Pecinta Alam bisa ikutan kolaborasi, hiking, riding, gowes, open pake banget! Biasanya bakal diumumkan kalau ada kegiatan baru. Follow saja akun Instagram resminya di @makkiparikesit_adventure.

Apakah personil band Ungu lainnya bakal ada yang ikutan?

Di depan para awak media di acara presscon, Makki menantang siapa saja yang bisa ngompor-ngomporin Pasha atau Onci untuk sekali saja melakukan pendakian ke satu gunung, bakal diberi ganjaran Rp10juta! Haha saking susahnya mengajak mereka ya, terutama Rohman hang rasanya sudah tidak mungkin mau!

So, buat penggemar band Ungu, coba dikomporin idola-idolanya, atuh, siapa tahu bisa berpetualangan hiking dan seru-seruan bareng mereka.

Selamat Hari Kartini para perempuan kuat Pecinta Alam, dan Selamat Hari Bumi untuk kita semua 🙂

Happy Earth Day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *