Review Film Percy di Mola TV, Kisah Perjuangan Petani vs Perusahaan Raksasa Berdasarkan Kisah Nyata

Film Percy berkisah tentang kisah nyata Percy Schmeiser yang diperankan oleh aktor senior Christopher Walken, petani tanaman kanola berpengalaman di wilayah Bruno, Saskathewan, Kanada, yang mendapat surat somasi dari Monsanto, perusahaan agribisnis raksasa yang menguasai hampir seluruh industri pangan dunia. Percy dianggap melanggar hukum karena ditemukan bukti ada kandungan genetik tahan pestisida pada hasil panen Percy yang patennya hanya dimiliki oleh Monsanto. Sementara itu Percy merasa tak pernah menggunakan benih dari Monsanto seumur hidupnya. 

Selama 50 tahun bekerja sebagai petani, Percy selalu berpegang pada teknik penyimpanan benih dari bibit sendiri seperti yang diajarkan keluarganya dari generasi ke generasi yang tak pernah mengecewakannya. Karena alasan itu, Percy dan istrinya nekat mempertaruhkan hidup mereka untuk membawa kasus tersebut ke meja hijau. Jackson Weaver, pengacara yang disewa Percy, awalnya meminta Percy untuk mengurungkan niatnya karena berdasarkan kasus-kasus semacam, pihak kliennya pasti akan kalah, namun Percy tetap bersikeras untuk menyelesaikan masalah tersebut di pengadilan. 

A person in a suit

Description automatically generated with low confidence

Berdasarkan keterangan saksi di pengadilan, Percy dan pengacaranya yakin jika benih Monsanto yang tak sengaja tertanam di ladangnya itu terbawa oleh badai atau angin dari lahan tetangga atau terjatuh saat truk pembawa benih melewati area ladangnya. Tetapi seperti prediksi Jackson, pihak Percy mengalami kekalahan di pengadilan.

Saat Percy sudah putus asa, ia bertemu dengan Rebecca salcau, seorang aktivis lingkungan yang ingin membantu dengan meringankan biaya hukumnya. Rebecca hanya mengharapkan Percy membantunya mengkampanyekan kasus ini supaya menjadi contoh untuk menyemangati petani lain yang bernasib sama supaya menghentikan produk-produk Monsanto yang membahayakan lingkungan. 

A picture containing person, group, people, crowd

Description automatically generated

Percy pun akhirnya setuju untuk berkampanye dari satu seminar ke seminar agribisnis lainnya untuk menyuarakan perjuangannya supaya mendapat dukungan lebih luas, bahkan hingga menjadi pembicara tamu di konferensi agribisnis tingkat internasional di India. Meski demikian, perjuangan Percy untuk menuntut keadilan tak berjalan mudah karena Monsanto melawan dengan trik-trik kotor.

Sudah berusaha keras berkampanye, tetapi mengetahui bahwa hasilnya tidak berefek langsung pada keputusan peradilannya, menyebabkan beberapa kali Percy mengalami kebimbangan dan sangat ingin menyerah berjuang. Saat berada di India inilah peserta konferensi dari India memperkenalkan Percy pada syair Bhagavad Gita, yang isinya “Jangan mengukur hasil tindakanmu. Ukur caranya. Yang terpenting, melakukan hal yang benar”. Syair ini sempat membuat Percy kembali semangat berjuang karena merasa benar tanpa mempedulikan hasil pengadilan dari kasusnya, selama jalan ini bisa membantu banyak petani lainnya di dunia yang senasib. Sayangnya, semangatnya kembali jatuh saat mendapat kabar bahwa istrinya jatuh sakit karena memikirkan rumitnya kasus ini. 

A picture containing person, window, person

Description automatically generated

Film drama biografi yang dirilis pada 2020 ini digarap oleh sutradara Clark Johnson yang memang dari awal menginginkan aktor pemenang Piala Oscar, Christopher Walken, memerankan tokoh utamanya. Film yang juga dibintangi oleh Christina Ricci, Zach Braff, Luke Kirby, Adam Beach, Martin Donovan, juga didukung sinematografer handal Luc Montpellier. 

A person wearing a hat

Description automatically generated with medium confidence

Saya suka film ini karena selain kisah nyata David vs Goliath, juga cukup membangkitkan optimisme bahwa sesuatu yang diyakini benar, harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Lalu bagaimana kelanjutan kasus dan perjuangannya? Apakah Percy berhasil memenangkan kasus tersebut meski lawannya sangat kuat? Ikuti saja kisah lengkapnya, via streaming di Mola TV. Kalau belum langganan, langsung aja subscribe @Mola.movies 

Mulai dari harga Rp12.500,- kamu sudah bisa streaming banyak film Mola TV yang ga kalah serunya. loh. Dan yang paling oke, cara registrasi dan pembayarannya mudah banget ga pake ribet! Pun juga saat mau memperpanjang, asal email kita sudah terhubung.

Selamat subcribe, selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *