Preview Pulse, Aplikasi Kesehatan dari Prudential

Pulse aplikasi Kesehatan

Pulse, aplikasi yang cocok buat warga DKI saat ini! Begitu pikir saya saat acara preview Pulse, aplikasi yang memungkinkan konsultasi dengan Kecerdasan buatan atau dokter secara online. Jadi cocok buat DKI yang saat acara ini berlangsung sedang banyak banjir dan masih macet di mana-mana. Pulse itu apa, sih?

Preview Aplikasi Kesehatan Pulse

Jadi tanggal 25 Februari 2020 lalu, saya bersama teman-teman blogger dan media mendapat kesempatan untuk mengikuti preview aplikasi Pulse by Prudential. Pulse adalah aplikasi mobile di bidang kesehatan yang berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang segera dirilis oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).

Sebenarnya aplikasi yang mulai digunakan di Malaysia sejak Agustus 2019 ini baru akan dirilis pada akhir Maret 2020 di Indonesia, jadi memang acara yang bertempat di hotel Westin, Jakarta, ini baru preview saja.

Aplikasi Kesehatan Pulse

Seperti yang dijelaskan oleh Chief Executive Prudential Corporation Asia Lillian Ng, ide Pulse berawal dari adanya  perkiraan jumlah usia lanjut yang makin besar dan perkembangan teknologi menjadi bagian keseharian, di mana salah satu hal yang menjadi perhatian terkait isu kesehatan, sehingga diperlukan aplikasi berbasis internet of things yang mudah digunakan dan membantu masyarakat untuk memperoleh informasi serta layanan kesehatan. Misinya untuk membuat layanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang.

Pulse memanfaatkan teknologi mutakhir, kemitraan strategis dengan para pelaku industri terkemuka, serta pengembangan konten dari Prudential Indonesia untuk memberikan layanan bernilai tambah yang disesuaikan dengan kebutuhan user dengan cara yang personal dan lebih interaktif.

Dalam merakit dan mengembangkan aplikasi Pulse ini, Prudential Indonesia menggandeng Babylon dan Halodoc.

Aplikasi Kesehatan Pulse

Fitur Aplikasi Pulse

Dalam event Pulse Preview itu, para blogger dan media dibagi beberapa kelompok sesuai warna gelang yang dibagikan, untuk memasuki suatu ruangan khusus preview. Di ruangan ini dokter-dokter menjelaskan fungsi dan cara penggunaan tiap fitur yang ada di aplikasi Pulse melalui 4 big screen. Kami menggunakan headset untuk mendengarkan penjelasan dokter, supaya suaranya terfokus dan tidak bercampur dengan suara penjelasan dokter di bilik big screen sebelah-sebelahnya.

Aplikasi kesehatan ini dilengkapi dengan beberapa fitur, di antaranya, pemeriksaan kesehatan dan PRU Services.

Pada fitur Kesehatan pada aplikasi Pulse, terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan:

Aplikasi Kesehatan Pulse

1. Pemeriksaan Kesehatan
User akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Konsepnya, apps ini menyimpulkan serangkaian pertanyaan yang harus dijawab oleh user, seputar tubuh, nutrisi, aktivitas, dan suasana hati.

2. Temukan klinik dan rumah sakit
Di sini akan dimunculkan map yang mengarahkan pada lokasi klinik atau rumah sakit yang terdekat dengan lokasi user.

3. Bicara Dengan Dokter
Yaitu konsultasi dengan dokter, baik secara chat, telpon, bahkan video call.

Aplikasi Kesehatan Pulse

4. Periksa Gejala Penyakitmu
Konsultasi tentang keluhan penyakit yang mungkin diderita.
Banyaknya pertanyaan tergantung dari keperluan detail keluhan masing-masing, bisa 15 sampai 30 menit untuk satu keluhan, supaya tidak salah diagnosa.
Pada fitur ini dimungkinkan ada rekomendasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Dan bila dirasa keluhannya berupa gejala yang berbahaya, Pulse akan menyarankan untuk segera menghubungi 119, sebagai nomor telepon darurat.

Aplikasi Kesehatan Pulse

5. Riwayat Konsultasi
Jadi dari jawaban pertanyaan-pertanyaan tadi akan ada riwayat konsultasi.
Pastikan kamu log in bukan dengan akun yang sama kalau sekadar coba konsultasi untuk keluhan dari teman atau keluarga ya. Biar tidak masuk dalam riwayat kesehatan kamu.

Aplikasi Kesehatan Pulse

Akan muncul Digital Twin, semacam mockup gambar organ tubuh, yang mana akan muncul info detail dan tips kesehatan sesuai keluhan tiap kita sentuh bagian organ tubuh di layar hp. ⁣Jadi tidak perlu khawatir tidak tahu nama organ tubuh yang dimaksud ya, karena akan muncul info detailnya di layar smartphone. Justru dari sini kita mengenali diri sendiri, kan, jadinya.😉

Fitur Kesehatan ini bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Sementara itu PRUServices merupakan layanan khusus bagi nasabah Prudential untuk menikmati berbagai bantuan, di antaranya:
*Polis Ku,
*Klaim Penjaminan,
*Klaim Penggantian,
*Info Klaim.

Jadi fitur ini hanya bisa diakses oleh nasabah Prudential.

Kalau lihat fiturnya, cocok banget, kan, buat DKI yang masih banyak kemacetan dan banjir, karena memangkas jarak dan waktu untuk hadapi jalanan dan antrian rumah sakit atau klinik.😉

Aplikasi Kesehatan Pulse

Pulse dan We Do Technology Prudential

Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reisch menuturkan, keberadaan Pulse memperkuat komitmen jangka panjang Prudential dalam membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan hidupnya yang terus berkembang di era digital dan serba terhubung. Ini merupakan bagian fokus Prudential Indonesia, ‘We Do Technology’.

Pulse memanfaatkan teknologi mutakhir, yaitu AI dan kemitraan strategis dengan para pelaku industri terkemuka, seperti Babylon, Halodoc, Dinas Kesehatan, dan start up-start up yang berhubungan dengan healthy lifestyle, serta para dokter yang ahli di bidangnya.

Pulse merupakan pengembangan konten dari Prudential Indonesia untuk memberikan layanan bernilai tambah yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dengan cara yang lebih mudah, personal, dan lebih interaktif.

“Pulse memungkinkan kami untuk memberikan informasi kesehatan terkini serta solusi perlindungan kesehatan sambil mengembangkan peran aktif kami sebagai mitra masyarakat, untuk membantu mereka mencapai kualitas kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Pulse akan terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang lebih inovatif serta disesuaikan dengan perubahan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Chief Operations Officer Prudential Indonesia, Dian Budiani.

Pengenalan aplikasi ini juga sebagai langkah sosialisasi Prudential terkait asuransi, karena pangsa pasar asuransi di Indonesia masih terbilang rendah.

Aplikasi Kesehatan Pulse

Aplikasi Pulse by Prudential sudah tersedia di AppStore dan PlayStore, atau bisa langsung di-download di https://wedopulseid.page.link/gG3o supaya bisa #JalaninBareng usaha healthy lifestyle dengan catatan kesehatan yang terpantau rapi, serta bisa konsultasi dengan dokter tanpa halangan waktu dan jarak. Yuk, sayangi diri sendiri  dengan #SehatBarengPulse.😉

1 thought on “Preview Pulse, Aplikasi Kesehatan dari Prudential

  1. Nah menarik ini. Btw setelah proses diagosa oleh aplikasi ini atau oleh dokternya via aplikasi, kalo misalnya ada penyakit, apa kemudian aplikasi bisa ngasih resep obat yg bisa diterima apotek?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *