Saya Belajar Branding dari Fashion Show!

SAVE_20190517_083856

Why leonisecret? Penasaran, leonisecret itu artinya apa ya?

Namanya keren, catchy!

Kok bisa kepikiran nama yang bisa mengundang curiosity?

Banyak simpan rahasia ya?

Itulah sebagian komentar orang begitu dengar nama leonisecret.

Ilmu bisa kita dapat di mana saja, bukan hanya dari bangku sekolah.  Contohnya saya. Saya orang yang susah belajar menghafal teori. Tetapi paling cepat belajar dengan sekali melihat, mendengar, membaca, dan mencoba. Termasuk juga, ilmu tentang branding.

Belajar dari Fashion Show

Dulu saya membayangkan menulis novel tentang kisah yang terinspirasi dari kehidupan nyata. Lika-liku cerita hidup saya sudah bisa dinovelkan seharusnya. Haha. Saya ingin membalik kesialan dan kebodohan yang sebelumnya adalah ‘rahasia’.. menjadi ‘keberuntungan’ dan ‘inspirasi’ bagi pembaca! Keberuntungan? Tentunya karena dari tulisan-tulisan saya itulah dimulai career dan sumber pendapatan saya.

Sebelum membuat blog leonisecret.com, saya suka sekali nonton Victoria’s Secret Fashion Show. I do love fashion show, tetapi VS Fashion Show yang paling saya suka!

Maret 2009, saat itu saya keluar kerja dan mulai kembali mencoba menulis. Fyi, bila saya keluar kerja bukan berarti karena pindah ke perusahaan baru, tetapi untuk mengubah kebiasaan, untuk mengejar passion. I’m a risk taker on this case, but I do realize my limit.

SAVE_20190517_083847

Suatu hari di bulan itu, saya tonton video Victoria’s Secret Fashion Show, di mana Justin Timberlake jadi guest starnya. He’s my fave! Entah kenapa saya putar video itu berkali-kali, bahkan saya ulang hari-hari berikutnya tanpa kenal bosan, padahal sebetulnya saya orangnya mudah sekali bosan loh.

I really love Justin Timberlake’s performance! JT bisa sangat menyatu dengan model, a.k.a singing, acting, and flirting. Haha. Tapi, bukan hanya itu. Saya suka seluruh shownya, bukan karena memang penggemar fashion show, tetapi karena Victoria’s Secret Fashion Show benar-benar beda! Amazing!

VS Fashion Show menyatukan fashion show, pertunjukan music, dance, dan drama, tanpa meninggalkan unsur ‘fun’. Semua model yang, disebut Angel, tampil dengan karakternya masing-masing, keluar dari prinsip catwalk yang kaku. Mereka senyum, tertawa, dance, bahkan kadang teriak, bukan pose di ujung panggung tanpa senyum seperti umumnya runway. Mereka tahu cara have fun di runway dan membuatnya diingat!!

gettyimages-629575024-fix-1541783651

I love Adriana Lima, yang punya karakter kuat dan sangat pe-de menantang penonton. She’s always the star of the show. Suka Heidy Klum yang sangat keibuan. Suka Alessandra Ambrossio yang sweet banget. Miranda Kerr yang cute. Doutzen yang cantik nyaris sempurna. Atau Bihata, persatuan angel and evil. Mereka sangat berkarakter!

Namun, yang saya pelajari di VS Fashion Show adalah bagaimana VS, brand pakaian dalam yang seharusnya tabu dipertontonkan, menjadikan fashion shownya sebagai acara yang paling ditunggu tiap tahunnya. Mereka kemas yang tabu jadi elegan dan fun! Belom lagi dengan tradisi ‘wings’ yang jadi ciri khas para angel! The best runway ever!

Apalagi bila kita mengetahui, bahwa pendirinya, Roy Raymond, menciptakan VS karena ia malu membeli baju dalam di department store untuk istrinya. Akhirnya ia membuka toko lingerie pertamanya di Palo Alto, 1977. Toko itu didesain khusus agar pria nyaman untuk memilih hadiah lingerie. Bukan seperti toko umumnya yang memajang seluruh baju dalam berbagai size diraknya. VS sangat beda, sangat berhasil dalam branding!

Itulah kebiasaan saya. Bila menghadiri/menonton suatu acara, bukan hanya isi acara dan networkingnya yang saya perhatikan, tetapi juga bagaimana mereka organize atau membrandingnya. Bisa jadi pelajaran buat saya. Selalu melihat dari sisi yang beda.

1929209_1082740422348_2814150_n

Why leonisecret?

Apalah arti sebuah nama? Pengennya sih cuek, bersyukur dapat nama, tetapi dulu saya sempet kepikiran..

Saya sempat benci nama saya! Bahkan ada rencana ganti nama kalau sudah dewasa! Hihi

Leonita. Hmmm…Ga suka ada nama ‘Leo’ di dalamnya..galak..kenapa harus pake nama itu? Ga ada yang lebih normal? Ga ada yang lebih manusiawi? ..dan keluhan lainnya.

Kenapa Leo? Tentunya karena saya lahir di bulan Juli dengan zodiac leo. Tak ada alasan lain.

I don’t like it -_-“ ingin nama yang bermakna ‘baik’seperti yang lain..ada artinya..ada maknanya.

Lagu ‘Leoni’ by Arjan Brass lah yang mengubah pendapat saya. Nama Leoni terdengar cantik di situ. Serasa lagu itu dinyanyikan khusus buat saya…ehm..ge-er mode on.

“Mau aku bikinin blog ga?”

Tawaran ini datang dari ex boy friend saat kita sedang bicarakan tentang impian. Tentu saja dengan semangat saya jawab: “Mauu! Aku mau share impianku, passionku, storyku, duniaku!”

“Haha, kamu lucu ya. Ekspresif banget,” begitu komentarnya yang saya ingat. Gimana ga exited..akhirnya menemukan jalan! Ia siapkan blog untuk saya, sementara saya mengajarinya tentang marketing communication. Fair

Karena blog ini adalah brand pribadi saya, maka harus ada nama saya di situ. Dan karena saya ingin membagi ‘rahasia’ yang bisa menjadi inspirasi bagi pembaca, seperti yang saya maksud di depan tadi, maka dipilihlah nama ‘Leonisecret’ untuk blog yang dilaunch 1 April 2009 ini. Saya tahu, nama itu akan menimbulkan pertanyaan. Sengaja sih..mudah diingat jadinya.

Sepertinya saya harus berterima kasih ke ex bf juga nih karena dibantu menyiapkan blog. Sayang, meski baca tulisan ini dia mungkin tetap lupa, karena alami gangguan mengingat masa lalu. Ah, let’s move on.

Saya pernah abg, saya pernah labil. Saya pernah tidak percaya diri dengan kemampuan saya. Saya juga pernah sangat tidak percaya diri dengan penampilan saya. Saya manusia biasa yang pernah mengalami transformasi karakter. Tetapi tak jarang juga mengalami keberhasilan. Rahasia-rahasia itulah yang ingin saya share di leonisecret. Termasuk juga rahasia isi otak saya. Hmmm…dengan penampilan saya yang katanya sangat ‘chic’, orang bisa salah tanggap dengan knowledge yang saya miliki. Di luar tebakan mungkin. That’s the secret of leonisecret!

Yang paling melegakan adalah saat pembaca, melalui comment di blog, akun twitter, atau facebook, mengatakan bahwa artikelnya ‘inspiring’. That’s the password! Tagline leonisecret “Inspiring secret to brand your self” berhasil! Lebih membahagiakan lagi, banyak orang yang berhasil menerapkan apa yang saya share setelah membaca leonisecret.com, mendengar seminar saya, atau konsultasi langsung. Bahkan mereka lebih sukses dari saya. Haha

Itulah tujuan saya membuat leonisecret.com. Create tulisan santai yang isinya menginspirasi, sehingga meninggalkan memory atau manfaat bagi pembacanya. Seperti model fashion show, jalan di runway dengan pe-de, dan tak lupa berikan pose atau senyum yang paling membuatnya diingat penonton.

Jadi kalau dulu tak suka nama Leoni, sekarang saya mensyukuri pemberian ortu ini. Coz, ternyata menguntungkan. Inilah awal career saya. Jadi, meskipun ada perubahan zodiac sign Ophiucus yang menggeser Leo, sehingga 29 Juli berubah jadi cancer, saya tidak perlu mengubah nama jadi cancerita or cancernita. haha. Saya tetaplah seorang Leo. Leonita Julian adalah personal brand, leonisecret adalah brand saya. Di sinilah orang mengenal saya. Tidak ada yang perlu diubah, baik nama ataupun karakter!

Makna leonisecret bukan menyimpan rahasia, tetapi sebaliknya sharing secret. Kalau Victoria’s Secret mengumbar lingerie, bagian paling rahasia perempuan, leonisecret mengumbar rahasia yang inspiratif! Yang tabu dikemas jadi elegan!

leonisecret.com is my show! so…Have Fun!

9 thoughts on “Saya Belajar Branding dari Fashion Show!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *